5 Cara Presentasi Bahasa Inggris Seperti Native Speaker

presentasi bahasa inggris

Kursus Business English Cemas dan nervous sudah menjadi barang wajar ketika akan menghadapi presentasi. Apalagi lister sedang ingin melakukan presentasi bahasa Inggris. Salah satu yang menjadi ketakutan adalah grammar, tatanan bahasa, dan sebagainya. 

Tenang, disini kami berikan tips untuk bagaimana melakukan presentasi berbahasa Inggris anti grogi.

Tips Sebelum Presentasi bahasa Inggris

Sebelum melakukan presentasi, lister harus menyiapkan beberapa hal agar presentasi bisa berjalan dengan lancar. Apa sajakah itu?

Bahan Presentasi

Hal utama yang harus lister persiapkan sudah pasti, bahan presentasi. Bahan ini bisa berupa mindmap atau essay singkat. Tanpa keduanya, lister akan mengalami kesulitan ketika melakukan presentasi bahasa Inggris.

Mindmap berguna untuk mengingat materi presentasi, sedangkan essay untuk memperkuat materi yang akan dipresentasikan. Buatlah mindmap dan essay dalam bahasa inggris untuk mempermudah pekerjaan.

Jangan lupa untuk menyiapkan powerpoint. Pilihlah font dan template yang enak dipandang dan pas dengan situasi presentasi.

1. Latihan

Sebelum melakukan presentasi bahasa Inggris, lister harus berlatih. Terutama melatih kosa kata yang berkaitan dengan topik presentasi. Misalnya presentasi tentang otomotif mobil, maka tambah pengetahuan soal kosakata terkait topik tersebut.

Gunakan kosa kata dan tata bahasa yang formal ketika menyampaikan materi. Berlatih sebelum presentasi juga terbukti meningkatkan kepercayaan diri ketika tampil di depan. 

2. Membuat Hook

Hook adalah teknik menarik perhatian. Jadi, agar audiens presentasi bisa tetap memperhatikan lister. Sebaiknya gunakan hook untuk menggaet perhatian mereka. Misalnya dengan mengajak audiens untuk ikut berpikir.

Ada berbagai macam hook yang bisa digunakan, mulai dari kutipan tokoh terkenal atau pertanyaan retoris yang disampaikan sebelum melakukan presentasi. Atau lister juga bisa menggunakan hook yang bersifat personal. Misalnya jokes yang relevan dengan materi.

3. Menonton Presentasi

Selain berlatih kosakata, lister juga harus sering-sering menonton presentasi orang lain sebagai referensi. Salah satu presentasi yang sering digunakan sebagai referensi adalah TED Talks.

Atau jika lister memiliki alternatif lain juga tidak mengapa. Misalnya film dan podcast berbahasa Inggris. karena poin pentingnya adalah untuk mengasah skill public speaking

4. Penampilan

Sebelum presentasi, rasa grogi biasanya semakin menguat. Namun itu bukan menjadi alasan lister untuk kurang tidur dan melewati jam makan. Tidur yang cukup dan makan secara teratur akan membuat penampilan terlihat lebih menarik.

Jangan sampai lister tampil di depan audiens dengan tampilan acakadut. Bisa-bisa seluruh audiens lari meninggalkan ruangan.

Tahap Melakukan Presentasi

Secara umum ada 4 tahapan dalam membuka presentasi, terutama pada presentasi kelompok. Di bawah ini adalah tahapan beserta contoh presentasi bahasa Inggris.

1. Opening

Pembukaan presentasi bahasa inggris biasanya diawali dengan greetings. Salam pembuka harus menyesuaikan dengan jenis presentasi dan siapa audiens yang kita hadapi. Jangan sampai lister menggunakan greetings non formal di acara formal ya.

Contoh:

Good Morning Ladies and Gentlemen, its an honor to meet you in this occasion. Thank you for coming to this presentation. Today, I would like to talk about …

Artinya:

Selamat pagi Tuan dan Nyonya. Sebuah kehormatan untuk bertemu pada kesempatan kali ini. Terima kasih telah datang ke presentasi ini. Hari ini, saya ingin berbicara tentang…..

