Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Kuliah S2 dan S3 di University of Oxford dengan Beasiswa Clarendon

Mentoring Beasiswa Online – Kalau berbicara soal University of Oxford pasti tidak akan ada habisnya. Salah satu universitas terbaik dunia dan juga merupakan yang tertua di negara-negara berbahasa Inggris, University of Oxford tidak perlu diragukan lagi adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin melanjutkan studi pascasarjana.

Jika bisa kuliah di Oxford, tentunya akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Nah, di artikel ini, kita akan membahas Clarendon Fund Scholarship yang bisa jadi adalah pembuka jalan untuk kamu kuliah di Oxford.

Apa sih beasiswa Clarendon? Beasiswa Clarendon adalah beasiswa yang ditawarkan langsung oleh University of Oxford kepada pelajar internasional. Setiap tahunnya, ada 130 beasiswa yang ditawarkan setiap tahunnya. Menarikkan? Yuk, kita bahas sama-sama apa saja yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan beasiswa ini.

Baca juga:

Cakupan Beasiswa

Satu lagi beasiswa penuh yang harus masuk dalam radar kalian. Beasiswa Clarendon adalah beasiswa penuh yang bisa dibilang cukup menjamin kesejahteraan hidup pelajar internasionalnya. Biar lebih lengkap, lihat rincian pembiayaan di bawah:

  • Biaya perkuliahan keseluruhan selama masa studi
  • Biaya hidup tahunan minimal £15,009 atau ± Rp 289juta
  • Untuk program part-time akan mendapatkan hibah untuk membantu biaya kebutuhan lainnya

Persyaratan

Beasiswa Clarendon tergolong beasiswa prestasi. Beasiswa ini sangat mengutamakan track record akademik dan prestasi kamu serta potensi kamu belajar di program pascasarjana Oxford. Berikut adalah beberapa kriteria yang dipertimbangkan oleh pihak Oxford:

  • Catatan akademik spotless: IPK min. 3,7 untuk skala 4. Akan lebih baik untuk melampirkan bukti penghargaan dari universitas, informasi posisi kamu, atau publikasi yang dimiliki.
  • Kecakapan dalam bidang studi yang diusulkan: Penilaian ini dilihat dari referensi akademik, proposal penelitian, bakat dalam penelitian, dan kontribusi signifikan yang kemungkinan diberikan pada bidang studi.
  • Motivasi: Dinilai dari bukti komitmen yang kamu berikan pada program kuliah yang diusulkan, serta dari hasil evaluasi personal statement dan rekomendasi

Timeline

Sama seperti beasiswa yang ditawarkan oleh universita yang sudah sempat kita bahas sebelumnya, kamu tidak perlu mendaftar beasiswa Clarendon secara terpisah. Yang perlu kamu lakukan hanya mendaftar ala mahasiswa baru di Oxford dan kamu sudah akan langsung masuk daftar pertimbangan beasiswa Clarendon. Jadi, timeline beasiswa Clarendon agak mirip sama penerimaan mahasiswa baru di Oxford, lengkapnya lihat di bawah ya:

  • Pendaftaran: Paling lambat 10 Januari 2021 (S2) dan September 2020 (MBA)
  • Pengumuman penerima beasiswa: April 2021
  • Mulai kuliah: Oktober 2021

Hmm, persyaratannya Cuma 3 tapi muluk-muluk ya? Sudah seperti tugas dari dosen killer saja. Mengingat beasiswa ini adalah beasiswa prestasi, ada baiknya teman-teman yang masih semester awal atau bahkan masih duduk di bangku menengah atas untuk mempersiapkan dirimu dan tentunya mulai membangun prestasi akademik yang mulus dan menanjak.

Untuk teman-teman yang IPK- nya belum cukup untuk daftar beasiswa Clarendon, jangan bersedih hati! Masih banyak kok beasiswa lain yang tidak memperhatikan IPK. Beasiswa apa saja tuh? Akan kita bahas di artikel selanjutnya ya fellas! Semoga bermanfaat.