Present Continuous Tense: Rumus dan Contohnya

present continuous tense

Kursus Grammar MasterclassPresent continuous tense sering digunakan dalam bahasa Inggris. Ada perbedaan mendasar antara simple present tense dengan present continuous tense.

Perbedaannya terletak pada rumus dan penggunaannya. Berikut ini rangkuman segala hal yang perlu kamu ketahui tentang present continuous tense.

Apa itu Present Continuous Tense?

Present continuous tense adalah tense yang digunakan untuk menunjukkan tindakan yang berlangsung saat ini. Present continuous disebut juga dengan present progressive.

Present continuous juga digunakan untuk menunjukkan tindakan yang akan berlangsung di masa depan. Dengan kata lain, verb tense ini menunjukkan tindakan atau kondisi dengan ciri-ciri:

  • terjadi saat ini
  • sering terjadi
  • ada kemungkinan berlangsung sampai masa depan

Tenses sendiri adalah kalawaktu yang digunakan dalam bahasa Inggris sebagai penanda waktu kejadian. Berikut rumus berbagai tenses yang ada dalam bahasa Inggris di artikel Strategi Memahami 16 Tenses Bahasa Inggris Paling Mudah!

Rumus Present Continuous Tense

Rumus untuk present continuous tense adalah:

to be [am, is, are] + verb-ing [present participle]

Perhatikan contoh berikut.

  • Uncle Ted is cooking dinner while Linda looks for his new knife. – Paman Ted sedang memasak makan malam sementara Linda mencari pisau barunya.
  • They are playing at John’s favorite park today, Greenview Park. – Mereka sedang bermain di taman favorit John hari ini, Greenview Park.

Dari contoh ini bisa dilihat bahwa present continuous tense memengaruhi pemahaman pembaca terkait waktu tindakan dilakukan.

Penggunaan Present Continuous Tense

Present continuous tense harus menggunakan kata kerja to be dan kata kerja dinamis yang sesuai. Kata kerja dinamis menandakan tindakan dan/atau proses.

Perhatikan contoh berikut.

  • Raj’s younger brother is arriving at the restaurants one hour late because his football team, Amigos, won the national championships early today. As he is walking into Salt Restaurant, he is yelling goodbye to his teammates outside, and Raj hopes he doesn’t cause a scene since he is always embarrassing him in public.
    • Adik laki-laki Raj baru tiba di restoran terlambat satu jam karena tim sepak bolanya, Amigos, memenangkan kejuaraan nasional pada hari itu. Sementara dia masuk ke Salt Restaurant, ia meneriakkan selamat tinggal kepada rekan-rekan timnya yang ada di luar, dan Raj berharap dirinya tidak menimbulkan keributan mengingat ia selalu bertingkah memalukan di depan umum.

Tips Menggunakan Present Continuous Tense

Ingatlah present continuous tense tidak dapat digunakan pada kata kerja statis. Kata kerja statis menandakan situasi yang sifatnya tetap atau tidak berubah.

Kata kerja semacam ini menggunakan simple present tense. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut.

  • Uncle Ted is preferring the strawberry pastries over the chocolate ones that Linda loves. – Paman Ted sedang lebih menyukai pastry stroberi daripada coklat yang disukai Linda. ✖
  • Uncle Ted prefers the strawberry pastries over the chocolate ones that Linda loves. – Paman Ted lebih menyukai pastry stroberi daripada coklat yang disukai Linda. ✔

Pada contoh di atas, kata kerja statis to prefer menunjukkan opini, sehingga tidak dapat menggunakan present continuous tense.

Kategori kata kerja statis meliputi:

  • emosi (to love)
  • kepemilikan (to belong)
  • pemikiran (to recognize)

Kata-kata kerja ini tidak dapat digunakan dalam bentuk present continuous.

Kursus Grammar Masterclass, Cepat Mahir!

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Grammar Masterclass di Lister.

Ingin tahu sosok tutor yang akan mengajar di kursus ini? Cari tahu dalam Profil Tutor!

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.