Up Your Grammar: 3 Tipe Present Tense yang Harus Diketahui

Up Your Grammar: 3 Tipe Present Tense yang Harus Diketahui

lister.co.id – Kemampuan berbahasa Inggris tidak hanya sebatas bisa berkata-kata atau mengerti ketika orang berbicara dalam bahasa Inggris, tetapi ketika kita bisa cuap cuap tanpa kesalahan grammar.

Seberapa penting sih grammar? Mungkin banyak yang berpikir bahwa asalkan bisa mengerti dan berbicara dalam bahasa inggris, tidak perlu lah tahu grammar. Wah! Kalian salah besar! Grammar itu penting banget karena grammar membuat kalimat kalian jadi masuk akal. Lah kok bisa? Berbeda dengan bahasa Indonesia dimana kita tidak perlu mengganti bentuk predikat atau bentuk subjek untuk mengindikasikan kejadian yang terjadi di masa lalu dan hanya perlu menambah kata-kata seperti dulu, kemarin, pernah, dsb, bahasa Inggris butuh lebih dari kata-kata tersebut. Kalau kamu bilang “I eat melon yesterday.” Mungkin orang-orang masih bisa akan mengerti, tapi para native speaker akan langsung tahu bahwa kemampua berbahasa Inggrismu masih goyah.

Memang tidak bisa dipungkiri sih kalau grammar itu bukan hal yang mudah untuk dipelajari. Namanya rumus, siapa yang senang belajar rumus? Biar otak kita tidak overload, kita bahas 3 dari 12 tenses dalam bahasa Inggris dulu ya!

Simple Present Tense

Seperti namanya, simple present tense adalah tense yang paling simple. Kalian menggunakan simple present tense ketika membicarakan hal yang faktual, terjadi saat ini, atau terjadi berulang-ulang kali (kebiasaan).

Subject  (I / You/ They/ We/ First person)+  Verb1  

Verb yang digunakan untuk Simple Present Tense adalah Verb1 jika subyeknya I, you, they, we, artinya kalian tidak perlu mengubah bentuk Verbnya. Contoh: I go to school everyday; They are mad at me; we love the same band.

Subject (He/ She/ It/ Third person) + Verb1-s

Verb1-s artinya kata kerjanya perlu ditambahkan –s. Contoh: He goes to school using bycicle; Tommy loves spaghetti; She hates the wind.

Present Continous Tense

Memiliki persamaan dengan Simple Present, yaitu membicarakan hal yang terjadi saat ini, bedanya present continous digunakan jika kamu membiacarakan hal yang sedang terjadi saat ini. Hmm, gimana tuh? Contohnya, kalau kamu lagi makan, kamu akan bilang aku sedang makan.

Subject (I/ you/ they/ we/ she/ he/ it) + to be (am/ are/ is) +  Verb1 –ing

Verb1 –ing artinya kalian menambahkan akhiran –ing­ untuk mengindikasikan kalau aksinya sedang berlangsung. Contoh: I am eating right now; He is studying; They are fighting over the chicken’s wing.

Present Perfect Tense

Yang ketiga adalah Present Perfect. Present perfect digunakan kalau kalian membicarakan hal yang sudah atau telah selesai dan pernah dilakukan.

Subject (I/ You / They/ We) + Have + Verb3

Subject (He/ She/ It/ Third person) + Has + Verb3

Kalau yang dua sebelumnya masih tetap menggunakan verb1, present perfect harus menggunakan Verb3. Jangan lupa ditambahkan have atau has mengikuti subyek kalimat sebelum kata kerjanya. Contoh: I have painted my room; He has eaten lunch; we have finished the exam.

Nah, ternyata mudah dan tidak rumit kan? Masih ada 9 jenis tenses lagi yang harus kalian pahami, tapi untuk saat ini, pahami dan kuasai dulu Present tenses baru pindah ke tenses-tenses lainnya ya!

Kalau kalian sudah memahami tenses dasar dari Bahasa Inggris, kalian akan bisa mengembangkan instinct berbahasa Inggris dimana kalian bisa merasa apakah kalimat kalian ada yang salah atau tidak. Jadi, semangat terus belajarnya, jangan mudah bosan!

Baca juga artikel lister lainnya: