Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Tidak Asing dengan Istilah “Sempoa”? Begini Cara Menggunakannya

Sempoa cara menggunakanya

Mari ucapkan terima kasih pada pencipta sempoa dan orang yang telah mengenalkan sempoa sebagai media belajar hitung saat masih kecil!

Sebab, ada begitu manfaat positif yang didapat setelah menggunakan sempoa sebagai media belajar hitung terutama untuk anak-anak yang masih sulit dalam berkonsentrasi dan daya analitisnya. Takh hanya menghitung, Sempoa sebagai salah satu bentuk budaya asal Tiongkok ini juga bisa menambah wawasan untuk belajar bahasa Mandarin lho.

Terlebih ada mata pelajaran Matematika yang sering menjadi momok banyak orang kala itu. Entah karena guru yang menyeramkan atau rumus yang begitu banyak dan menunggu untuk dihafalkan.

Apapun alasannya, mau tidak mau masalah tersebut harus diatasi, kesalahan dalam hitungan harus segera diatas. Salah satu caranya yaitu dengan metode sempoa.

Tahukah kamu?

Metode penghitungan asli Tiongkok ini terbukti andal dalam mengatasi kesalahan hitungan sehingga anak-anak lebih mudah dalam menjumlahkan, mengurangi, dan mengalikan. Berikut beberapa teknik yang bisa lakukan untuk menguasai sempoa. Simak ya!

Apa Itu Sempoa?

Sempoa merupakan alat hitung yang berbentuk seperti papan dengan sejumlah manik-manik yang disusun dalam baris tertentu. Sebuah sumber menyebutkan bahwa Sempoa berasal dari kata swipoa yang berarti alat kuno untuk berhitung yang dibuat dari rangka kayu dengan sederetan poros berisi manik-manik yang bisa digeser-geserkan. Swipoa digunakan untuk melakukan operasi aritmetika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan akar kuadrat.

Tujuan dan Manfaat Belajar Sempoa

Beberapa tujuan dari belajar sempoa untuk anak-anak diantaranya adalah:

  • Anak-anak lebih mudah menguasai dunia perhitungan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian
  • Sebagai ajang latihan mengenal dunia matematika dasar yang menyenangkan karena bentuknya yang lucu, berwarna, dan dapat digunakan bersama teman-temannya
  • Dengan belajar sempoa, dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan berfikir anak sehingga lebih mudah dalam belajar apapun bukan hanya matematika oleh karena itu sempoa disebut sebagai Basic for All Learning.

Adapun manfaat dari belajar sempoa adalah:

  • Kemampuan koordinasi otak kanan dan otak kiri lebih meningkat
  • Daya konsentrasi, kemampuan belajar menjadi lebih baik dari sebelumnya
  • Daya ingat dan keterampilan berpikir jauh lebih terasah
  • Mengembangkan kemampuan percaya diri anak
  • Mengoptimalkan potensi keseluruhan otak dan kreativitas pada anak

Cara Menggunakan Sempoa

Berbicara mengenai cara menggunakan sempoa, kamu bisa melakukan beberapa teknik ini agar semakin cepat dalam menguasainya.

  • Teknik Dasar Penggunaan Sempoa
  • Menguasai Teknik Penjumlahan dan Pengurangan
  • Menguasai Teknik Perkalian
  • Menguasai Teknik Sempoa Tanpa Alat

Sempoa adalah alat bantu penghitungan untuk usia anak-anak, sehingga dibutuhkan teknik khusus untuk membantu mengajarinya.

Anak-anak yang berusia sekitar 3 tahun, biasanya sudah bisa mulai dikenalkan istilah seperti banyak, kecil, beberapa, tidak ada, kiri, dan kanan. Jika anak sudah memahami istilah tersebut, minta anak untuk menggeser bola dari satu sisi ke sisi yang lain. Lalu gunakan kesempatan itu untuk mengajarkan si kecil warna dan angka pertama.

Selanjutnya, jika anak sudah berusia 4 tahun, anak sudah dapat memisahkan jumlah bola yang sama di setiap barus dengan menyebut warna pada saat bersamaan.

Sebagai latihan, berikan mainan atau kartu, lalu minta si kecil untuk menghitung dengan keras dan minta ia meletakkan bola yang sama di sempoa. Demikian adalah cara sederhana menggunakan sempoa sebagai media belajar menghitung. Semoga membantu.