Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Apa itu TPA Numerik: Contoh Soal dan Pembahasannya

Kursus TPA Bappenas – Soal-soal matematika selalu menantang untuk dikerjakan. Dalam tes potensi akademik (TPA), soal matematika terdapat dalam bagian Numerik.

Soal TPA Numerik memang membutuhkan ketelitian, logika, dan latihan terus-menerus. Seperti apa contoh soalnya?

Apa itu TPA Numerik?

Numerik adalah bagian dari tes potensi akademik (TPA) yang digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam memahami, menganalisis, dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan angka.

Mungkin kamu merasa rumus-rumus matematika tersebut tidak akan terpakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun jangan salah, logika yang digunakan untuk menyelesaikan soal matematika membentuk pola berpikir kamu.

Maka dari itu, tujuan Tes Numerik lebih dari sekadar mengerjakan soal, ya.

Baca juga: Metode Berhitung Cepat ala Jepang, Mengasah Logika

Jenis-Jenis TPA Numerik

Tes Numerik berguna untuk menguji cara menyelesaikan masalah berdasarkan logika dan penalaran. Bagian tes ini dibagi lagi menjadi lima jenis.

Soal cerita

Soal matematika disisipkan dalam bentuk cerita. Peserta diminta menginterpretasikan cerita tersebut dalam bentuk angka, lalu menyelesaikan permasalahan yang disediakan.

Logika angka

Peserta diminta menalar persamaan angka dengan pilihan jawaban yang logis.

Seri huruf

Peserta diminta mengisi deret huruf yang rumpang berdasarkan pola tertentu.

Seri angka / Deret

Peserta diminta mengisi deret angka yang rumpang berdasarkan pola tertentu.

Hitungan / Aritmetika

Peserta diminta menyelesaikan operasi hitung, biasanya disertai jebakan seolah-olah terlihat mudah.

Baca juga: Skor TPA Bappenas yang Perlu Kamu Tahu, Seperti Apa?

Contoh Soal dan Pembahasan TPA Numerik

Berikut ini contoh soal dan pembahasan Tes Numerik, seperti yang diunggah dalam ADOC.

SoalPembahasan
LU
UjgeHWLCMLppq8XsTkBKXLXpoloLSFB50mAA05RmTDCqwwYNI7iW8kPNQRwz5iICqTQgZX3wITmZcbPjgqiFpP3lkLUoqhSyeUhIx91NWxQUUguFNrH 9a2 THHsCVUpc7BbfzT5pp1rl4RKPFUU3RUY G78dTjW0J8mWGeJRLUZ93crc ToIPZ
Jiq rXPCqQuDleeD1OdJ6lR5qYia1mBCYtFVjV3islhUD 2Qa5cJ2usJYRf4j5YY7Ba4mUhPE3vBCBOnFadjzaDjng2zAuMytytUPYPhND86lkVz9ALvcM3tbPvdUrmqKR2YC1QBgquWc TUNAJqOfj4hICHzdHkjMwEB7 OYJc67 K7kTr24ZY88i EtGVQ1OS6G6ssjew3RAtSTg6DLOi45Qi TGD3Xj2f u DHPGOc5QsPwqw9TKeAAUWy2OFBVYvUgdrEq8d3DQ cRrZP3Jui9WKtBMD2uA
l3924nEanrv1mjCYDpDlsDPSEzRvFFwthKwVAtD6KYUZWYAIh1NvyPVs4knRe4hBOQFhYmZubEaafnOfSS9uoS1TNYgYrkV71ZdiKe EAtQf KnFBgk8bjimqJCT6sDhWbXqT b20U nST76EwxFNCdVJiHE2L5wYeqbYEmA5suXM
5rE9RzFQfyoqp9YsfzEu JFvKepwZIVaN3mfO6 1lUksTWWR4Etd TGDtQRUzgz6TuJ55hUnNUjJtLXdYovND3muALf3Frcp1InlnIKseHGCg2iAoVnoG4RtjcJK1voXziiPBlvrUKzuDyNLXYW3O3bg9JRNWMq5TdbuwDZ5zVEMFQ

Kursus TPA Bappenas, Siapkan Diri Raih Skor Tertinggi

Mengerjakan TPA Bappenas membutuhkan persiapan matang dari jauh-jauh hari, terutama jika menargetkan skor tinggi. Agar lebih maksimal, ikuti Kursus TPA Bappenas di Lister.

Alumni Lister terbukti telah meraih skor 610 di TPA SBM ITB setelah mengikuti kursus di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!