Perbedaan A, An, dan The serta Cara Penggunaannya

perbedaan a, an, those

Articles dalam bahasa Inggris terdiri dari dua, yakni the dan a/an. Article dapat disebut sebagai kata sifat yang mengubah kata beda.

The dan a/an disebut sebagai articles determiner. Definisi determiner sendiri adalah kata sandang yang ditempatkan sebelum kata benda, fungsinya untuk memperjelas kata benda tersebut.

Apa perbedaan di antara a/an dan the? Simak penjelasan berikut.

Perbedaan A/An dan The

The digunakan untuk merujuk kepada kata benda tertentu secara spesifik. Sementara itu a/an digunakan untuk merujuk kepada kata benda yang tidak spesifik.

The disebut sebagai definite article, sedangkan a/an disebut sebagai indefinite article.

Contoh Penggunaan The

Contoh kalimat, yaitu “Let’s read the book.” Kalimat ini merujuk kepada buku tertentu. Sementara kalimat “Let’s read a book,” merujuk pada buku apa saja, bukan buku tertentu.

Penjelasan lainnya yaitu kata the digunakan untuk merujuk ke bagian tertentu dari sebuah kelompok. Contohnya, “I just saw the most popular movie of the year.”

Ada banyak film, tapi hanya satu yang secara spesifik disebut sebagai film paling populer. Maka dari itu, digunakan kata the.

Contoh Penggunaan A/An

Seperti dijelaskan sebelumnya, a/an digunakan untuk merujuk bagian yang tidak spesifik dari suatu kelompok. Contohnya, “I would like to go see a movie.”

Di sini si pembicara tidak membicarakan film tertentu secara spesifik. Ia hanya mengatakan bahwa di antara sekian banyak film, ia ingin menonton salah satunya.

A dan An

Penggunaan a/an bergantung pada huruf vokal atau konsonan dari kata berikutnya yang mengikuti. Perhatikan penjelasan berikut.

a. a + kata benda tunggal yang diawali konsonan. Contohnya a boy, a bike, a car, a dog.

b. an + kata benda tunggal yang diawali vokal. Contohnya an elephant, an egg, an apple.

c. a + kata benda tunggal yang diawali dengan bunyi konsonan. Contohnya a user (dilafalkan yoo-zer), a university (dilafalkan yoo-ne-ver-se-de)

d. an + kata benda yang diawali huruf ‘h’ yang tidak dibunyikan. Contohnya an hour.

e. a + kata benda yang diawali huruf ‘h’ yang dibunyikan. Contohnya a horse.

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kelas Bahasa Inggris di Solo, Bebas Atur Jadwal

Belajar bahasa Inggris online untuk anak 3-6 tahun dan remaja 10-14 tahun, bisa diikuti. Lembaga kelas bahasa Inggris di Solo, Lister bisa kamu jadikan pilihan utama dalam mengembangkan bahasa si buah hati.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 30% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.