Kursus Bahasa Mandarin Secara Online

Kursus Bahasa Mandarin Secara Online

Lister.co.id – Kursus Bahasa Mandarin Secara Online , Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, memang mau tidak mau rutinitas kehidupan juga harus berubah. Dari yang awalnya bisa banyak melakukan banyak kegiatan di luar rumah secara bebas, sekarang hampir semua hal harus dilakukan dari dalam rumah, termasuk juga belajar.

Tips dan Trik Belajar Bahasa Mandarin Secara Online

Karena mendadak mendapat banyak waktu luang, banyak orang yang memilih belajar Bahasa asing sebagai hobi baru mereka. Salah satu Bahasa yang paling banyak diminati untuk dipelajari adalah Bahasa Mandarin.

Bahasa Mandarin memiliki banyak penutur asli yang tersebar di seluruh dunia, penggunaannya pun sudah banyak terdapat di berbagai sektor industri dan pendidikan. Selain itu, Bahasa Mandarin juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, sehingga cocok digunakan untuk mengisi waktu luang.

Tetapi bagaimanapun juga, Kursus Bahasa Mandarin Secara Online pasti cukup sulit jika dibandingkan dengan cara offline. Berikut adalah beberapa cara mudah bisa belajar Bahasa Mandarin online dengan efektif:

Sesuaikan dengan gaya belajar

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Jika dibedakan dari input yang paling efektif, gaya belajar seseorang bisa dibagi menjadi visual, auditori, dan kinestetik.

Bagi yang tipe visual, belajar dengan cara online ini bisa sangat menguntungkan. Tipsnya adalah dengan banyak mencari media belajar yang memiliki banyak visual yang menarik, bisa dari ebook, video, atau mungkin aplikasi dengan gambar ilustrasi yang menarik.

Untuk yang tipe auditori, belajar Bahasa Mandarin bisa dilakukan dengan banyak mendengarkan audio berbahasa Mandarin. Sumbernya bisa dari audiobook, podcast, radio, atau video berbahasa Mandarin.

Sedangkan bagi yang bertipe kinestetik, mungkin akan sedikit kesulitan belajar secara online karena tidak melibatkan banyak gerakan. Tipsnya adalah dengan membuat materi belajar sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan, tidak harus mengikuti cara belajar yang tersedia di internet.

Yang terpenting adalah bisa memahami gaya belajar yang paling efektif untuk diri sendiri. Dengan begitu, semua materi yang dipelajari akan bisa terserap dengan lebih maksimal.

Manfaatkan Youtube

Youtube merupakan platform media sosial berbagi video yang paling besar di dunia. Di Youtube anda akan bisa menemukan berbagai jenis video, termasuk juga video pembelajaran Bahasa Mandarin.

Keuntungannya adalah, di Youtube sekarang ini sudah beredar banyak video pengajaran Bahasa Mandarin yang dibawakan oleh guru atau penutur asli. Ini tentunya akan terasa familiar, karena tipe videonya membuat penonton serasa sedang diajar oleh guru di kelas offline.

Selain tipe video seperti itu, ada juga berbagai tipe video pembelajaran Bahasa Mandarin. Kebanyakan video akan sesuai dengan gaya anak muda jaman sekarang.

Dan karena sengaja dibuat untuk menarik minat penonton, sebagian besar video-video ini akan memiliki unsur hiburan yang menarik sehingga membuat tidak cepat bosan. Ada banyak video juga yang mengajarkan kosakata-kosakata modern yang banyak digunakan sehari-hari.

Cari Pinyin

Pinyin adalah sebuah metode romanisasi Bahasa Mandarin menjadi Bahasa latin. Metode ini sengaja dibuat untuk memudahkan pelafalan karakter-karakter Bahasa Mandarin bagi orang asing yang akan belajar.

Untuk pemula yang baru belajar Bahasa Mandarin, adanya Pinyin ini tentunya harus dimanfaatkan dengan baik. Anda bisa mencari aplikasi, website, ataupun video yang memiliki tambahan transkripsi Pinyin sebagai pelengkap.

