Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

TOEFL Paper Based Test: Tujuan, Fungsi, dan Manfaat

lister blog juli 2022 fungsi toefl paper based test

Di Indonesia sendiri tes jenis TOEFL PBT masih sangat sering digunakan. Salah satunya adalah untuk persyaratan lulus dari perguruan tinggi di level sarjana. Selain itu, untuk mendaftar CPNS dan instansi tertentu pun terkadang membutuhkan sertifikat TOEFL PBT sebagai syarat di posisi tertentu.

Meski untuk saat ini, keberadaan TOEFL CBT dan IBT sudah sangat mendominasi, jangan meremehkan keberadaan TOEFL PBT yang kadang dibutuhkan sewaktu-waktu. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang TOEFL PBT, simak artikel di bawah ini!

Baca juga: Pelajari Dulu Panduan Tes TOEFL

TOEFL Paper Based Test

TOEFL PBT adalah ujian yang dilaksanakan dengan format kertas dan pensil, biasa dikeluarkan oleh lembaga ETS (English Testing Service). Ujian ini bertujuan untuk mengukur keterampilan mendengarkan, membaca, menulis, dan tata bahasa.

Tes ini dilakukan dalam rentang waktu sekitar 2,5 jam untuk diselesaikan.

Struktur TOEFL Paper Based Test:

  • Listening: sesi listening terdiri atas tiga bagian. Bagian pertama terdiri dari 30 pertanyaan dalam bentuk percakapan pendek. Bagian kedua adalah 8 pertanyaan dalam bentuk percakapan yang lebih panjang. Bagian terakhir adalah12 pertanyaan dalam bentuk ceramah atau kuliah.
  • Reading Comprehension:  terdiri atas 60 pertanyaan berkaitan dengan beberapa bacaan.
  • Writing: terdiri atas sebuah latihan yang mengharuskan peserta tes menulis esai dengan 250—300 kata.
  • Structure and Written Expression: memiliki 15 latihan yang meminta peserta tes untuk melengkapi kalimat-kalimat dengan tepat dan 25 latihan mengidentifikasi bagian yang keliru.

Nilai tes PBT yaitu diantara 310 – 677. Berdasarkan pada tiga penilaian, yakni listening (31—68), structure (31—68), dan reading (31—67).

Tujuan, Fungsi & Manfaat TOEFL Paper Based Test

Tujuan TOEFL PBT adalah untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris secara komprehensif.

Fungsi dan manfaat mengikuti TOEFL PBT adalah untuk memudahkan dan memenuhi persyaratan beberapa hal seperti di bawah ini;

  • Penerimaan ke program sarjana dan pascasarjana di negara-negara yang tidak berbahasa Inggris di mana bahasa Inggris bukan bentuk pengajaran yang dominan.
  • Penerimaan dan penempatan dalam program internasional kolaboratif di mana pelatihan bahasa Inggris akan menjadi fitur program.
  • Penerimaan ke program non-gelar jangka pendek di negara berbahasa Inggris di mana lembaga pengirim dan penerima setuju untuk menggunakan skor TOEFL ITP.
  • Kenaikan Jabatan maupun promosi
  • Penempatan dalam program bahasa Inggris intensif yang membutuhkan kemahiran bahasa Inggris akademis di tingkat perguruan tinggi atau pascasarjana.
  • Pemantauan kemajuan dalam program bahasa Inggris yang menekankan kemahiran bahasa Inggris akademis.
  • Mengikuti program beasiswa, seperti LPDP, Study Exchange, dan lainnya.
  • Melamar pekerjaan BUMN, CPNS, ataupun perusahaan multinasional

Belajar TOEFL Paper Based Test Online

Setelah berhasil mengetahui arti TOEFL PBT, fungsi, tujuan, dan manfaatnya, apakah kamu semakin ingin mendaftar TOEFL PBT? Tanpa perlu ribet, untuk menyiapkan diri menghadapi TOEFL PBT, kamu bisa gabung di Program TOEFL Lister lho.

Dengan berhasil mengantongi sertifikat TOEFL, kamu akan dianggap memiliki value yang menguntungkan perusahaan. Salah satunya adalah kemampuan berkomunikasi dengan klien asing secara lancar dan mampu mengikuti perkembangan berbagai isu dengan baik. Daftar sekarang!