Seputar Jurusan Psikologi, Mata Kuliah hingga Prospek Kerja

jurusan psikologi

University Preparation Program – Sedang ingin menentukan jurusan perkuliahan untuk tahun ini atau tahun depan? Coba simak seputar penjelasan seputar jurusan psikologi

Dalam jurusan psikologi, para mahasiswa diajak untuk belajar tentang berbagai teori dan metode yang membantu menganalisis dan menjelaskan aspek psikologis kehidupan manusia. 

Simak penjelasan lebih banyak seputar apa itu jurusan psikologi.

Apa itu jurusan psikologi?

Salah satu jurusan populer di Indonesia yang satu ini, banyak mempelajari tentang pikiran hingga perilaku manusia. Jurusan psikologi memungkinkan para mahasiswa dalam memahami bagaimana cara berpikir hingga bertindak individu. 

Ada banyak sekali teori, metode, hingga aspek psikologis seseorang yang bisa dipelajari selama menempuh pendidikan di psikologi. 

Bidang studi yang satu ini mempelajari berbagai aspek tentang pikiran, perilaku, dan proses mental manusia. Ada beberapa topik yang bisa diambil untuk dipelajari secara fokus oleh para mahasiswa psikologi. Di antaranya, 

1. Psikologi Organisasi dan Industri

Psikologi Organisasi dan Industri atau dalam bahasa Inggris Industrial and Organizational Psychology merupakan salah satu cabang dalam ilmu psikologi. 

Fokus dari konsentrasi jurusan psikologi yang satu ini lebih pada penerapan prinsip-prinsip psikologi dalam lingkungan kerja dan organisasi. 

Salah satu yang dipelajari adalah perilaku pemimpin dan pengaruhnya terhadap bawahan, dinamika tim, komunikasi organisasi, serta budaya perusahaan.

Pendalaman akan bidang pekerjaan pada salah satu konsentrasi jurusan psikologi ini sebagai konsultan, peneliti, atau praktisi HR di berbagai jenis organisasi, baik dalam sektor swasta maupun sektor publik. 

2. Psikologi Klinis

Psikologi Klinis berfokus pada individu dan membantu mereka mengatasi masalah psikologis yang dialami. Seperti depresi, kecemasan, gangguan makan, gangguan kepribadian, dan banyak gangguan mental lainnya.

Konsentrasi dari jurusan psikologi yang selanjutnya ini bisa  melakukan evaluasi psikologis dan diagnostik untuk menentukan apakah individu memiliki gangguan mental. 

Jika demikian, jenis gangguan yang mungkin mereka alami. Ini melibatkan penggunaan wawancara, tes psikologis, dan observasi.

Banyak psikolog klinis juga terlibat dalam penelitian ilmiah untuk memahami lebih dalam tentang perkembangan terapi hingga pengobatan. 

3. Psikologi Pendidikan

Psikologi Pendidikan pada jurusan psikologi lebih pada memberikan dasar pengetahuan yang penting untuk memahami proses belajar, mengajar, dan perkembangan siswa, terutama bagi para pendidik. 

Salah satu yang difokuskan pada konsentrasi psikologi pendidikan adalah perkembangan kognitif dan psikososial anak dan remaja, termasuk perkembangan kognitif, emosi, moral, dan sosial, serta dampaknya pada proses belajar.

Ada juga psikologi untuk para pendidik yang mana membantu para pengajar dalam memahami dan membantu siswa mencapai potensi dalam diri mereka. 

Mata kuliah jurusan psikologi

Sebelum memilih jurusan psikologi, ada baiknya untuk mengetahui seputar mata kuliah yang akan ditempuh. 

Saat menjalani program studi psikologi, mahasiswa akan terlibat dalam beragam mata kuliah yang membawanya ke dalam dunia psikologi dari berbagai sudut pandang. 

