10 Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Bahasa Inggris, Penuh Makna

selamat hari raya nyepi

Program Lister  – Pada bulan Maret ini, umat Hindu merayakan hari raya Nyepi. Ibadah Nyepi menjadi salah satu perayaan yang unik di dunia, terutama di Bali, karena ditandai dengan kesunyian dan keheningan di seluruh wilayah Pulau Dewata.

Bagaimana mengucapkan selamat hari raya Nyepi dalam bahasa Inggris?

Hari Raya Nyepi dalam Bahasa Inggris

Nyepi merupakan hari raya umat Hindu untuk menyambut tahun baru berdasarkan kalender Saka. Dalam bahasa Inggris, hari raya Nyepi disebut dengan Day of Silence atau Day of Exile, yang artinya hari keheningan atau hari pengasingan.

Selama 24 jam, keheningan dimulai pukul 06.00 hingga 06.00 pada keesokan harinya. Umat Hindu melakukan refleksi diri dengan tidak menyalakan listrik, tidak menyalakan api, tidak bekerja, tidak melakukan kegiatan hiburan, hingga segala bentuk pekerjaan apapun.

Pada saat Nyepi, bandara di Bali ditutup dan layanan telekomunikasi pun tidak berfungsi selama 24 jam.

Tradisi Nyepi

selamat hari raya nyepi

Beberapa hari sebelum Nyepi, akan dilaksanakan upacara penyucian dan ritual Hindu Bali yang disebut Melasti. Dalam upacara tersebut, penduduk desa menyelenggarakan parade dengan membawa semua benda suci dari pura ke laut atau tepi danau terdekat. Benda-benda keramat dibersihkan dan disucikan dengan air dari laut atau danau.

Berdasarkan Bali.com, pada dua bulan sebelum Nyepi terdapat pula tradisi pembuatan patung ogoh-ogoh yang terbuat dari bambu dan kertas untuk menggambarkan roh jahat. Menurut kepercayaan umat Hindu, tibanya musim semi atau tahun baru adalah saat Dewa Neraka mengirim semua roh jahat ke Bali.

Roh jahat ini harus dibersihkan untuk menyucikan pulau sebelum tahun baru dimulai. Lalu, diadakan pawai musik dengan berbagai bunyi-bunyian, mulai klakson, gamelan, hingga gendang untuk mengusir kekuatan negatif. 

Setelah Nyepi berakhir, umat Hindu melaksanakan Ngembak Geni, yakni kembali pada rutinitas sehari-hari. Selanjutnya dilakukan ritual keagamaan dan permohonan ampun akan perbuatan masa lalu untuk memulai tahun baru yang baru dengan bersih.

10 Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi dalam Bahasa Inggris

Nyepi telah menjadi hari libur nasional di Indonesia sejak tahun 1983. Bagaimana cara mengucapkan selamat hari raya Nyepi dalam bahasa Inggris? Berikut beragam contoh ucapan yang dapat digunakan.

Ucapan Selamat Hari Raya NyepiArti
Happy Nyepi. May good deeds always accompany you and your family. Happy celebrating Nyepi!Selamat Nyepi. Semoga amal baik selalu menyertaimu dan keluarga. Selamat merayakan Nyepi!
Happy Nyepi Day to those who celebrate! Wishing you happiness and peace in your life!Selamat Hari Raya Nyepi bagi yang merayakan! Semoga bahagia dan damai dalam hidupmu!
Shed anger, resentment, and other bad traits. We wake up with optimism and spirit. Happy Nyepi Day.Luruhkan amarah, dendam, dan sifat-sifat buruk lainnya. Kita bangun dengan sikap optimis dan semangat. Selamat Hari Raya Nyepi.
Let us purify all the bad things in ourselves, in this universe. Happy Silent Day. We wish everyone to be happy and live in peace.Marilah kita menyucikan segala keburukan yang ada pada diri kita, di alam semesta ini. Selamat Hari Raya Nyepi. Semoga kita semua bahagia dan hidup damai.
I congratulate you for celebrating Nyepi Day. In the quiet silence, hopefully, we can reflect on finding our identity so that we can move better on the journey of life ahead, not just words of wisdom.Saya mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Nyepi. Dalam keheningan, semoga kita dapat merenung untuk menemukan jati diri agar bisa melangkah lebih baik lagi dalam perjalanan hidup ke depan, bukan sekedar kata-kata bijak.
Happy Nyepi. Hopefully Hyang Widhi Wasa always bestows His blessing to all of us.Selamat Nyepi. Semoga Hyang Widhi Wasa selalu melimpahkan berkat-Nya kepada kita semua.
In silence, you find the meaning of life, in loneliness you feel His presence. God is with people who always remember their creator. Happy Nyepi.Dalam keheningan, kamu dapat menemukan arti hidup, dalam kesepian kamu dapat merasakan kehadiran-Nya. Tuhan bersama orang-orang yang selalu mengingat penciptanya. Selamat Nyepi.
Nyepi Day is a holy day. May we remain strong in carrying out Catur Brata Nyepi and always healthy.Hari Raya Nyepi adalah hari yang suci. Semoga kita tetap kuat dalam melaksanakan Catur Brata Nyepi dan sehat selalu.
Happy Seclusion Day, Saka New Year 1945. May we find virtues and peace through Catur Brata Penyepian.Selamat Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Saka. Semoga kita menemukan kebajikan dan kedamaian melalui Catur Brata Penyepian.
Happy Saka New Year, May Hyang Widhi Wasa always bestow His blessing of life to all of us.Selamat Tahun Baru Saka, Semoga Hyang Widhi Wasa selalu melimpahkan keberkahan hidup kepada kita semua.

Dari pernyataan ucapan selamat, biasanya akan direspon dengan pernyataan terima kasih. Berikut berbagai ucapan terima kasih dalam bahasa Inggris yang dapat kamu pelajari dalam artikel Selain “Thank You”, Ada Ungkapan Lain yang Kamu Perlu Tahu.

Ingin Belajar Bahasa Asing Hingga Cepat Mahir?

Kamu akan menemukan kursus bahasa asing yang tepat sesuai kebutuhanmu di Program Lister.

Tutor-tutor Lister memiliki penerapan pengajaran yang interaktif dan efektif sehingga kamu dapat nyaman belajar hingga mudah memahami materi. 

Di Lister kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.