Sukses Raih Pendanaan dari Accelerating Asia, Lister Gabung Cohort 8

Bukti dari adanya layanan terbaik di suatu usaha tercermin dari reputasi internasional yang bagus hingga berhasil kerjasama dengan para stakeholder terkenal. Bersama menyatukan visi dan misi, Lister siap berkembang menjadi salah satu platform edukasi nomor 1 di Indonesia dengan dukungan Accelerating Asia.

Berhasil lolos seleksi venture capital pendanaan tahap awal, Lister menjadi 1 dari 10 startup internasional yang  tergabung ke dalam program akselerasi Cohort 8.

Lister menjadi satu-satunya startup asal Indonesia satu-satunya yang masuk dalam program Cohort 8, diikuti juga dengan gelar startup Indonesia ke-8 yang berhasil mendapat pendanaan secara langsung dari Accelerating Asia. Dengan kepercayaan yang didapatkan, Lister siap memberikan layanan pendidikan terdepan untuk mereka yang membutuhkan bimbingan dan kelas e-learning, dengan value terbaik di kelasnya. 

Funding 10 Startup dalam Cohort 8

64810f50a43dd1b878f22fe4 Accelerating Asia Cohort 8 Photo 2

Ada 10 peserta baru di program Cohort 8 yang diselenggarakan Accelerating Asia, berasal dari  tujuh region berbeda, yakni Asia Tenggara (Singapura, Indonesia, dan Filipina), Asia Selatan (India, Bangladesh, dan Pakistan), serta kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara (Uni Emirat Arab). 

Sama-sama menjadi peserta baru dengan latar belakang industri yang berbeda, Lister tak begitu saja kalah saing dari angkatannya. Pendanaan secara kolektif dari total kesemua start-up tersebut mencapai US$5.800.000.

Investasi sebesar itu, tidak dikasih untuk sembarang start-up. Pasalnya, kekuatan pertumbuhan pendapatan setiap startup juga menjadi sektor penting sebagai pertimbangan para investor. 

Secara kolektif, Cohort 8 mencatatkan Gross Merchandise Value (GMV) lebih dari US$57.000 per bulan, dan pendapatan bulanan rata-rata lebih dari US$27.000.

Saat ini, Cohort 8 mendanai 70 startup pada lebih dari 20 vertikal, yang dipimpin oleh lebih dari 100 founder. Startup-startup ini mencatatkan pendapatan bulanan rata-rata lebih dari US$285.000, dengan pertumbuhan pendapatan tahunan sebesar 520%.

Portofolio Lister beserta startup-startup tersebut memiliki daya tarik pasar yang mengesankan, sehingga Cohort 8 mencatat, jika terdapat sejumlah top investor yang tidak hanya berasal dari Asia Pasifik. Namun juga negara maju lainnya. 

Secara total, Lister dan startup lainnya telah mengumpulkan modal ventura lebih dari US$63,8 juta, sehingga total valuasi portofolio mencapai US$600 juta.

Diakui sebagai salah satu startup paling berkembang di Asia

Co-Founder dan General Partner Accelerating Asia, Craig Dixon mengatakan, daya tarik pasar inilah yang memisahkan 10 startup terpilih dari startup-startup pelamar lainnya.

“Kelompok baru masuk ke dalam portofolio dengan pendapatan awal yang kuat dan daya tarik penggalangan dana di pasar lokal mereka. Accelerating Asia berharap dapat membantu mereka memanfaatkan kesuksesan awal ini untuk meningkatkan jangkaun yang lebih besar dan penggalangan dana dari sejumlah investor yang lebih besar lagi di seluruh dunia,” kata Dixon.

6495377455bf929d3ffcfe41 Screen Shot 2023 06 23 at 2.09.08 PM 1

Disambut baik oleh CEO dan cofounder Lister, Sigit Arifianto mengutarakan jika  pasar edukasi di Indonesia memiliki potensi income yang sangat besar –sekitar $7,6 miliar setiap tahunnya.

“Kami fokus di pasar Indonesia karena industri pendidikan di sini sangat besar, dengan total pendapatan sekitar $7,6 miliar setiap tahun. Tujuan kami adalah menjadi market leader di Indonesia, dan kemudian berkembang menjadi startup internasional,” ucap Sigit.

Tak tanggung-tanggung, Lister menorehkan total pendapatan sebanyak $1 juta per tahun, dengan pendapatan bulan ini mencapai $52 ribu.

“Dengan total pendapatan satu juta dolar per tahun, pendapatan kami saat ini mencapai $52.000, dan kami bertujuan untuk mencapai pendapatan sebesar $300.000 per bulan menjelang akhir tahun,” terang Sigit.

“Kami bertujuan untuk mencapai pendapatan sebesar $300 ribu per bulan menjelang akhir tahun,” lanjutnya

Tentang Accelerating Asia

Accelerating Asia adalah lembaga akselerasi startup yang bermarkas di Singapura. Dengan slogan “Entrepreneurs are one of humanity’s greatest catalysts for positive change”, Accelerating Asia berfokus pada profitability, growth and impact.

Accelerating Asia memiliki misi utama yang dijalankannya sebagai berikut:

  • Investasi pada startup terbaik di wilayah sebelum Seri A.
  • Memberikan akses founder ke jaringan investor, pendanaan, sumber daya, peluang, dan sumber daya yang mereka butuhkan untuk berkembang.
  • Menjalin kemitraan dengan pemerintah, organisasi pengembangan, perusahaan multinasional, dan top investor untuk menerapkan program dan membangun ekosistem bisnis.
  • Berdampak positif bagi dunia dengan berinvestasi pada startup yang berkontribusi pada tujuan pembangunan berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kamu bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai program Cohort 8 di laman resmi Accelerating Asia.

Kamu juga bisa melihat sejauh mana pertumbuhan dalam segi bisnis dan inovasi Lister sebagai anggota Cohort 8 di artikel portofolio Lister di Accelerating Asia.

Ayo Daftar Kursus di Lister!

Tertarik mendaftar kursus di Lister dan mencoba layanan terbaik dari kami? Kunjungi laman resmi program Lister. Kamu bisa cari juga testimoni alumni Kursus Lister di portal blog kami.

Kamu bisa memilih mulai dari Kursus Bahasa Inggris, Bahasa Asing, Test Preparation, Bimbingan Beasiswa, hingga paket kelas bisnis dan korporasi.

Jangan lupa ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Muhammad Thoriq Anwar
Muhammad Thoriq Anwar
Brand specialist Lister.co.id yang tertarik dengan jurnalistik, bisnis, dan teknologi digital. Memiliki hobi membaca novel, menulis artikel ringan, gaming & esport dan kini sedang menyelami dunia perkopian dan budaya Indonesia.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.