Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jepang

ucapan selamat ulang tahun bahasa jepang

Bagaimana caranya memberi ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang? Ternyata, ada beberapa variasi yang bisa kamu ucapkan selain o-tanjoubi omedetou.

Kata-kata ini bisa kamu terapkan saat mempraktikkan percakapan bahasa Jepang. Berikut penjelasannya. Simak sampai tuntas, ya.

1. お誕生日おめでとう! O-tanjoubi omedetou!

Yang pertama adalah o-tanjoubi omedetou, artinya adalah “selamat ulang tahun”. Arti harfiahnya adalah “selamat atas ulang tahunmu”.

2. お誕生日おめでとうございます。 O-tanjoubi omedetou gozaimasu.

Versi kedua ini merupakan versi yang lebih sopan, karena adanya akhiran gozaimasu. Versi ini dapat disampaikan kepada orang yang lebih tua, orang yang kurang dikenal dengan baik, dan atasanmu.

3. ハッピーバースデー!Happii baasudee!

Ucapan ini merupakan versi bahasa Jepang dari bahasa Inggris “happy birthday”. Versi ini memberi kesan informal, sehingga dapat diucapkan kepada teman sebaya atau orang yang sudah dikenal dekat.

Setelah memberi ucapan selamat ulang tahun, biasanya orang juga memberi harapan baik kepada orang yang berulang tahun. Berikut ini sejumlah ucapan harapan yang bisa disampaikan beserta ucapan selamat ulang tahun.

4. 楽しんでください. Tanoshinde kudasai.

Artinya, “selamat bersenang-senang.” Contohnya dalam kalimat yaitu お誕生日おめでとう!楽しんでください. (Selamat ulang tahun, selamat bersenang-senang).

5. 素敵な一日を. Sutekina ichinichi o.

Artinya, “semoga harimu menyenangkan.” Contohnya dalam kalimat yaitu お誕生日おめでとう!素敵な一日を. (Selamat ulang tahun! Semoga harimu menyenangkan.)

6. 素晴らしい1年になりますように. Subarashii ichinen ni narimasu you ni.

Artinya, “semoga tahun ini baik bagimu”. Contohnya dalam kalimat yaitu お誕生日おめでとうございます。素晴らしい1年になりますように。 (Selamat ulang tahun. Semoga tahun ini baik bagimu.)

Itu tadi penjelasan tentang ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Jepang. Bagi kamu yang ingin memperdalam kemampuan bahasa Jepang, termasuk dalam percakapan sehari-hari, kamu bisa mengambil kursus di Lister. Dalam platform online pengajaran bahasa asing ini, kamu bisa memperdalam kemampuan kamu bersama tutor-tutor yang ahli dan bersertifikat. Yuk daftar sekarang: Kursus Bahasa Jepang.