Seperti yang kita semua tahu, Bahasa Mandarin terkenal memiliki banyak karakter dengan teknik pelafalan yang berbeda-beda, hal ini tentunya akan sangat menyulitkan untuk para pemula. Pinyin bisa membantu mempermudah hal itu sambil sekaligus melatih lidah untuk bisa lebih fasih berbicara Bahasa Mandarin.

Pilih yang menarik dan interaktif

Jika anda adalah tipe yang bosan jika hanya belajar melalui textbook atau materi formal, anda bisa mencoba belajar melalui aplikasi atau website. Tipsnya adalah dengan mencari aplikasi dan website yang memiliki visual yang menarik dan interaktif.

Visual yang menarik bisa dilihat dari ilustrasi yang menghiasi aplikasi atau website tersebut. Pilihlah yang memiliki banyak warna atau gambar-gambar lucu yang bisa membuat tidak mudah jenuh saat belajar.

Selain itu, biasanya akan muncul gambar yang mengilustrasikan setiap kosakata yang diajarkan. Anda bisa memilih tipe gambar yang sesuai dan anda sukai, karena gambar juga akan tertanam di pikiran anda pada saat belajar.

Aplikasi dan website yang interaktif juga bisa menjadi alternatif untuk mengusir kebosanan. Dengan tipe pembelajaran yang interaktif, otak akan dipaksa bekerja ekstra dengan cara yang menyenangkan, sehingga tidak terasa seperti sedang belajar.

baca juga

Belajar cara penulisan

Bahasa Mandarin terkenal memiliki banyak sekali karakter yang dikenal dengan sebutan Hanzi. Masing-masing karakter ini tingkat penulisan yang rumit, dan bentuknya sulit dibedakan satu sama lain.

Jika di kelas offline, belajar teknik penulisan bisa dilakukan dengan banyak berlatih menggunakan buku latihan yang biasanya memiliki titik-titik bantu. Hal ini mungkin sulit diterapkan saat belajar online, tapi sekarang sudah ada banyak aplikasi yang muncul dengan trik belajar yang hampir mirip, yaitu dengan garis bantu.

Anda bisa mencari aplikasi khusus belajar menulis aksara mandarin untuk bisa menemukannya. Aplikasi ini akan membantu anda menulis dengan menggunakan garis bantuan samar di belakang huruf.

Sebelumnya jangan lupa pastikan dulu gadget anda bisa digunakan untuk menulis melalui layarnya. Dengan banyak berlatih, maka tingkat efektifitas belajar dengan cara ini bisa sama dengan belajar secara offline.

Butuh jadwal atau pengingat

Salah satu kekurangan belajar secara online adalah, tidak memiliki jadwal yang pasti. Ini bisa membuat sulitnya terbangun rutinitas sehingga dapat menghambat progress belajar Bahasa Mandarin.

Solusinya adalah dengan membuat jadwal belajar rutin sendiri. Jadwal ini bisa dibuat dengan menyisihkan sedikit waktu yang sama setiap harinya untuk belajar, misalnya 15 menit sebelum berangkat kerja atau 30 menit sebelum tidur malam.

Selain itu bisa juga mencari aplikasi yang selalu memberikan pengingat untuk belajar setiap harinya. Anda bisa menyetel pengingat atau notifikasi di waktu yang anda inginkan, lalu mulai membuka aplikasi dan belajar saat pengingat muncul.

Ikut kursus online

Jika tetap ingin merasakan sensasi belajar offline tapi secara online, anda bisa mencoba mendaftar di lembaga kursus Bahasa Mandarin. Mengikuti perkembangan dunia, sekarang sudah banyak lembaga kursus yang beralih ke media online.

Walaupun begitu, kurikulum pembelajaran yang diterapkan akan tetap sama, dan juga tetap akan diajar oleh pengajar-pengajar yang profesional dan berpengalaman. Untuk metode belajarnya, ada yang secara berkelompok menggunakan aplikasi video call atau juga pengajaran secara privat.

Lister.co.id memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Mandarin.

Di Lister.co.id tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.