Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Ini Dia Kata Ganti Orang Bahasa Korea yang Perlu Kamu Tahu

kata ganti orang bahasa korea

Kata ganti orang bahasa Korea sedikit lebih rumit daripada bahasa lainnya, karena adanya tingkat kesopanan dan sebutan kehormatan. Kata ganti tersebut juga berubah seiring jarak sosial antara pembicara dan lawan bicaranya.

Secara umum, orang Korea menghindari kata ganti orang kedua ketika berbicara dengan orang lain. Biasanya mereka menggunakan titel orang tersebut, misalnya seorang guru akan dipanggil 선생님 (seonsaengnim) saat dipanggil muridnya.

Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang kata ganti orang bahasa Korea.

Baca juga: Materi Tata Bahasa Korea Terlengkap

Kata Ganti Orang

저 (jeo) / 나 (na) – aku

저희 (jeohui) / 저희들 (jeohuideul) / 우리 (uri) / 우리들 (urideul) – kami

너 (neo) / 자네 (jane) / 그대 (geudae) / 당신 (dangsin) – kamu / Anda

너희 (neohui) / 너희들 (neohuideul) / 너네 (neone) / 너네들 (neonedeul) / 자네들 (janedeul) / 그대들 (geudaedeul) / 당신들 (dangsindeul) – kalian

그 (geu) – dia (laki-laki)

그녀 (geunyeo) – dia (perempuan)

그들 (geudeul) / 그녀들 (geunyeodeul) – mereka

Kata Ganti Orang Pertama Tunggal

Ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau orang dengan posisi lebih tinggi, maka kamu harus menggunakan kata ganti yang sopan.

Pertama yaitu 저는 (jeoneun) sebagai kata ganti formal untuk 나는 (naneun) yang informal. Kedua kata tersebut berarti “aku”.

Baca juga: Website untuk Belajar Bahasa Korea Online Terpercaya

Kata Ganti Orang Pertama Jamak

Terdapat versi formal dan informal dari kata kami. Yaitu 저희는 (jeohuineun) untuk versi formal dan 우리는 (urieun) untuk versi informal.

Kata Ganti Orang Kedua Tunggal

Pertama, kamu bisa mengucapkan 당신이 (dangsini) untuk kata ganti formal orang kedua tunggal. Kemudian 그쪽이 (geujjoki) atau 그대가 (gudaega) untuk kata ganti orang kedua versi sopan.

Ketiga, 네가 (nega) untuk kata ganti orang kedua versi informal.

Walaupun begitu, orang Korea jarang mengucapkan “kamu” atau “Anda”. Sebagai gantinya, mereka memanggil sesuai dengan hubungan mereka sebagai pembicara. Contohnya, panggilan 누나 (noo-na) digunakan dari pembicara laki-laki untuk memanggil perempuan yang lebih tua, atau 언니 (un-nie) digunakan dari pembicara perempuan untuk memanggil perempuan yang lebih tua.

Contoh lainnya adalah memanggil nama orang yang dituju dengan imbuhan 씨 (sshi) di akhirnya untuk menunjukkan kesopanan.

Baca juga: Website untuk Belajar Bahasa Korea Online Terpercaya

Kata Ganti Orang Kedua Jamak

Kamu bisa mengucapkan 당신들은 (dangsindeuleun) untuk arti “kalian” versi formal. Lalu kata 그대들은 (geudaedeuleun) untuk versi sopan.

Terakhir 너희는 (neohuineun) / 너네는 (neoneneun) / 자네는 (janeneun) untuk versi informal.

Kata Ganti Orang Ketiga Tunggal dan Jamak

Kata ganti orang ketiga untuk versi laki-laki adalah 그는 (geuneun). Sementara itu kata ganti orang ketiga untuk versi perempuan atau mereka adalah 그녀는 (geunyeoneun).