Seiring berjalannya waktu, mahasiswa psikologi akan membangun fondasi pengetahuan terhadap ilmu atau praktek. 

  • Psikologi Industri dan Organisasi
  • Psikologi Sosial
  • Psikologi Pendidikan
  • Sosiologi
  • Antropologi Psikologi
  • Pengantar Psikodiagnostik
  • Teori Kepribadian Kontemporer
  • Statistik Psikologi
  • Kode Etik Psikologi
  • Psikometri

Selain pada mata kuliah wajib jurusan psikologi, para mahasiswa juga akan menempuh mata kuliah pilihan dan umum. Seperti bahasa Inggris, bahasa Indonesia, Agama, PKN, hingga kewirausahaan.

Mengapa harus jurusan psikologi?

Jurusan Psikologi menawarkan berbagai alasan, mulai dari segi ilmu hingga prospek kerja yang cukup menjanjikan. 

Psikologi adalah pintu masuk ke dalam pemahaman mendalam tentang kompleksitas pikiran manusia dan perilaku manusia. 

Selain dari segi pengembangan keterampilan diri, jurusan psikologi juga memiliki peluang karir di berbagai sektor, seperti pendidikan, bisnis, kesehatan, dan hukum. 

Prospek kerja jurusan psikologi

Jurusan psikologi merupakan salah satu jenis pendidikan yang mana menjanjikan prospek kerja yang menarik. Kamu bisa ketahui apa saja peluang karir dari jurusan favorit yang satu ini. 

Guru BK

Prospek kerja jurusan psikologi yang pertama adalah sebagai guru BK atau konselor di sekolah. Tugas guru BK melibatkan berbagai aspek dalam membantu siswa mengatasi tantangan sosial, emosional, akademik, dan karier. 

Guru BK memberikan konseling individu kepada siswa untuk membantu mereka mengatasi masalah pribadi. Seperti masalah keluarga, pengelolaan emosi pada remaja. 

Di sisi lain, tugas guru BK juga bisa membantu siswa dalam merencanakan program studi mereka, mengevaluasi kemajuan akademik. 

Personalia

Tugas HR dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis organisasi. Namun, pada dasarnya, mereka bertanggung jawab untuk menjalankan fungsi ini guna mendukung dan mengelola sumber daya manusia secara efektif. 

HR membantu dalam perencanaan, pemantauan, dan penilaian kinerja karyawan. Para pegawai yang bekerja dibidang ini bisa  merancang sistem penilaian kinerja dan memberikan umpan balik untuk membantu karyawan mencapai target.

Psikologi forensik

Psikolog Forensik adalah seorang profesional dalam bidang psikologi yang memiliki pengetahuan dan keahlian khusus dalam menerapkan prinsip psikologi untuk hukum. 

Psikolog forensik sering dilibatkan dalam melakukan evaluasi psikologis terhadap individu yang terlibat dalam sistem peradilan pidana.

 Psikolog klinis

Psikolog klinis dapat bekerja di berbagai instansi. Prospek kerja psikologi ini bisa masuk ke ranah seperti klinik kesehatan mental, rumah sakit, hingga lembaga penelitian. 

Beberapa psikolog klinis memiliki spesialisasi dalam kesehatan mental anak dan remaja, memberikan perawatan dan konseling khusus untuk kelompok usia tersebut. 

Selain itu, psikolog klinis juga bisa bekerja dalam fokus konseling perkawinan dan keluarga untuk mengurai masalah yang sedang dihadapi. 

Psikolog klinis dapat membantu individu yang sedang mengalami krisis emosional atau keadaan darurat.

University Preparation Program, Bantu Calon Mahasiswa

Ingin kuliah S-1 di salah satu universitas ternama seperti Harvard University, Oxford University, Cambridge University, National University of Singapore, dan lainnya? Persiapkan dirimu dengan mengikuti University Preparation Program di Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik lainnya.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.     

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh cottonbro studio di Pexels.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.