Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on google
Share on telegram

Yuk Ketahui Cara Pembentukan Kata Keterangan Bahasa Rusia!

kata keterangan bahasa rusia

Kata keterangan membantu memberikan informasi lebih lanjut terkait kata sifat, kata kerja, atau kata keterangan lainnya. Kata keterangan memiliki aturannya tersendiri, termasuk dalam bahasa Rusia.

Jika kamu tertarik mempelajari tata bahasa Rusia, kamu disarankan mengikuti kursus bahasa Rusia. Dengan begitu, kamu bisa benar-benar mempraktikkan kemampuanmu menggunakan bahasa tersebut.

Kata Keterangan

Kata keterangan adalah bagian yang tidak terpengaruh di dalam kalimat. Kata keterangan tidak memiliki gender, kasus, atau jumlah.

Bentuknya tidak pernah berubah, kecuali kata keterangan kualitatif -o atau -e yang memiliki tingkat komparatif dan superlatif.

Kata Keterangan Dibentuk dari Kata Sifat

Kata keterangan ini serupa dengan kata sifat pendek yang netral dan biasanya memiliki penekanan yang sama. Kelas kata keterangan ini adalah yang terbesar.

Berikut contohnya.

Она красиво поёт. – Dia menyanyi dengan indah.

Вы глубоко неправы. – Kamu benar-benar salah.

Kata Keterangan Dibentuk dari Kata Benda

Kata Keterangan Tanpa Awalan

Kata keterangan ini dibentuk kebanyakan dari kata benda tunggal instrumental. Contohnya утром (di pagi hari), днём (di siang hari), весной (pada musim semi), кругом (di sekitar), dan lain-lain.

Kata Keterangan dengan Awalan

Kata keterangan ini sudah dibentuk dari berbagai kasus. Contohnya издали (dari kejauhan), снизу (dari bawah), кстати (ngomong-ngomong), посредине (di tengah-tengah.

Kombinasi Kata Benda

Ada pula kata keterangan yang terbentuk dari kombinasi beberapa kata benda. Contohnya время от времени (dari waktu ke waktu), день за днём (hari demi hari), слово в слово (kata demi kata), dan lain-lain.

Kata Keterangan Dibentuk dari Numeral

Terdapat kata keterangan yang dibentuk dari angka ordinal (urutan). Contohnya yaitu сперва (pertama), впервые (untuk pertama kalinya), во-вторых (kedua), dan seterusnya.

Kata Keterangan Dibentuk dari Kata Kerja

Kata keterangan dapat dibentuk dari partisip. Contohnya умоляюще (dengan memohon), вызывающе (menantang), dan lain-lain.

Lainnya dapat dibentuk dari gerunds. Contohnya шутя (dengan mudah), немедля (tanpa ditunda), молча (diam-diam).

Kata Keterangan Dibentuk dari Kata Keterangan Lainnya

Kata keterangan ini dibentuk dengan bantuan dari partikel atau preposisi. Contohnya где-нибудь (di suatu tempat), куда-то (di suatu tempat), никогда (tidak pernah), dan lain sebagainya.