Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Jangan Bimbang! Begini Cara Menulis Assalamualaikum yang Benar

bahasa Arab

Apakah kamu sedang belajar bahasa Arab? Memahami cara penulisan ucapan Islam dengan benar sangat penting untuk diketahui jika kamu sedang berada di level basic.

Assalamualaikum adalah ucapan yang biasa digunakan sebagai sarana menyapa orang-orang muslim di seluruh dunia. Ucapan ini biasanya menjadi kalimat pembuka dalam memulai percakapan atau surat dan undangan.

Fungsinya selain sebagai tanda atau identitas orang muslim, ucapan assalamualaikum juga sebagai sikap saling menghormati sekaligus untuk mendoakan antara saudara Muslim. Mengucapkan salam adalah salah satu tabiat orang-orang yang bertakwa.

Definisi Salam dan Assalamualaikum

Assalamu alaikum dalam tulisan Arab: “السلام لیكم” . Bentuk panjang Assalamu alaikum dalam bahasa latin adalah “Assalamu alaikum wa rahmatullah” ditulis seperti ini: “السلام ليكم ورحمة الله” yang berarti “Damai dan rahmat Allah atasmu“.

Ucapan Assalamualaikum yang Benar

Jika kamu masih bingung bagaimana cara mengucapkan Assalamualaikum yang benar, kamu bisa menyimak jenis-jenis ucapan salam Islam yang terdapat dalam buku Kitab Al Adzkar yaitu:

  1. Assalamu’alaikum berarti semoga keselamatan terlimpah untukmu.
  2. Assalamu’alaikum Warahmatullah berarti semoga Allah melimpahkan keselamatan dan rahmat-Nya untukmu dan semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah untukmu.
  3. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh berarti semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu atau semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah padamu.

Tulisan Assalamualaikum yang Benar

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Dalam bahasa Indonesia, penulisan kata assalamualaikum adalah Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam Islam ini bermakna “Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya terlimpah untukmu” ataupun “semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat, dan keberkahan untukmu.”