Satuan Suhu di Amerika: Fungsi, Jenis, dan Contoh

lister blog juni jenis satuan suhu di amerika

Kita mengenal jenis-jenis suhu ada empat macam. Di Indonesia lebih sering menggunakan satuan Celsius. Hal ini berbeda dengan satuan pengukur suhu yang digunakan di Amerika Serikat. Di Amerika Serikat, mereka menggunakan Fahrenheit sebagai satuan pengukur suhu dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, kamu ingin mengetahui pembahasan satuan suhu di Amerika lebih dalam lagi? Simak yuk!

Fungsi satuan suhu

Definisi suhu menurut Encyclopedia Britannica, adalah ukuran panas atau dingin dalam beberapa skala sembarang yang menunjukkan arah di mana energi panas akan mengalir spontan dari benda yang bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah.

Lalu, apa fungsinya?

Tangan manusia diciptakan mampu mendeteksi perubahan suhu, namun hal tersebut kuantitatif bukan kualitatif.

Rasa panas yang dirasakan setiap orang pun berbeda-beda. Sehingga dalam hal ini, kita memerlukan alat ukur suhu yang bisa mendeteksi suhu secara kualitatif dengan persepsi yang sama bagi semua pemakainya. Disitulah satuan suhu berperan.

Jenis satuan suhu

-satuan ukuran suhu standar internasional

Menurut Sistem Satuan Internasional (SI), derajat suhu di Amerika dinyatakan dalam satuan kelvin (K).

-satuan ukuran suhu imperial (Amerika)

Sedangkan dalam suhu imperial dinamai fahrenheit (F).

Rumus/pola yang digunakan
F = \frac{9}{5}C + 32
Jenis ukuran suhu yang paling diingat adalah suhu titik beku 32 F (0 C), suhu ruangan 77 F (25 C), dan suhu demam 100 F – 104 F (37.8 C – 40 C).

Contoh kalimat penggunaan satuan suhu di amerika

  •  Are the temperatures given in Celsius or Fahrenheit? Apakah suhu diberikan dalam Celcius atau Fahrenheit?
  • Water freezes at 32 degrees Fahrenheit or zero / nought degrees Celsius. Air membeku pada 32 derajat Fahrenheit atau nol / nol derajat Celcius.
  • In Fahrenheit, temperatures of black smokers sound even more impressive, greater than 600o, hotter than molten lead. Di Fahrenheit, suhu perokok hitam terdengar lebih mengesankan, lebih besar dari 600o, lebih panas dari timah cair.
  • The average temperature worldwide has risen by about one degree Fahrenheit in the past 100 years. Suhu rata-rata di seluruh dunia telah meningkat sekitar satu derajat Fahrenheit dalam 100 tahun terakhir.
  •  The Kelvin temperature scale has absolute zero as its zero point, and its fundamental unit is the kelvin. Skala suhu Kelvin memiliki titik nol mutlak sebagai titik nolnya, dan satuan dasarnya adalah kelvin.

Demikian pembahasan mengenai satuan suhu dalam kalimat dan pengertiannya. Ingin mempelajari lebih dalam dan terarah mengenai banyak materi lainnya? Kamu bisa gabung di Program Lister lho. Tutor yang sudah berpengalaman siap membantu kamu upgrade kemampaun dan wawasan kamu. Yuk daftar sekarang!

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.