Sel Hewan dan Sel Tumbuhan: Pelajari 8 Perbedaannya

sel hewan dan sel tumbuhan

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Tahukah kamu bahwa sel hewan dan sel tumbuhan memiliki perbedaan yang menarik dan kompleks? Mempelajari sel adalah bagian penting dari ilmu biologi.

Salah satu hal yang menarik untuk diungkap adalah perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan. Meskipun keduanya adalah sel eukariotik, terdapat beberapa perbedaan signifikan yang membedakan keduanya.

1. Dinding Sel

Dinding sel merupakan salah satu perbedaan utama antara sel hewan dan sel tumbuhan. Pada sel tumbuhan, dinding sel terbuat dari selulosa, yang memberikan kekakuan dan kekuatan kepada sel, menjaga bentuknya tetap dan melindungi isinya.

Dinding sel ini berperan penting dalam menahan tekanan osmotik yang tinggi di dalam sel. Sel hewan, sebaliknya, tidak memiliki dinding sel. Mereka hanya memiliki membran sel yang fleksibel, yang memungkinkan sel hewan memiliki bentuk yang lebih bervariasi dan dapat berubah-ubah.

Ket absencea dinding sel pada sel hewan juga memungkinkan sel untuk berinteraksi dengan lingkungannya dengan cara yang lebih dinamis. Ini mempengaruhi cara sel berkomunikasi dengan sel lain dan cara mereka bergerak, serta memungkinkan proses seperti fagositosis.

Baca Juga: Yuk Kenali 3 Guru Inspiratif yang Mengubah Dunia

2. Bentuk Sel

Perbedaan lain yang signifikan antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah bentuk sel mereka. Bentuk sel tumbuhan umumnya tetap dan kaku, terutama karena adanya dinding sel yang keras. Bentuk ini membantu dalam mendukung struktur tanaman dan memberikan stabilitas yang diperlukan untuk tumbuh tegak.

Sebaliknya, sel hewan tidak memiliki dinding sel yang kaku dan oleh karena itu memiliki bentuk yang lebih fleksibel dan sering kali tidak teratur. Bentuk sel hewan ini memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan berbagai fungsi dan kebutuhan.

Misalnya, sel darah merah memiliki bentuk cekung yang unik untuk memaksimalkan efisiensi pengangkutan oksigen, sementara sel saraf memiliki bentuk yang panjang dan ramping untuk menghantarkan sinyal listrik.

3. Plastida

Plastida adalah organela yang hanya ditemukan dalam sel tumbuhan dan merupakan perbedaan penting antara sel hewan dan sel tumbuhan. Plastida berfungsi dalam proses seperti fotosintesis, penyimpanan produk, dan sintesis banyak senyawa yang penting bagi sel.

Kloroplas adalah jenis plastida yang paling dikenal, yang mengandung klorofil dan memainkan peran kunci dalam fotosintesis, proses di mana tumbuhan mengonversi energi matahari menjadi energi kimia.

Kehadiran plastida dalam sel tumbuhan mempengaruhi berbagai aspek fisiologi dan metabolisme tumbuhan. Ini termasuk terlibat dalam proses pertumbuhan, perkembangan, dan respon terhadap stres lingkungan.

4. Lisosom

Lisosom adalah struktur sel yang berfungsi sebagai pusat pengolahan limbah dalam sel hewan. Perbedaan penting ini antara sel hewan dan sel tumbuhan menggarisbawahi perbedaan dalam cara keduanya mengelola bahan limbah.

Lisosom berisi enzim yang dapat mencerna partikel yang tidak diinginkan atau bahan yang rusak dalam sel. Proses ini membantu dalam membersihkan sel dan mendaur ulang nutrisi.

Sementara sel hewan memiliki lisosom yang terdefinisi dengan baik, sel tumbuhan biasanya tidak memilikinya. Meskipun, mereka memiliki struktur serupa yang disebut vakuola yang dapat melakukan fungsi yang mirip.

5. Sentrosom

Sentrosom adalah organela yang hanya ada dalam sel hewan dan berperan dalam pembelahan sel. Ini adalah perbedaan penting lainnya antara sel hewan dan sel tumbuhan. Sentrosom terdiri dari dua sentriol yang terletak di dekat inti sel dan membantu dalam penyusunan mikrotubulus selama pembelahan sel.

Sel tumbuhan tidak memiliki sentrosom yang jelas; sebaliknya, mereka mengandalkan struktur yang disebut mikrotubulus yang membantu dalam proses pembelahan sel. Perbedaan ini dalam struktur dan mekanisme pembelahan sel mencerminkan perbedaan lebih dalam dalam biologi dan evolusi sel hewan dan sel tumbuhan.

6. Peroksisom

Peroksisom adalah organela yang ditemukan di kedua sel hewan dan sel tumbuhan, tetapi fungsinya berbeda dalam masing-masing.

Dalam sel hewan, peroksisom berfungsi dalam detoksifikasi, menghilangkan racun dan bahan berbahaya lainnya dari sel. Mereka berisi enzim yang menguraikan asam lemak dan asam amino, dan juga berpartisipasi dalam biosintesis beberapa lipid.

Dalam sel tumbuhan, peroksisom juga berfungsi dalam metabolisme lipid tetapi memiliki peran tambahan dalam fotosintesis, di mana mereka berpartisipasi dalam siklus glisat yang menghubungkan proses fotosintesis dan respirasi dalam sel.

7. Glioksisom

Glioksisom, organela yang khusus ditemukan dalam sel tumbuhan, terutama dalam biji yang sedang berkecambah. Glioksisom berfungsi dalam konversi lemak menjadi karbohidrat yang akan digunakan oleh benih yang sedang tumbuh sebagai sumber energi.

Ini adalah perbedaan yang mencolok antara sel hewan dan sel tumbuhan, dan menunjukkan bagaimana sel tumbuhan memiliki struktur khusus untuk mendukung proses biologis yang unik bagi mereka, seperti pertumbuhan biji.

8. Vakuola

Dalam sel tumbuhan, vakuola adalah organela besar yang berfungsi dalam penyimpanan bahan-bahan seperti nutrisi, produk sisa, dan pigmen. Vakuola juga berperan dalam menjaga tekanan osmotik sel dan memberikan dukungan struktural.

Dalam sel hewan, vakuola berukuran lebih kecil dan memiliki berbagai fungsi yang berbeda. Mereka dapat berfungsi dalam proses seperti eksositosis dan endositosis, membantu dalam pengangkutan dan pelepasan bahan ke dan dari sel.

Baca Juga: Klasifikasi Makhluk Hidup: Definisi, Jenis, & Urutan Takson

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.