Ups! Kamu Sering Gagal Fokus? Atasi dengan 5 Cara Ini

Ups! Kamu Sering Gagal Fokus? Atasi dengan 5 Cara Ini

lister.co.id – Hi fellas! Apakah kamu termasuk tipe orang yang sering gagal fokus? Sudah mencoba berbagai cara namun tetap mudah terdistraksi? Hmm, berarti kamu harus baca artikel ini sampai selesai yaa, karena di artikel ini kita akan bahas tuntas bagaimana cara mengatasi fenomena gagal fokus.

Ternyata Ini Penyebab Kamu Sering Gagal Fokus

Dilansir dari berbagai sumber, penyakit sering gagal fokus sering terjadi pada beberapa orang yang sering begadang, stress berlebihan, kurang berolahraga, menerapkan pola makan dan hidup yang kurang sehat, ada dalam pengaruh obat, sering bermain gawai, dan melakukan multitasking yang berlebihan.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Jika kamu seorang pelajar, gagal fokus terhadap materi yang diajarkan di kelas tentu akan sangat berbahaya bukan? Apalagi kamu bersekolah menggunakan beasiswa, wah harus pandai-pandai menuntaskan nilai. Tapi, di artikel kali ini kita akan bahas 5 cara mengatasi fenomena gagal fokus yang sering mengganggu produktivitas kita.

Tempat dan Suasana yang nyaman

Sebelum mulai belajar, kamu bisa pilih tempat belajar yang menurutmu paling nyaman. Misalnya, kalau kamu merupakan tipe yang gampang terdistraksi, kamu bisa pilih tempat-tempat yang jauh dari gangguan, seperti di dalam kamar. Selain itu, pilih juga tempat belajar dengan penerangan atau pencahayaan yang bagus, supaya nggak mengganggu penglihatan kamu, ya. Oh iya, pastikan juga sinyal internet kamu memadai. Siapa tahu kan, ada materi yang perlu kamu download atau tonton secara onlineEits! Tapi, sinyal internetnya jangan kamu pakai untuk nonton video tiktok, ya! Nanti malah nggak fokus-fokus. Hihihi

Bawa Perlengkapan yang diperlukan saja

Jangankan untuk berkonsentrasi, mungkin kamu bisa tidak mood untuk belajar jika area atau tempat belajar kamu sumpek dan berantakan. Oleh sebab itu, saat ingin belajar, pastikan tempat belajarmu sudah dalam kondisi yang bersih dan rapi, ya. Kamu bisa pindahkan sementara barang-barang yang nggak sedang dibutuhkan agar kamu memiliki ruang (space) yang cukup. Pastikan juga semua perlengkapan belajar yang kamu butuhkan telah tersedia, nih. Kamu nggak mau kan, misalnya, pas lagi enak-enak belajar, tiba-tiba kamu lupa bawa charger laptop atau handphone. Akhirnya, konsentrasi kamu jadi buyar deh gara-gara harus mencari charger dulu.

Pilih waktu yang fleksibel atau konsisten ?

Pilih waktu belajar yang membuat kamu bisa berkonsentrasi secara penuh. Nah, kalau kamu tipe yang bisa belajar sambil mendengarkan musik, kamu bisa pilih beberapa lagu yang dapat meningkatkan mood atau konsentrasi belajar. Biasanya sih, musik-musik instrumen dengan irama yang slow dan menenangkan gitu, ya. Jangan putar lagu yang biasa kamu nyanyikan, nanti ujung-ujungnya bukannya fokus belajar, malah karokean lagi. Hmm~

Buat daftar target belajar dan batas waktunya

Orang yang sering gagal fokus biasanya tidak memiliki tujuan dalam melakukan sesuatu akibatnya mudah terdistraksi. Untuk mensiasatinya kamu bisa mulai membuat daftar target saat melakukan sebuah pekerjaan maupun tugas tertentu ya fellas. Nah, biasanya, dengan adanya target itu, kamu jadi bisa lebih berkonsentrasi dalam belajar. Usahakan, target yang kamu buat itu sesuai dengan kapasitas belajarmu, ya. Jangan terlalu dipaksakan juga.

Bijak menggunakan sosial media

Poin yang satu ini penting banget untuk kamu lakukan agar kamu bisa lebih berkonsentrasi dalam belajar atau mengerjakan tugas tertentu. Selama belajar, usahakan kamu tidak membuka sosmed atau game yang kamu punya, meskipun saat sedang beristirahat. Kenapa? karena, ujung-ujungnya pasti kamu bakalan keasyikan main HP daripada belajar. Yuk, paling enggak, nonaktifkan notif sosmed-mu sejenak selama belajar, supaya kamu bisa fokus dulu, nih. Setelah belajar, baru deh kamu bisa aktifkan kembali.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi penyakit sering gagal fokus. Selamat mencoba ya fellas!

Baca juga artikel lainnya yuk!