Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Up your Grammar: 3 Tipe Past Tense yang Perlu Kamu Tahu

Lister– Ini dia lanjutan artikel kemarin, fellas! Kalau kemarin kita sudah membahas soal saat ini alias present, sekarang saatnya ngomongin masa lalu alias past tense. Siapa yang masih sering kejebak masa lalu?

Karena lagi membicarakan masa lalu, kalian masih ingat tidak kenapa grammar sangat penting? Baru muncul di artikel kemarin lho. Nah, grammar sangat penting karena grammar berfungsi sebagai pedoman untuk menata kata-kata yang kamu rangkai yang akan membantu kamu mengembangkan kebiasaan atau ‘instinct’ menyusun kata-kata dengan benar dan masuk akal. Dalam Bahasa Inggris sendiri, aturan dasar ada 16. Kemarin kita sudah membahas 3 jenis, sekarang saatnya bahas 3 lainnya, yaitu 3 tipe past tenses.

Simple Past Tense

Simple past tense digunakan untuk mendeskripsikan hal yang terjadi atau ada di masa lalu. Aturannya adalah:

Subject (I, you, they, we, he, she, it) + Verb2

Contoh: He played the guitar last night; the kid’s father died a long time ago; She went to the library yesterday.

Past Continuous Tense

Past continuous tense kamu gunakan jika kamu membicarakan hal sedang berlangsung selama waktu tertentu di masa lalu.

Subject (I, he, she, it) + to be (was)+ Verb2–ing

Subject (you, they, we) + to be (were)+ Verb2–ing

Contoh: She was skating when the accident happened; They were calling him names.

Past Perfect Tense

Past perfect tense digunakan untuk mendeskripsikan hal yang telah selesai terjadi pada suatu saat di masa lalu, sebelum hal lainnya terjadi. Past perfect tense juga dapat digunakan untuk menjelaskan kondisi, dan yang terpenting adalah kegunaannya sebagai penentu hal apa yang terjadi lebih dulu ketika menjelaskan dua kejadian yang berbeda yang sudah terjadi di masa lalu.

Subject (I, you, they, we, he, she, it) + had + Verb3

Contoh: Nadine had borrowed my money to buy groceries; Their kids had become good friends for years; He had arrived in town before his mother called him.

Sekarang sudah tahu kapan memakai present tense dan past tense kan? Present tense dipakai ketika kita membicarakan hal-hal yang terjadi saat ini dan juga kebiasaan, sedangkan past tense kita pakai kalau kita membicarakan hal-hal yang terjadi di masa lalu. Semangat terus belajarnya, fellas!