Rumus Past Continuous Tense Beserta Cara Menggunakannya

rumus past continuous tense

Grammar dalam bahasa Inggris ada banyak ragamnya, termasuk past continuous tense. Tense ini disebut juga dengan past progressive tense.

Saat belajar bahasa Inggris, tentunya kamu tidak boleh melewatkan rumus past continuous tense. Agar kamu semakin paham tentang tense yang satu ini, simak penjelasan berikut.

Apa itu Past Continuous Tense?

Past continuous tense adalah tense yang penting dalam bahasa Inggris. Tense ini digunakan untuk mengatakan bahwa suatu tindakan dilakukan dan sedang berlangsung selama kurun waktu tertentu di masa lampau.

Tense ini juga digunakan untuk mengatakan bahwa tindakan tersebut terjadi sebelum (began before), selama (was in progress during), dan dapat berlanjut setelah (continued after) waktu atau tindakan lainnya yang terjadi di masa lalu.

Rumus Past Continuous Tense

Struktur past continuous tense dapat dijabarkan sebagai berikut.

Subjek + auxiliary be + main verb

Auxiliary verb dikonjugasikan dalam bentuk past simple, yakni was dan were. Main verb dinyatakan dalam bentuk present participle, yaitu -ing.

Untuk kalimat negatif, kamu perlu menambahkan not di anara auxiliary verb dan main verb. Sementara itu untuk kalimat tanya, kamu perlu mengubah subjek dan auxiliary verb-nya.

Berikut contoh kalimat past continuous tense.

Kalimat positif

I was watching TV.

You were working hard.

Kalimat negatif

He/she/it was not helping Mary.

We were not joking.

Kalimat tanya

Were you being silly?

Were they playing football?

Cara Menggunakan Past Continuous Tense

Past continuous tense menggambarkan tindakan pada waktu spesifik di masa lampau. Tindakan ini dimulai sebelum waktu tersebut tetapi belum selesai. Berikut contohnya.

At 8pm, I was in the middle of watching TV.

Ketika kamu menggunakan past continuous tense, lawan bicara biasanya mengerti atau memahami waktu spesifik yang dibicarakan. Berikut contohnya.

I was working at 10pm last night.

They were not playing football at 9am this morning.

What were you doing at 10pm last night?

What were you doing when he arrived?

She was cooking when I telephoned her.

We were having dinner when it started to rain.

Ram went home early because it was snowing.

Itu tadi penjelasan tentang rumus past continuous tense. Bagi kamu yang ingin memperdalam kemampuan bahasa Inggris, termasuk dalam hal grammar, kamu bisa mengambil kursus di Lister. Dalam platform online pengajaran bahasa asing ini, kamu bisa memperdalam kemampuan kamu bersama tutor-tutor yang ahli dan bersertifikat. Yuk daftar sekarang: Kursus Grammar.

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.