5 Jenis Summary dalam Dunia Bisnis, Lengkap

summary bisnis

Lister for Company – Menulis summary terkadang menjadi tugas yang cukup membingungkan jika belum terbiasa. Ada detail yang harus diperhatikan seperti proporsi dan kualitas penulisannya. Narasi yang terlalu pendek dikhawatirkan mengurangi informasi dan nilai profesionalitas seseorang.

Sebaliknya, narasi yang terlalu panjang bisa membuat pembaca lelah. Oleh karena itu, sebelum menulis sebuah summary yang baik dan sesuai, ada baiknya kamu membaca jenis-jenis summary di bawah ini dulu supaya mendapat gambaran!

Macam-Macam Summary

Executive Summary

Jenis summary ini berisi ringkasan singkat terkait rencana bisnis yang ingin diutarakan kepada orang lain, seperti investor. Informasi yang ada di dalamnya berisi deskripsi bisnis, mulai dari produk yang diproduksi, anggaran keuangan, target pasar, dan lain sebagainya.

Broker Summary

Broker summary adalah ringkasan dari nilai jual beli dalam jangka waktu tertentu yang berbasis kode broker.

Job Summary

Job description atau uraian tugas adalah suatu pernyataan tertulis berisi tujuan dari dibentuknya suatu jabatan atau tugas. Uraian ini berisi gambaran apa yang harus dilakukan oleh pemegang jabatan, bagaimana suatu pekerjaan dilakukan, alasan mengapa pekerjaan tersebut dilakukan, serta hubungan antarposisi tertentu di dalam maupun luar organisasi demi mencapai suatu tujuan bersama. Apabila job description telah tersusun dengan baik, maka job specification atau spesifikasi jabatan akan mulai dikembangkan.

Account List Summary

Account list sumary berisi ringkasan kegiatan di perusahaan agar tidak membuat akuntan merasa kebingungan dengan perusahaan. Selain itu, account list juga berguna untuk memasukkan saldo awal akun, proses pembuatan jurnal transaksi, serta laporan lainnya.

Professional Summary

Professional summary adalah pernyataan profesional di bagian atas resume. Bagian ini menggambarkan pengalaman, keterampilan, dan prestasi kandidat yang relevan. Tujuan ringkasan karier ini adalah untuk menjelaskan kualifikasi untuk pekerjaan tersebut dalam 3-5 kalimat dan meyakinkan manajer untuk membaca seluruh dokumen resume.

summary, Lister

Contoh Summary

Professional summary dalam bahasa Inggris.

Receptionist with over 5 years’ experience working in both the public and private sectors. Diplomatic, personable, and adept at managing sensitive situations. Highly organized, self-motivated, and proficient with computers. Looking to boost students’ satisfactions scores for ABC University. Bachelor’s degree in communications.

Professional summary dalam bahasa Indonesia.

Insinyur Sipil dan PE yang berorientasi pada detail dengan pengalaman 5 tahun dan semangat untuk memecahkan masalah yang kompleks. Mencari untuk menggunakan manajemen proyek dan keterampilan desain yang telah terbukti untuk meningkatkan metrik kualitas, biaya, dan waktu untuk Teknik NEP.

Executive summary

  • Project proposals (proposal projek)
  • Research documents (dokumen riset)
  • Environmental studies (projek lingkungan)
  • Market surveys (survei pasar)
  • Project plans (rencana projek)
  • Business plan (rencana bisnis)
Contoh executive summary di Lister

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.