Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Prancis: Romansa Pascasarjana dengan beasiswa Eiffel 2021

lister.co.id – Kota yang menjadi latar belakang film Inception ini adalah kota yang sudah sering menjadi incaran tempat wisata. Dengan pastry, menara Eiffel, musem Louvre, dan lain-lain, tidak perlu diragukan lagi kalau Prancis adalah tempat wisata ideal. Tapi, pada tahukan kalau ada banyak hal menarik lain yang ada di Prancis yang tidak bisa kalian kunjungi hanya dalam sekali waktu kunjung atau dalam seminggu liburan. Nah, daripada ke Prancis hanya untuk bersenang-senang, pernah kepikiran tidak untuk melanjutkan studi pascasarjana di Prancis?

Baca juga: Kenapa Mendaftar IELTS?

Untuk kalian yang terkendala dana, tidak perlu khawatir! Ada beasiswa Eiffel yang tentunya akan membantu kamu melanjutkan studimu si Prancis. Beasiswa ini adalah beasiswa yang dibiayai Pemerintah Prancis untuk mahasiswa-mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi master dan PhD. Jika kamu berkuliah di bidang hukum, ekonomi dan manajemen, teknik dan sains, dan juga ilmu politik dan ingin melanjutkan S2 atau S3, kamu bisa mencari lebih lanjut tentang beasiswa Eiffel ini. Jika kalian tertarik, baca terus artikel ini sampai selesai ya.

Baca juga: Mentoring Beasiswa Online

Cakupan Beasiswa

Beasiswa Eiffel bukanlah beasiswa penuh dan hanya bersifat pendukung. Walaupun biaya yang ditanggung tidak mencakup uang kuliah dan uang pendaftaran kampus, kamu tidak perlu khawatir karena Pemerintah Prancis mengeluarkan tunjangan uang kuliah sebesar 10.000 euro untuk setiap mahasiswa dalam maupun luar negeri yang berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri. Tunjangan ini diluar beasiswa Eiffel, tapi bisa dibilang kamu dibebaskan dari uang kuliah. Biar lebih jelas, yuk lihat rincian dananya di bawah:

  • Tunjangan bulanan sejumlah 1.181 Euro untuk penerima beasiswa Master dan 1.400 Euro untuk penerima beasiswa PhD
  • Tiket pesawat PP Indonesia – Prancis
  • 2 tiket kereta api dari/ke lokasi kampus pada awal dan akhir beasiswa
  • Biaya transportasi local (reimbursed)
  • Asuransi kesehatan
  • Kegiatan kebudayaan
  • Alokasi tempat tinggal

Persyaratan

  • Bukan dan tidak memiliki kewarganegaraan ganda Peranci
  • Usia maksimal 25 tahun (Master) dan maksimal 30 tahun (PhD) pada tahun 2020.
  • Pengajuan beasiswa oleh lembaga perguruan tinggi Prancis yang telah menyetujui lamaranmu. Jika ada lebih dari 2 universitas yang mengajukan lamaran untuk 1 pelamar yang sama, lamaran tidak akan dipertimbangkan.
  • Tidak dapat mengikuti beasiswa Eiffel jika telah mendapatkan beasiswa dari program beasiswa Pemerintah Prancis lain.
  • Tidak dapat mengikuti beasiswa ini jika sudah pernah mendapatkan beasiswa Eiffel di tingkat yang sama. Jika gagal ditahap seleksi, tidak dapat mendaftar Kembali walaupun program master berbeda.
  • Institusi pendidikan di Prancis diperbolehkan mengajukan calon yang sebelumnya telah mendapatkan beasiswa di tingkat Master untuk mendaftar beasiswa Eiffel tingkat PhD.
  • Memenuhi persyaratan kemampuan bahasa yang dibutuhkan oleh program studi dan universitas di Prancis yang dipilih.

Timeline

Karena pendaftaran akan diajukan oleh kampus-kampus di Prancis, tidak ada jabaran waktu pasti seleksi untuk beasiswa Eiffel. Pemerintah Prancis sendiri memberikan kampus-kampus di Prancis batas waktu mendaftarkan mahasiswa-mahasiswanya paling lambat tanggal 8 Januari 2021. Artinya, kalian sudah harus mendaftar dan mendapatkan pernyataan penerimaan dari salah satu universitas di Prancis jauh-jauh hari sebelum tanggal tadi karena kalian masih harus mengajukan untuk didaftarkan pada beasiswa Eiffel ke kampus tadi. Pengumuman peserta yang berhak mendapatkan beasiswa adalah 22 Maret 2021.

Yuk, segera daftar program studi pilihanmu di universitas-universitas Perancis! Siapa tahu kalian bisa merasakan bagaimana jadi Emily di Prancis kan? Kalian bisa mengecek daftar kampus Perancis di sini. Selamat berjuang!

Baca artikel lainnya: