Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Postdoctoral adalah Program Lanjutan S-3, Ini 6 Jenis Kegiatannya

postdoctoral adalah

Kursus Academic English – Setelah menempuh pendidikan sampai ke jenjang tertinggi, yakni S-3, apa saja yang bisa dilakukan selain berkarier? Program postdoctoral adalah salah satu pilihan yang bisa kamu lirik.

Program ini memang kurang banyak terdengar, karena biasanya sangat spesifik dijalankan orang yang menjadi akademisi.

Postdoctoral adalah

Postdoctoral adalah program lanjutan setelah menempuh pendidikan S-3 atau PhD. Program ini disebut juga dengan postdoc. Mereka yang mengikuti program ini disebut dengan postdoctoral researcher atau postdoctoral fellow.

Program ini bersifat sementara, artinya untuk melatih para periset memperoleh keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan selama karier akademik mereka.

Menurut Academic Positions, kebanyakan postdoc dijalankan di universitas, industri (perusahaan), pemerintah, atau lembaga nonprofit.

Mayoritas program postdoc berada di lingkup STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Namun saat ini sudah banyak pula postdoctoral di bidang Ilmu Sosial dan Humaniora.

Apa yang dilakukan postdoctoral researcher?

Indeed menjelaskan ada 6 kegiatan yang biasanya dilakukan peneliti postdoctoral. Apa saja?

Mengajar secara informal

Mereka yang tergabung dalam program postdoc telah memiliki titel doktoral, sehingga mereka memiliki kualifikasi yang cukup untuk mengajar. Mereka pun sering mengajar secara informal di universitas atau institusi pendidikan lainnya.

Di sini mereka sembari menjelaskan penelitian yang tengah dilakukan, serta mengenalkan pendidikan S-3 kepada mahasiswa yang berminat.

Selain itu, mereka juga dapat membangun network dengan sesama tenaga pendidik atau postdoc fellows.

Melakukan penelitian

Para postdoc researchers melakukan penelitian dan pengumpulan data. Tujuannya untuk meneliti suatu masalah yang kompleks atau menambah pengetahuan mereka di bidang tersebut.

Hasil dari penelitian mereka dapat dapat bermanfaat di dunia industri atau akademis nantinya.

Mengarsipkan hasil penelitian

Setelah mengumpulkan data dan melakukan penelitian, hasilnya akan ditulis dalam bentuk jurnal atau digital. Tujuannya agar dapat diketahui kalangan yang lebih luas, serta menguji akurasi dan konsistensi penelitian.

Pengarsipan sangat penting untuk menunjukkan perkembangan dalam disiplin ilmu yang diteliti.

Membuat rancangan buku atau artikel

Data dari penelitian dapat dijadikan buku, artikel, atau tulisan lain yang dapat diakses masyarakat umum serta kalangan akademisi.

Untuk membuatnya, postdoc fellow harus mampu merangkum temuan dalam penelitian. Hasil tertulis ini turut menambah reputasi mereka baik di dunia akademis maupun industri yang berkaitan.

Membimbing mahasiswa

Postdoc fellows dapat menjadi pembimbing (mentor) bagi mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan doktoral. Mereka akan memberikan saran-saran terbaik tentang program yang sesuai dengan kemampuan mahasiswa.

Keterampilan membimbing ini penting, terutama jika postdoc fellows berniat menjadi tenaga pendidik.

Menulis hibah

Postdoc fellows dapat membantu profesor atau sesama tenaga pendidik untuk menulis hibah untuk penelitian, mahasiswa, atau program tertentu di universitas. Mereka harus memahami cara penulisan Academic Writing yang baik dan ketentuan hibah.

Mereka juga dapat membantu mahasiswa yang tengah melamar hibah.

Berapa lama program postdoctoral berlangsung?

Tidak ada batas waktu program postdoctoral, karena tergantung dengan ketentuan universitas, negara tempat program berlangsung, serta pendanaan. Beberapa program ini berlangsung 2 sampai 3 tahun, tetapi ada juga yang lebih.

Selain itu, peserta dapat mengikuti lebih dari satu program postdoctoral sekaligus, tergantung ketentuan dari negara tempat program diadakan.

Pendanaan Postdoctoral

Jenis pendanaan postdoctoral berbeda-beda. Ada yang digaji layaknya karyawan oleh universitas, institusi, atau perusahaan tempat peserta menjalankan programnya.

Ada pula yang memperoleh hibah, fellowship, atau scholarship.

Baca juga: Fellowship adalah Salah Satu Jenis Beasiswa, Berminat Coba?

Apa saja yang dibutuhkan untuk melamar postdoctoral?

Syarat melamar postdoctoral berbeda-beda di setiap negara. Namun secara umum, kamu membutuhkan dokumen-dokumen berikut.

CV

CV yang dimaksud adalah CV akademis, artinya merangkum latar belakang pendidikan, keterampilan yang bersangkutan, dan publikasi penelitian.

Cover letter

Cover letter dibutuhkan untuk memperkenalkan diri dan latar belakang. Di sini kamu menjelaskan skills yang dimiliki dan pengalaman penelitian.

Kamu juga perlu menjelaskan alasan memilih mengambil program postdoctoral di tempat tersebut. Tambahkan pula alasan pentingnya postdoctoral bagi dirimu setelah menyelesaikan PhD.

Research proposal

Saat melamar, biasanya kamu harus melampirkan proposal penelitian. Penelitian tersebut tidak harus selaras dengan program PhD yang diambil tetapi masih harus berkaitan.

Di sini kamu harus menjelaskan manfaat penelitian bagi ilmu pengetahuan maupun manfaat praktis bagi masyarakat umum.

Recommendation / References

Biasanya kamu akan diminta menyertakan 2-3 rekomendasi dari orang yang pernah bekerja sama secara langsung, baik dalam pekerjaan maupun pendidikan.

Postdoctoral di Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia? Adakah program postdoctoral yang diselenggarakan di dalam negeri?

Jawabannya ada. Kamu dapat mencari tahu di laman Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Di sini kamu dapat melihat syarat yang dibutuhkan serta periode pendaftaran. Dalam program ini, kamu akan mendapat insentif berupa biaya hidup selama 1 tahun, serta dapat diperpanjang 1 tahun lagi berdasarkan hasil evaluasi.

Kursus Academic English, Langkah Terbaik untuk Studi

Keterampilan Academic English sangat penting agar studi berjalan lancar. Agar bisa menjalankan studi dengan baik, ikuti Kursus Academic English di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!