Perbedaan Mr Ms Miss Mrs Beserta Contoh Kalimat yang Perlu Diketahui

lister blog juni beda mr ms miss mrs

Kursus Vocabulary Building – Kata panggilan seseorang dalam bahasa Inggris memiliki aturan tersendiri. Pernah dengar istilah Mr Ms Miss Mrs?

Keempat kata ini kerap kita dengar ketika memanggil pria dan wanita secara umum. Namun, bagaimana penggunaan lebih detailnya?

Dalam bahasa Indonesia, ada beberapa ucapan untuk menyebut seseorang agar terdengar lebih sopan, seperti Bapak/Ibu, Kakak/Adik, Mas/Mbak, Om/Tante, dan lain-lain. Begitu pula dalam bahasa Inggris, kita akan mengenal istilah Mr Ms Miss Mrs.

Untuk mengetahui lebih dalam, yuk simak lebih detail di bawah ini!

Pengertian dan Penggunaan Mr Ms Miss Mrs

Masing-masing ungkapan panggilan tersebut dalam bahasa Inggris memiliki asal-usul, makna, dan penggunaan yang berbeda. Kata sapaan Mr Ms Miss Mrs sering digunakan dalam surat, dokumen resmi, email, atau percakapan yang formal.

Baca juga: Strategi Memahami 16 Tenses Bahasa Inggris Paling Mudah!

Mr

Dikutip dari Dictionary, Mr adalah singkatan dari Mister. Kata sapaan ini digunakan untuk menyapa laki-laki dengan lebih sopan.

Di masa lampau, sekitar tahun 1500, Mr adalah singkatan dari Master, yakni sapaan yang digunakan untuk menyebut pria dari kalangan atas.

Pada abad ke-18, makna Mister dan Master dibedakan. Kata mister lalu lebih umum digunakan untuk menyebut nama laki-laki pada umumnya, baik sudah maupun belum menikah.

mrs adalah

Ilustrasi seorang wanita, yang bisa disebut dengan Mrs adalah, sedang mengendarai mobil (DOK.PIXABAY/JillWellington)

Mrs

Mrs adalah singkatan dari Missus, atau sering juga dibaca Missis. Sapaan ini digunakan untuk menyebut wanita yang sudah menikah maupun menjanda.

Cukup lazim untuk menyebut Mrs dan diikuti dengan nama keluarganya. Dalam percakapan sehari-hari, umumnya orang menggunakan sapaan Mrs, kecuali jika si pemilik nama meminta untuk dipanggil menggunakan nama depan saja.

Dalam bahasa Inggris, nama keluarga disebut dengan surname atau last name. Ternyata setiap nama keluarga memiliki sejarah yang unik, lho.

Sama seperti Mr, sapaan Mrs memiliki makna yang berbeda pada tahun 1500-an. Pada saat itu, Mrs adalah singkatan dari Mistress, yakni wanita dari kalangan atas atau kepala rumah tangga.

Seiring berjalannya waktu, pengertian Missus dan Mistress dibedakan, demikian juga penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Surname adalah: Arti, Jenis, dan Contoh Nama yang Populer.

Ms

Ms adalah kata sapaan untuk wanita tanpa merujuk pada status pernikahannya. Ms bisa dibaca dengan Mis.

Artinya, Ms dapat digunakan baik untuk wanita yang sudah maupun belum menikah. Kata sapaan ini setara dengan Mister.

Sapaan Ms muncul pada tahun 1950-an dan semakin populer seiring gerakan wanita yang terjadi pada tahun 1970-an.

Hampir mirip dengan artinya miss, arti ms adalah sebutan untuk merujuk pada wanita yang status pernikahannya tidak diketahui.

miss arti

Ilustrasi mengenal sosok miss arti untuk menyebutkan seorang wanita yang belum menikah (DOK.PIXABAY/822640)

Miss

Miss arti untuk merujuk pada seorang wanita yang belum menikah atau masih gadis. Kata ini juga dapat digunakan untuk memanggil perempuan yang tidak kita ketahui status pernikahannya, misalnya kepada perempuan yang baru dikenal.

Artinya miss bisa digunakan sebagai cara sopan untuk memanggil seorang wanita tanpa memberikan informasi terkait status pernikahannya.

Contoh Kalimat Penggunaan Mr Ms Miss Mrs

Penggunaan kata gelar seperti Mr Ms Miss Mrs adalah suatu aspek penting dalam tata bahasa dan etiket berbahasa Inggris

Simak contoh kalimat dari Mr Ms Miss Mrs berikut ini,

  • Mr Bentham did not talk much.
  • Mr Stuart did not finish his task on this occasion, on account of indisposition and other causes.
  • Clara couldn’t be expected to know she hated being called Ms.
  • Ms Miller kissed it goodbye when she lopped off her tresses and swopped her tiered skirts for minis and drainpipe jeans.
  • Finally Miss Clara gathered her papers.
  • Miss Clara chuckled like a mother hen.
  • Mrs Taylor had died early in 1651.
  • When at Falta he had married Mrs Buchanan, the widow of an officer.

Kursus Vocabulary Building, Cepat Mahir!

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang menjadi kebutuhan pokok sehari-hari di masa kini. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti Kursus Vocabulary Building di Lister.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.