10 Rahasia Persiapan Beasiswa yang Orang Awam Jarang Tahu

persiapan beasiswa

Mentoring Beasiswa – Tertarik mendaftar beasiswa, tetapi bingung ingin mulai dari mana? Mari simak rahasia persiapan beasiswa yang jarang orang tahu ini!

10 Langkah Persiapan Pendaftaran Beasiswa yang Harus Kamu Coba

Proses seleksi beasiswa tidaklah mudah karena kamu harus bersaing dengan ribuan kandidat lainnya. Ada sejumlah tips rahasia yang akan membantu memuluskan proses pendaftaranmu.

Beberapa langkah pendaftaran berikut ini tak selalu disadari pelamar beasiswa. Agar kamu lebih unggul dibandingkan kandidat lain, yuk persiapkan dengan baik!

1. Menentukan tujuan studi

Jika ingin mendapatkan beasiswa, maka hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah tujuan studi. Setiap lembaga penyedia beasiswa memiliki visi, misi, hingga tujuan tertentu dalam pemberian dana untuk studi.

Coba renungkan dan refleksi kembali manfaat melanjutkan sekolah dengan bidang studi yang kamu pilih dan urgensinya untuk kehidupan, karier, akademis, atau ruang lingkup lainnya. Dengan memahami tujuan studi, maka akan lebih mudah untuk memilih program beasiswa yang sesuai.

2. Menabung

Walaupun kamu mengincar beasiswa dengan pendanaan penuh, menabung tetap menjadi hal yang wajib dilakukan. Sebagai calon penerima beasiswa, tabungan uang yang cukup diperlukan untuk membayar biaya persiapan dokumen beasiswa hingga biaya tak terduga lainnya.

Menabunglah sejak dini, karena persiapan melamar beasiswa cukup banyak menghabiskan uang. Sebagai contoh, biaya tes kemampuan bahasa asing (TOEFL/IELTS), pengurusan paspor/visa, jasa menerjemahkan dokumen, dan masih banyak lagi.

3. Mempersiapkan tes kemampuan bahasa asing

Salah satu persyaratan umum untuk melamar beasiswa, terutama institusi pendidikan luar negeri, adalah skor kemampuan berbahasa asing. Setiap beasiswa memiliki kriteria yang berbeda-beda mengenai jenis tes bahasa dan skor minimal yang harus dilampaui.

Oleh karena itu, mengasah kemampuan bahasa asing sebaiknya dilakukan sedini mungkin agar hasilnya maksimal. Tak hanya itu, keterampilan berbahasa penting untuk berinteraksi dengan baik saat belajar di luar negeri.

Lister memiliki Kursus Bahasa Inggris dengan tutor berkualitas yang siap membantumu mempersiapkan diri dalam tes bahasa Inggris (IELTS/TOEFL).

4. Mencari tahu tentang beasiswa yang dituju

Saat sudah menentukan jenis beasiswa yang akan dipilih, bacalah dengan saksama poin-poin informasi yang harus dipersiapkan untuk melamar.

Berikut beberapa contoh hal yang perlu dicermati:

  • deadline hingga timeline pendaftaran beasiswa
  • kesesuaian dengan kriteria beasiswa
  • benefit yang ditawarkan beasiswa
  • dokumen penting yang diperlukan

Dengan memahami hal-hal penting ini, kamu dapat mempersiapkan diri lebih awal dalam seleksi beasiswa.

5. Mempelajari persyaratan beasiswa

Setiap program beasiswa mempunyai syarat yang berbeda, sehingga kamu perlu memperhatikan setiap persyaratan khusus. Sebagai contoh, beasiswa Fulbright hanya ditujukan bagi warga negara Indonesia yang berada di Indonesia selama proses seleksi. 

Kemudian, beasiswa DAAD dari pemerintah Jerman mewajibkan memiliki sertifikasi kemahiran berbahasa Jerman.

6.  Mempersiapkan dokumen persyaratan beasiswa jauh-jauh hari

Proses persiapan dokumen beasiswa umumnya memakan waktu lama dan biaya yang tak sedikit. Oleh karena itu, pengumpulan dokumen persyaratan beasiswa harus dilakukan sejak awal untuk menghindari kesalahan dan menjamin ketepatan waktu.

Beberapa dokumen umum persyaratan beasiswa antara lain:

  • sertifikat bahasa asing
  • transkrip nilai
  • surat rekomendasi
  • esai beasiswa
  • CV (Curriculum Vitae) akademik
  • KTP (Kartu Tanda Pengenal) atau paspor
  • akta kelahiran
  • pasfoto

Tips tambahan yang tak kalah penting yakni membuat dokumen ini dalam bentuk file digital dan disimpan dalam satu folder terpisah. Proses ini dapat memudahkan kamu saat melamar beasiswa dengan sistem online.

7. Menyiapkan surat rekomendasi

Surat rekomendasi memiliki peranan penting untuk menentukan lolos atau tidaknya pelamar beasiswa. Melalui surat rekomendasi, penyeleksi beasiswa dapat memahami personality, perilaku, etos kerja, hingga hal-hal positif tentang pelamar. 

Surat rekomendasi biasanya ditulis oleh seseorang yang mengenal pelamar secara pribadi dalam ruang lingkup akademis atau karier. Kamu membutuhkan format surat rekomendasi? Cek ulasannya dalam artikel Template Surat Rekomendasi Beasiswa (Beserta Contoh!)

8. Mendapatkan Letter of Acceptance (LoA)

Beberapa program beasiswa memerlukan surat penerimaan dari universitas yang dituju atau disebut LoA (Letter of Acceptance). Surat ini menyatakan bahwa kamu resmi diterima sebagai  mahasiswa di universitas tersebut.

Simak lebih lengkap mengenai LoA dalam artikel Apa itu LoA? Ini Jenis, Contoh, dan Cara Mendapatkannya.

Pastikan pula universitas tersebut termasuk universitas yang diakui dalam target program beasiswa yang kamu ikuti.

9. Berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman

Berkonsultasi dengan orang yang pernah mendapatkan beasiswa yang sama dapat memberikan perspektif baru. Dengan meminta bimbingan, kamu akan memperoleh gambaran tentang proses dan persiapan pendaftaran beasiswa lebih baik.

Kamu juga dapat berpartisipasi pada forum beasiswa terkait, sehingga mendapatkan tips-tips khusus lolos beasiswa. 

10. Mempersiapkan jawaban terbaik untuk wawancara beasiswa

Proses wawancara merupakan salah satu penentuan akhir tentang status kandidat. Rangkaian pertanyaan yang diajukan umumnya terkait dokumen beasiswa yang sudah kamu berikan. Pewawancara akan mengajukan pertanyaan terkait kepribadian, tujuan studi, hingga karier profesional. Selain itu, seringkali pula muncul pertanyaan tentang cara program beasiswa ini mendukung kamu mencapai cita-cita dalam hidup serta alasan pilihan studi.

Daftar Beasiswa dengan Percaya Diri, Gabung Mentoring Sekarang juga!

Proses pendaftaran beasiswa memang bukanlah perjalanan yang mudah, tetapi tak ada yang tak mungkin. Dengan berusaha dan mencoba tips persiapan pendaftaran beasiswa ini, kamu dapat melaluinya dengan lebih matang.

Selain itu, kamu bisa mengikuti program Mentoring Beasiswa di Lister agar kamu mendapat bantuan mentor berpengalaman selama pendaftaran.

Follow Instagram Lister untuk mengetahui promo menarik dan informasi belajar bahasa asing lainnya.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.