Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mau Kuliah atau Kerja di Taiwan? Kamu Perlu TOCFL!

tocfl

Kursus Bahasa Mandarin – Apakah kamu memiliki impian kuliah atau bekerja di Taiwan? Salah satu syarat penting yang harus kamu penuhi adalah menguasai bahasa yang digunakan. Hal ini dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat TOCFL.

Sudah tahukah kamu pengertian hingga manfaat memiliki sertifikat bahasa yang satu ini? Salah satu keuntungannya adalah memiliki bonus poin saat bekerja di Taiwan. Menarik, bukan?

Apa itu TOCFL?

Test of Chinese as a Foreign Language (TOCFL) adalah tes kemahiran berbahasa yang terstandarisasi untuk penutur asing bahasa Mandarin. Artinya, tes ini ditujukan kepada non-native Chinese speaker.

Panitia Penyelenggara dari Test of Proficiency-Huayu (SC-TOP) menetapkan terdapat 4 tingkat dan 8 level untuk tes tersebut. Berikut penjelasan tingkat kemahiran berdasarkan banyaknya kosakata yang dikuasai.

LevelJumlah Kosakata
Pemula300
Level 1500
Level 21000
Level 32500
Level 45000
Level 58000
Level 68000

Manfaat Sertifikat TOCFL

TOCFL adalah tes kemampuan bahasa Mandarin yang digunakan di Taiwan, tetapi sertifikatnya berlaku internasional. Apa saja manfaat atau kegunaan sertifikat kemampuan level Mandarin tersebut?

  • Melamar beasiswa di Taiwan
  • Mendaftar kuliah atau pendidikan tinggi di Taiwan bagi mahasiswa asing
  • Mendaftar universitas di Taiwan bagi pelajar di luar China Daratan (Hong Kong, Makau, Taiwan) melalui University Entrance Committee for Overseas Chinese Students (UECOCS)
  • Melamar pekerjaan di Taiwan atau negara-negara berbahasa Mandarin lainnya yang meminta bukti kemampuan bahasa Mandarin
  • Meraih bonus poin untuk siswa dari luar China Daratan dan siswa internasional yang ingin melanjutkan bekerja di Taiwan

Banyak perguruan tinggi di Taiwan, baik program sarjana maupun pascasarjana, yang meminta sertifikat TOCFL untuk memberi bukti kemahiran berbahasa Mandarin. Kalau kamu ingin mendapatkan beasiswa di Taiwan, wajib memiliki sertifikat ini. Demikian pula untuk melamar di perusahaan multinasional yang beroperasi di Taiwan.

Baca juga: Cek Daftar Universitas dan Jurusan Terbaik di Taiwan

Perbedaan dengan HSK

Berbicara tentang ujian kemampuan bahasa Mandarin, selama ini lebih banyak yang mengenal HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi). Lantas apa perbedaannya dengan TOCFL?

PerbedaanHSKTOCFL
Tempat berlakunya sertifikatChinaTaiwan
Bagian– Mendengarkan
– Membaca
– Menulis
– Tes Berbicara diadakan terpisah di HSKK (Hanyu Shuiping Koushi Kaoshi)
– Mendengarkan dan Membaca
– Berbicara
– Menulis
Jenis hurufHanzi modern (sudah disederhanakan)Hanzi tradisional

Berdasarkan perbedaan pada tabel di atas, dapat dilihat bahwa HSK dan TOCFL tidak banyak berbeda. Dapat dikatakan TOCFL setara dengan HSK, tetapi digunakan di Taiwan.

Manakah yang lebih sulit antara HSK dengan TOCFL? HSK Level 6 yang merupakan tingkat tertinggi membutuhkan penguasaan 5000 kosakata, sedangkan TOCFL Level 6 membutuhkan penguasaan 8000 kosakata. Dari sini dapat dilihat, tes yang digunakan di Taiwan lebih sulit.

Baca juga: Pastikan Punya Sertifikat HSK untuk Kuliah atau Kerja di China

Cara Mendaftar TOCFL

Bagaimana cara mendaftar tes kemampuan bahasa Mandarin di Taiwan? Kamu dapat membuka situs resmi TOCFL.

Di sini kamu bisa mendapatkan informasi:

  • Jadwal tes 2022-2023
  • Registrasi dan metode pembayaran
  • Pengumuman hasil tes
  • Pengiriman transkrip dan sertifikat

Untuk tes pada 2023 di Taiwan akan diadakan pada Januari, Maret, April, Mei, Juli, September, dan November. Tes menggunakan komputer (computer-based test). Setelah ujian, peserta dapat mengetahui hasil tes secara langsung.

Biaya tes TOCFL 

Dalam laman yang sama, disebutkan biaya registrasi tes dihitung berdasarkan masing-masing bagian dan tingkat tes. Artinya, jumlah yang harus dibayarkan bergantung pada tingkat yang diambil.

Listening and Reading CATTWD 2,000
Listening and Reading CBTTWD 1,600 per tingkat tes
SpeakingTWD 1,400 per tingkat tes
WritingTWD 1,400 per tingkat tes

Kursus Bahasa Mandarin, Raih Studi dan Karier Impian

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Taiwan adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti Kursus Bahasa Mandarin di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di Tutor Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!