Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Iklan: Definisi, Unsur, Struktur, dan Contohnya

media iklan

Dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, tentu saja ada banyak hal yang harus diperhatikan seperti tata bahasa, intonasi, dan pelafalannya. Hal ini agar maksud yang ingin disampaikan dapat diterima lawan bicara dengan jelas. Termasuk saat ingin membuat suatu iklan produk atau jasa, pasti ada pesan atau sesuatu yang ingin Brand tersebut tunjukkan kepada audience-nya. Bagaimana jika harus membuat iklan dalam bahasa Inggris? Bagaimana caranya?

Kali ini Lister sudah merangkum pembahasan lengkap tentang iklan dalam bahasa Inggris sebagai bahan pembelajaran kita bersama. Mau tau? Simak penjelasannya berikut ini!

Social media doodle vector online users concept Free Vector

Pengertian Iklan

Iklan atau biasa disebut reklame adalah salah satu bentuk promosi barang atau jasa kepada masyarakat. Iklan biasa ditampilkan di media masaa seperti televisi, koran, sosial media, dan lain – lain. Tujuannya adalah agar menarik perhatian calon pembeli untuk membeli produk atau jasa yang dijual. Sehingga iklan haruslah dibuat semenarik mungkin.

Unsur Iklan

Unsur-unsur iklan memiliki sepuluh jenis yang biasanya muncul di teks iklan yang baik, diantaranya adalah:

Nama produk: Nama produk atau jasa yang diiklankan harus ada pada iklan sebagai identitas dari produk yang ditawarkan. Informasi nama produk harus menonjol agar mudah dikenali oleh khalayak ramai. Maka dari itu, perlu menyiapkan nama produk yang bagus dan kreatif agar calon pembeli tertarik membeli produk tersebut.

Gambar produk: Iklan yang hanya berupa teks atau tulisan saja, tentu membosankan. Adanya unsur visual seperti gambar atau gambar bergerak (video) akan lebih menarik bagi masyarakat agar mau melihatnya.

Keunggulan yang ditonjolkan: Keunggulan produk dan jasa yang diiklankan ini menjadi nilai plus dan jadi alasan mengapa target konsumen harus membeli atau menggunakan produk tersebut.

Kalimat deskripsi: kalimat ini sangat penting untuk menjelaskan dan menguraikan spesifikasi produk atau jasa yang akan diiklankan. Penggunaan kata pada kalimat ini harus menarik dan mudah dipahami oleh khalayak ramai.

Menarik perhatian: perhatian atau atensi. Dalam membuat sebuah iklan, tentunya harus ada ide-ide baru yang mampu menarik perhatian masyarakat atau konsumen sehingga iklan tersebut menjadi berkesan dan dapat terus diingat.

Keinginan: Jadi, iklan yang kamu buat harus mampu memecahkan masalah yakni keinginan dari konsumen.

Kepercayaan: Penting untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen

Kontak perusahaan: Kamu perlu mencantumkan nomor telepon, akun media sosial, dan alamat toko penjual. Dengan mencantumkan kontak penjual, akan membuat calon pembeli lebih percaya dengan toko tersebut.

Ciri-Ciri Iklan

Jika ditanya apa toalk ukur kesuksesan sebuah iklan, maka jawabannya adalah seberapa menarik jasa atau produk yang ditawarkan. Ciri-cirinya:

  • Memiliki kalimat yang persuasif/ajakan
  • Memiliki kalimat slogan
  • Subjek orang pertama
  • Gambar yang menarik perhatian

Jenis Iklan

Ada dua jenis iklan yaitu iklan digital dan tradisional. Iklan digital berarti iklan cetak majalah, koran, pamflet, baliho, iklan di televisi, iklan radio. Sedangkan, iklan digital adalah iklan di media sosial, iklan penelusuran tampilan, periklanan seluler, iklan pop-up.

Struktur Teks Iklan

Iklan yang baik biasanya memiliki tiga jenis struktur ini, diantaranya adalah:

Orientasi: bagian awal yang berisi perkenalan mengenai produk atau jasa.

Tubuh iklan: membahas inti dari apa yang ingin dipromosikan atau ditawarkan dalam iklan.

Justifikasi: bagian akhir adalah penjelasan yang memudahkan publik mengakses barang atau jasa yang ditawarkan. Biasanya dilengkapi dengan keterangan seperti nomor telepon, akun media sosial, website, email, alamat, atau sejenisnya.

Contoh Teks Iklan Bahasa Inggris

got-milk-wolverine.jpg
share a coke advertisement
nike-just-do-it-1.jpg

Demikian pembahasan tentang iklan dalam bahasa Inggris yang bisa menjadi referensi belajar kamu ya fellas! Semoga bermanfaat. Kamu bisa juga bergabung di kelas Business English lister untuk mendapatkan pengalaman belajar yang jauh lebih terarah dengan tutor terbaik dibidangnya. Daftar sekarang!

Lister Flyer 5 03 1 min

Ref:

The 18 Best Advertisements & Ad Campaigns of All Time – blog.hubspot.com

freepik.com