Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tips Lulus GMAT dengan Skor Impian, Anti-Minder Jalani Tes

tips lulus gmat

Punya cita-cita melanjutkan S-2 jurusan manajemen-bisnis di luar negeri? Kamu bisa mulai mengikuti Les Persiapan GMAT agar dapat diterima.

Fakta tentang GMAT Preparation ternyata tidak sesulit yang kamu bayangkan. Jika kamu berencana mengambil GMAT dalam waktu dekat, kamu bisa menerapkan sejumlah tips ini agar semakin percaya diri.

blogpost inggris beasiswa

Apa yang Dimaksud Lulus GMAT?

Pertama, perlu dipahami tidak ada yang namanya “lulus” atau “gagal” dalam GMAT. Walaupun begitu, skor GMAT yang rendah tidak akan menjamin kamu diterima di program MBA.

Program di sekolah yang berbeda mensyaratkan batas minimal skor GMAT yang berbeda pula. Artinya, semakin bagus skor GMAT yang kamu raih, semakin besar peluang kamu diterima.

Kamu bisa mencari tahu rata-rata skor GMAT siswa yang diterima di sekolah yang kamu tuju. Untuk amannya, targetkan skor GMAT 30 di atas rata-rata skor tersebut.

Tips Lulus GMAT

Cara terbaik meraih skor batas lulus GMAT adalah mempersiapkan dengan efektif. Simak enam tips yang bisa kamu terapkan berikut ini.

Pelajari format GMAT

Pertama dan paling penting, pelajari format GMAT luar dalam. GMAT menguji kemampuan secara spesifik dengan cara yang tidak biasanya.

Buat dirimu familiar dengan ritme, kecepatan, dan tampilan GMAT. Cobalah mengerjakan latihan soal komputer-adaptif.

Latihan dengan soal GMAT asli

Cara terbaik mengukur kemajuanmu adalah dengan berlatih mengerjakan soal-soal yang dibuat Graduate Management Admissions Council (GMAC).

Banyak sumber daring yang menawarkan soal GMAT secara gratis.

Penjabaran soal GMAT tidak banyak berubah dari tahun ke tahun, sehingga penting untuk mempelajarinya selama proses persiapan.

Ulas kembali keterampilan dasar

GMAT menguji berbagai keterampilan dasar seperti matematika, tata bahasa, dan membaca. Sebaiknya pelajari celah di mana kamu kurang menguasai pengetahuan dasar tersebut.

Fokus pada kelemahan

Setelah mengerjakan tes satu atau dua kali, kamu akan melihat pola kesalahanmu. Kamu bisa melihat kelemahanmu di sini dan bagaimana kamu bisa memperbaikinya.

Dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil, kamu bisa meningkatkan skor keseluruhan.

Manajemen waktu

Hitung berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk setiap seksi. Tingkatkan manajemen waktu melalui latihan.

Tetapkan target waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan jenis soal tertentu tanpa mengurangi akurasi jawaban.

Hindari kesalahan ceroboh

Kebanyakan kesalahan ceroboh berasal dari melewatkan detail penting atau tidak membaca pertanyaan secara keseluruhan.

Untuk menghindarinya, buat catatan selama membaca pertanyaan. Hindari membaca secara skimming yang bisa membuat kamu melewatkan detail.