Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Yuk Mengenal Arti Cuan, Bahasa Gaul Generasi Milenial

Arti Cuan

Hidup ya harus cuan!

Tak asing dengan kalimat seperti itu?

Barangkali, kamu sering mendengar kata cuan dari berbagai media seperti youtube, sosial media, dan televisi.

Tahukah kamu?

Cuan adalah istilah populer dari Bahasa Hokkian, China bagian Selatan, yang kemudian menjadi bahasa pergaulan di Indonesia. Ia adalah ungkapan yang sudah cukup mengakar di kehidupan sehari-hari dan media sosial. Meski begitu, rupanya tak sedikit yang belum mengetahui arti cuan. Lalu, apa arti cuan?

Arti Cuan

Sebagaimana berasal dari bahasa Hokkian, kata cuan memiliki arti untung yang pada awalnya digunakan oleh orang Hokkian ketika suatu keadaan sedang berpihak padanya. 

Bahasa Hokkien adalah salah satu cabang bahasa di Taiwan yaitu di Provinsi Fujian. Dahulu, orang Hokkian banyak yang merantau ke berbagai negara salah satunya Indonesia.

Asal usul kata cuan

Sehingga bisa disimpulkan, istilah cuan dapat mendarat ke Indonesia, sebab terjadi akulturasi budaya dari orang Hokkian ke Indonesia. 

Tak hanya kata cuan, kosakat seperti bakso, siomay, cawan, encang, encing, guci, adalah contoh lainnya.

Cuan sebagai bahasa gaul

Selain sebagai kata bahasa gaul, cuan juga berkaitan dengan dunia bisnis. Pada zaman dulu orang Hokkian banyak yang menjadi pedagang. 

Berkembang seiring waktu, istilah ini kerap muncul di kalangan para trader. Mereka juga menggunakan istilah cuan sebagai keuntungan/profit.

Contoh kalimat penggunaan cuan

Kata cuan berasal dari Bahasa Tiongkok yang berarti zhuan/choan/cuan artinya hasil. Tak jelas sejak kapan cuan mulai populer di Tanah Air. Namun, berbagai sumber menyebutkan bahwa film filosofi kopi juga ikut serta mempengaruhi kepopuleran istilah ini.

  • 今年我们赚的钱还不多 Jīnnián wǒ men zhuàn de qián hái bù duō. Tahun ini keuntungan yang kita hasilkan tidak banyak.

Kata 赚 Zhuàn berarti mendapatkan (earn), dan 钱 qián artinya adalah uang. Jika digabungkan, artinya menjadi mendapatkan uang. Istilah ini juga disebut menghasilkan keuntungan.

Masih banyak kosakata asing lain yang perlu kamu ketahui, tak hanya cuan, kamu mesti tahu yang lainnya. Yuk tambah wawasan kamu dengan mengambil Kelas Bahasa Mandarin di Lister. Kamu bisa belajar bersama tutor ahli tanpa terikat waktu dan tempat lho. Yuk daftar sekarang!