Universitas Chulalongkorn, Panduan Lengkap Kuliah di Sana

Universitas Chulalongkorn

Universitas Chulalongkorn adalah salah satu universitas ternama di Thailand. Banyak mahasiswa asing memilih kampus ini untuk belajar di Thailand.

Kamu juga bisa lho kuliah di universitas ini bahkan mendapatkan beasiswa untuk kuliah disini. Dalam hal beasiswa, kamu bisa mempersiapkannya bersama Lister di program mentoring beasiswa Lister!

Baca juga : 15 Universitas di Jerman, Unggul dan Terbaik!

Universitas Chulalongkorn

Universitas Chulalongkorn adalah salah satu perguruan tinggi terbaik dan tertua di Thailand, terletak di pusat kota Bangkok.

Menurut QS World University Rankings 2024, universitas ini telah mempertahankan posisinya sebagai peringkat nomor satu di Thailand selama 15 tahun berturut-turut.

Dengan komitmen untuk menciptakan pengetahuan dan inovasi bagi pembangunan masyarakat yang berkelanjutan, universitas ini menjadi pilihan utama bagi banyak mahasiswa internasional.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi universitas ini.

Sebagai universitas unggulan, Chulalongkorn Thailand menawarkan berbagai program akademik dengan kualitas yang diakui secara internasional.

Universitas ini memiliki 42 fakultas, sekolah, dan institut, serta 441 program akademik yang mencakup berbagai disiplin ilmu.

Tidak hanya itu, universitas ini juga memfokuskan diri pada penelitian dan inovasi yang mendukung pengembangan berkelanjutan, membuatnya menjadi kampus hijau yang peduli terhadap manusia dan dunia.

Jurusan di Universitas Chulalongkorn

Universitas Chulalongkorn menawarkan berbagai pilihan jurusan yang bisa kamu pilih sesuai minat dan bakatmu.

Untuk program sarjana (S1), terdapat beberapa fakultas unggulan seperti Fakultas Arsitektur dengan jurusan Architectural Design (INDA) dan Fakultas Teknik dengan jurusan Aerospace Engineering (AERO) dan Robotics and Artificial Intelligence Engineering (Robotics AI).

Ada juga Fakultas Ekonomi yang menawarkan program Economics (EBA) dan Fakultas Kedokteran yang menyajikan program Doctor of Medicine (CU-MEDi).

Untuk program pascasarjana (S2 dan S3), universitas ini menyediakan beragam pilihan mulai dari bidang sains, teknik, hingga ilmu sosial. Jurusan-jurusan populer seperti Applied Economics, Business Administration, dan Civil Engineering menjadi pilihan utama bagi banyak mahasiswa internasional.

Selain itu, ada juga program doktoral di bidang kesehatan seperti Clinical Biochemistry and Molecular Medicine dan Microbiology and Immunology.

Universitas Chulalongkorn
Universitas Chulalongkorn | Sumber gambar : Freepict

Biaya Kuliah Universitas Chulalongkorn

Biaya kuliah di Universitas Chulalongkorn bervariasi tergantung pada program studi dan tingkat pendidikan yang dipilih. Untuk mahasiswa internasional, biaya kuliah dibagi menjadi lima kelompok.

  • Life Sciences (1): Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran Hewan memiliki biaya kuliah sekitar 106.000฿ (setara Rp46,6 juta) untuk program sarjana, dan 113.900฿ (setara Rp50 juta) untuk program pascasarjana.
  • Life Sciences (2): Fakultas Ilmu Kesehatan dan Keperawatan mengenakan biaya kuliah sekitar 82.700฿ (setara Rp36,3 juta) untuk program sarjana dan 97.700฿ (setara Rp42,9 juta) untuk program pascasarjana.
  • Physical Science: Fakultas Teknik, Sains, dan Inovasi Terpadu mengenakan biaya sekitar 79.500฿ (setara Rp34,9 juta) untuk program sarjana dan 93.500฿ (setara Rp41,1 juta) untuk program pascasarjana.
  • Social Sciences and Arts: Fakultas Seni, Komunikasi, dan Ekonomi, dengan biaya kuliah sekitar 76.000฿ (setara Rp33,4 juta) untuk program sarjana dan 85.200฿ (setara Rp36,2 juta) hingga 88.700฿ (setara Rp39 juta) untuk program pascasarjana.

Biaya tersebut belum termasuk biaya program tambahan yang menyesuaikan dengan jurusan yang dipilih, serta biaya hidup selama tinggal di Thailand.

Info Beasiswa di Universitas Chulalongkorn

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Chulalongkorn Thailand namun terbatas oleh masalah biaya, jangan khawatir karena universitas ini menyediakan berbagai program beasiswa untuk mahasiswa internasional.

Beasiswa yang ditawarkan mencakup biaya kuliah penuh hingga sebagian, serta bantuan biaya hidup selama masa studi.

