15 Ucapan Selamat Menikah Bahasa Arab dan Terjemahannya

ucapan selamat menikah bahasa arab

Kursus Bahasa Arab – Saat seseorang yang kamu kenal menikah, tentu kamu ingin memberikan ucapan yang tulus dan berkesan. Ucapan selamat menikah bahasa Arab memiliki keunikan tersendiri yang mampu menambah kesan sakral dan mendalam.

Dalam tradisi Islam, pernikahan dianggap sebagai momen sakral dan penuh berkat. Oleh karena itu, ucapan selamat menikah bahasa Arab tidak hanya sekedar ungkapan selamat, tetapi juga doa dan harapan untuk kedua mempelai.

Urgensi Ucapan Selamat Menikah Bahasa Arab

Ucapkan selamat menikah bahasa Arab lebih dari sekadar tradisi. Bahasa Arab, yang kaya dengan makna dan kedalamannya, memberikan nuansa khusus dalam setiap ucapan dan doa. Namun, apa sebenarnya urgensi dari ucapan selamat menikah dalam bahasa Arab?

Bahasa Arab erat kaitannya dengan Islam. Banyak ritual dan doa dalam Islam disampaikan dalam bahasa Arab. Dengan mengucapkan selamat menikah dalam bahasa Arab, kita tidak hanya mengikuti tradisi tetapi juga menunjukkan rasa hormat dan penghargaan terhadap budaya serta agama.

Ucapan selamat menikah bahasa Arab memiliki nilai yang jauh lebih dalam dari sekadar kata-kata. Ia mencerminkan tradisi, budaya, serta kepercayaan yang kental dengan nilai-nilai spiritual.

Dengan memilih untuk ucapkan selamat menikah bahasa Arab ini, kamu telah memilih untuk memberikan doa dan harapan yang lebih mendalam bagi pasangan yang baru menikah.

Baca Juga: Belajar Kosa Kata 20+ Bahasa Arab Anggota Keluarga, Lengkap!

Doa Selamat Menikah Bahasa Arab

Ucapan selamat menikah bahasa Arab dalam Islam bukan hanya sekadar kata-kata, tetapi juga merupakan doa bagi pasangan. Contohnya:

Baarakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Ucapan Selamat Menikah dalam Bahasa Arab

Berikut ini adalah 15 ucapan selamat menikah bahasa Arab beserta terjemahannya yang dapat kamu gunakan untuk mengucapkan selamat kepada kedua mempelai:

Ucapan Selamat Menikah dalam Bahasa ArabTerjemahan
Atamanni lakumattaufik fi hayatikuma.“Aku berharap Allah selalu memberikan taufik pada hubungan kalian.”
Zifaf maimun damat buyutukum amirah bilafrah.“Semoga selalu bahagia, selalu baik rumah tanggamu dan penuh dengan kegembiraan.”
Barakallahu lakum wa baraka alaikum.“Mudah-mudahan Allah memberikan kalian keberkahan.”
Barakallahu lakum wa baraka alaikum. Alfu mabruk ala alzifa al sa’eed.“Semoga Allah selalu melimpahkan berkatnya. Selamat atas pernikahan kalian.”
Alfu mabrukin liajmali’arusaini.“Selamat untuk pengantin baru yang paling cantik.”
Ahlat-tahani wa ajmalul-umniyyati bi munasabati.“Selamat dan harapan terbaik untuk pernikahanmu.”
Mubaruk lakum al zawaj.“Selamat atas pernikahanmu.”
Alfu mabrukin liahla’arusaini fil’alami.“Selamat untuk pengantin baru yang manis di dunia.”
Tammat amaniyukum wa tahqiqat ahlamukum, fa-lf mabruk lakuma.“Semoga harapan dan impian kalian tercapai, selamat untuk kalian berdua.”
Ja’alallahu ‘ayshukuma sa’eedan wa barakallahu lakuma fi ma razaqakuma.“Semoga Allah menjadikan kehidupan kalian berdua bahagia dan memberkahi kalian dalam semua yang diberikan-Nya kepada kalian.”
Nas’alullaha Lakuma as-sa’da fi ad-dunya wa-l-akhirah.“Kami memohon kepada Allah agar memberikan kebahagiaan kepada kalian berdua di dunia dan akhirat.”
As’alullaha an yajma’a baynakuma fi khair.“Saya memohon kepada Allah agar menjadikan pernikahan kalian berdua sebagai pernikahan yang penuh kebaikan.”
Nas’alullaha an yubarik lakuma wa yajma’a baynakuma fi al-khair wa yus’id qulubakuma.“Kami memohon kepada Allah agar memberkahi kalian, menjadikan pernikahanmu penuh kebaikan, dan memberikan kebahagiaan dalam hati kalian.”
Allahumma ij’al hubbahuma fiika yazid wa la yankus.“Ya Allah, semoga cinta mereka pada-Mu semakin bertambah dan tidak pernah berkurang.”
Alfu mabruk ‘ala al-zawaj, nas’alullaha an yamanna ‘alaikuma bi-hayatin sa’eedah wa mustaqirrah.“Selamat atas pernikahan kalian berdua, kami berdoa agar Allah memberikan kalian berdua kehidupan yang bahagia dan stabil.”

Baca Juga: 33 Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Arab dan Terjemahannya

Mahir Bahasa Bahasa Arab, Lebih Mudah Pelajari Sejarah dan Budayanya

Jangan berhenti hanya mengetahui ucapan selamat menikah bahasa Arab. Jika kamu benar-benar ingin menguasai bahasa Arab dengan cepat dan efisien, ikutilah Kursus Bahasa Arab di Lister.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group untuk korporasi atau instansi pemerintah dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Yuk, daftar via WhatsApp sekarang juga!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.