2. Introduction

Selanjutnya adalah tahap mengenalkan diri. Jika presentasi dilakukan secara berkelompok, jangan lupa kenalkan juga anggota kelompok lister. 

Contoh:

Let us introduce ourselves, we are from ……. The member are …, …., … and me. My name is……., will guide the presentation.

Artinya:

Perkenalkan, kami dari … yang beranggotakan …., …., dan saya. Nama saya … akan memandu jalannya presentasi ini. 

3. Focus of The Topic

Sampaikan maksud dan tujuan dari presentasi yang dilakukan.

Contoh:

The aim of our presentation is ……….

Artinya:

Tujuan dari presentasi ini adalah ………….

4. Main Content

Setelah menyampaikan tujuan, lanjutkan presentasi menuju materi yang dibawakan. Pada tahap ini, gunakan kalimat yang runtut dalam menjelaskan. Agar materi yang disampaikan terdengar rapi.

Contoh:

Firstly, I will explain about …. After that I explain why …… is important for us. Finally, we will know about ……

Artinya:

Pertama-tama saya akan menjelaskan tentang, setelah itu saya menjelaskan mengapa ….. penting untuk kita. Akhirnya, kita semua akan tahu tentang…

4. Buka Sesi Tanya Jawab

Setelah menyampaikan materi, lister bisa berinteraksi audiens melalui sesi tanya jawab. Contoh ajakan sesi tanya jawab:

Anybody would like to ask?

Artinya:

Ada yang mau bertanya?

5. Summary Points

Setelah menjelaskan konten utama dari presentasi, maka ajak audiens untuk mengingat poin penting yang menjadi fokus dalam presentasi. Hal ini berguna untuk memperkuat pesan yang disampaikan oleh lister terhadap audiens.

Contoh:

To sum up our presentation ……….

Artinya:

Untuk meringkas presentasi kita….

6. Closing

Tutup presentasi dengan kalimat penutup yang memorable. Berikut ini salah satu contoh kalimat penutup yang membekas di audiens.

Contoh:

Thank you for your kind attention to join our presentation.

Artinya:

Terima kasih telah mengikuti presentasi kami.

Lister juga bisa mencari contoh teks presentasi bahasa Inggris dan terjemahannya di internet. Contoh tersebut bisa digunakan sebagai panduan bagaimana dan seperti apa kata-kata yang harus digunakan ketika presentasi.

Setelah mengetahui semua hal di atas, apakah Lister masih kurang pede untuk melakukan presentasi bahasa Inggris?

Tak perlu khawatir, karena dengan persiapan matang dan percaya dengan kemampuan diri sendiri. Lister pasti bisa melakukan presentasi ini dengan baik.

Tips Memunculkan Percaya Diri saat Presentasi Bahasa Inggris 

Ada beberapa tips untuk memunculkan percaya diri saat presentasi bahasa Inggris yang bisa kamu coba praktekkan. 

Seperti, lakukan persiapan materi dengan baik. Tidak ada salahnya untuk melakukan perencanaan dan susunan materi presentasi yang terstruktur. 

Kamu juga bisa membuat beberapa tulisan dalam secarik kertas yang berisikan tentang kesimpulan dari presentasi bahasa Inggris yang akan dilakukan. 

Dengan begitu, kamu bisa melatih kemampuan bicara bahasa Inggris dengan baik. Lakukan pelatihan berbicara pada diri sendiri di depan cermin agar tidak terlalu gugup. 

Pastikan kamu menggunakan bahasa atau kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti. Hal ini untuk menghindari kamu terlupa sehingga sulit menjelaskan apa yang ingin disampaikan. 

Ajak juga audiens untuk berpartisipasi saat presentasi bahasa Inggris seperti bertanya atau memberikan kesempatan dalam berpendapat. 

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.