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai persyaratan dan cara pendaftaran beasiswa, kamu dapat mengunjungi situs resmi Chulalongkorn University.

Baca juga : Universitas Bologna Italia: Sejarah, Jurusan, Ranking Kampus dan Beasiswa

Kenapa Memilih Universitas Chulalongkorn?

Sebagai universitas nomor satu di Thailand, Chulalongkorn University ranking sangatlah prestisius di tingkat regional maupun internasional.

Dengan beragam jurusan dan program studi yang berkualitas tinggi, universitas ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Thailand.

Selain itu, dengan lokasi yang strategis di pusat kota Bangkok, kamu juga akan mendapatkan pengalaman belajar yang dinamis dan akses mudah ke berbagai fasilitas kota.

Syarat Masuk Universitas Chulalongkorn

Untuk bisa diterima di Universitas Chulalongkorn Thailand, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan umum, baik untuk program sarjana (S1), pascasarjana (S2), maupun doktoral (S3):

1. Syarat Umum untuk Program Sarjana (S1)

  • Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setara yang telah diakui secara resmi.
  • Nilai rata-rata akademik yang memenuhi standar minimum yang ditetapkan oleh fakultas atau program studi yang dituju.
  • Kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat resmi seperti TOEFL (minimal 500 PBT atau 61 iBT) atau IELTS (minimal 5.0). Beberapa program mungkin memiliki persyaratan yang lebih tinggi.
  • Surat rekomendasi dari sekolah atau guru.
  • Essai pribadi atau statement of purpose yang menjelaskan alasan memilih program studi tertentu dan rencana masa depan setelah lulus.

2. Syarat Umum untuk Program Pascasarjana (S2)

  • Ijazah Sarjana (S1) dari universitas yang diakui dengan IPK minimal 2.5 untuk beberapa program studi, namun beberapa fakultas mungkin memiliki standar yang lebih tinggi.
  • Kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat resmi seperti TOEFL (minimal 550 PBT atau 79 iBT) atau IELTS (minimal 6.0).
  • Surat rekomendasi akademik dari dosen atau supervisor di tempat kerja.
  • Proposal penelitian untuk beberapa program studi, terutama bagi yang memilih jalur penelitian.
  • Pengalaman kerja (jika disyaratkan) terutama untuk program-program yang berfokus pada manajemen atau profesional lainnya.

3. Syarat Umum untuk Program Doktoral (S3)

  • Ijazah Master (S2) dari universitas terakreditasi dengan IPK minimal 3.0 atau setara.
  • Kemampuan bahasa Inggris dengan standar yang lebih tinggi, seperti TOEFL (minimal 600 PBT atau 100 iBT) atau IELTS (minimal 7.0).
  • Proposal penelitian yang mendalam dan relevan dengan bidang studi yang dipilih.
  • Surat rekomendasi akademik yang kuat dari dosen atau profesor.
  • Publikasi ilmiah atau pengalaman penelitian sebelumnya akan menjadi nilai tambah dalam proses seleksi.

Catatan Tambahan

  • Proses seleksi masuk di Universitas Chulalongkorn Thailand juga mencakup wawancara untuk beberapa program studi. Persiapan yang matang dan pengetahuan mendalam tentang program studi yang dipilih akan membantu kamu dalam menghadapi tahapan ini.
  • Mahasiswa internasional disarankan untuk menghubungi kantor penerimaan universitas untuk memastikan pemenuhan semua persyaratan spesifik, termasuk dokumen tambahan seperti visa pelajar, sertifikat kesehatan, dan asuransi kesehatan.

Dengan memenuhi syarat-syarat di atas, kamu dapat meningkatkan peluang diterima di salah satu universitas terkemuka di Asia Tenggara ini.

Untuk anda : Universitas Oxford, Sejarah, Jurusan & Biaya Kuliah Lengkap

Beasiswa untuk kuliah di Universitas Chulalongkorn, Persiapkan dengan Lister!

Kamu bisa kuliah S1 sampai S3 di Universitas Chulalongkorn dengan biaya terjangkau atau bahkan full didanai dengan mengikuti beasiswa.

Targetkan beasiswa yang kamu inginkan, capai dengan mengikuti persiapan beasiswa di Lister. Kamu bisa dapatkan insight, tips dan strategi untuk mempersiapkan seleksi beasiswa.

Persiapan yang matang akan membantu kamu mendapatkan peluang lebih besar untuk lolos beasiswa. Kelas dilakukan secara online dengan jam belajar yang fleksibel!

Ada tutor terbaik yang sudah berpengalaman dalam urusan beasiswa. Dapatkan informasinya di halaman tutor Lister!

Informasi lengkap tentang mentoring beasiswa bisa konsultasi dengan tim Lister melalui Whatsapp!

Sumber gambar sampul: Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts