Kupas Tuntas Tari Balet, Asal-Usul sampai Gerakannya

tari balet

Apakah kamu memiliki hobi menari? Pernah mencoba tarian balet? Jika sudah, seperti apa rasanya menari balet?

Jika dilihat di atas panggung, para balerina yang cantik, lincah, dan memiliki kaki ramping tentu kadang membuat para wanita menjadi iri. Apa sih rahasianya sehingga para balerina tampak anggun di atas panggung? Jawabannya tentu karena para balerina tersebut memang ditempa dengan berbagai latihan yang efektif untuk memperkuat kaki, sebagai modal untuk menopang tubuh dengan baik.

Apa Pengertian Tari Balet?

Balet adalah sebuah seni tari istimewa yang berasal dari Italia dan berkembang di Prancis. Tarian ini ditampilkan dengan cara khusus di atas panggung sehingga berbeda dengan tarian pada umumnya. Balet memiliki langkah, gerakan, musik, kostum, tata rias, serta set panggung tertentu untuk bercerita atau menampilkan sebuah kisah.

Ada tiga kombinasi jenis tarian balet yang perlu kamu tahu.

  • Solo (menari sendiri) yaitu jenis tarian balet yang ditarikan oleh seorang balerina profesional yang sudah memiliki teknik yang sempurna serta mampu menampilkan gerakan mimik wajah dan juga bahasa tubuh lainya yang menunjang untuk menyampaikan sebuah cerita.
Tari balet solo
  • Pase de deux (menari berdua atau duet) yaitu jenis tarian balet yang ditarikan oleh sepasang penari balet yang terdiri dari seorang balerina (penari balet wanita) dan seorang penari ballet danseur (penari balet pria).
Asal muasal tari balet
  • Corps de ballet (menari dengan jumlah penari yang banyak atau tarian bersama) yaitu jenis tarian balet yang ditarikan secara bersama-sama, baik dalam penampilan sepenggal tarian maupun dalam penampilan sebuah kisah cerita.
249528417

Asal-Usul Tari Balet

Seni tari balet tentu berkembang dari abad ke abad dengan perkembangan ciri khas masing-masing. Perkembangan tari balet tersebut dipengaruhi oleh budaya, perkembangan dan juga sistem pemerintahan yang berlaku pada masa itu.

Awal Abad ke-19

Pada masa ini tarian balet mulai muncul di Eropa. Tarian balet mulai ditampilkan secara berpasangan dalam sebuah opera sebagai adaptasi dari karya sastra. Persentuhan karya sastra ke dalam sendra tari dan opera mewarnai perkembangan kebudayaan Eropa pada masa ini.

Karya yang berkembang pada masal awal abd ke-19 di antaranya adalah La Sylphide, Giselle, Napoli, dan A Folk Tale.

Periode Akhir Abad ke-19

Pada masa ini musik klasik turut meramaikan perkembangan tari balet di Eropa. Seni tari balet mulai dipakai sebagai kombinasi antara adaptasi karya sastra, perpaduan budaya, serta penampilan alunan musik klasik yang mengiringinya. Salah satu mahakarya terbesar adalah tarian Swan Lake yang hampir dipentaskan di seluruh penjuru dunia. Selain itu ada pula Don Quixote, Coppelia, La Bayadere, The Sleeping Beauty, The Nutcracker, Swan Lake, Raymonda, dan masih banyak lagi.

Awal Abad ke-20

Pada abad ini, balet sangat berkembang pesat di Rusia. Namun sedikit terjadi pergeseran terhadap teknik tariannya. Penggabungan antara seni tari balet dan perpaduan budaya setempat membuat balet ditarikan dengan lebih ekspresif.

Kostum, sepatu, dan aksesoris juga mulai digunakan secara bebas tanpa adanya aturan yang berlaku. Pada masa ini banyak terjadi kolaborasi antara tarian balet dengan tarian kontemporer lainnya.

Adapun karya tari balet yang berkembang di awal abad ke-20 adalah The Fire Bird, Le Spectre de la Rose, Apolllo, The Prodigal Son, The Green Table, dan masih banyak lagi.

Akhir Abad ke-20

Pada akhir abad ke-20 hingga sekarang balet mulai ditarikan senada dengan inspirasi dari sang pencipta. Koreografer tari mulai banyak bermunculan untuk menampilkan kisah cerita yang dapat ditarikan dalam balet. Contoh karyanya adalah Cinderella, Pineapple Poll, La Fille mal Gardee, Manon, Romeo and Juliet, dan masih banyak lagi.

Gerakan Tari Balet

Berikut ini beberapa gerakan tari dasar pada balet.

  • Forward Leg Lift
  • Reverse Leg Lift
  • Ballet First Position
  • Ballet Second Position
  • Hamstring Pers
  • Runner’s Lunge

Latihan Tari Balet

Barre Work

Teknik latihan pada bar ini digunakan untuk melatih gerakan teknik-teknik dasar, sebagai pemanasan, dan juga latihan untuk mengatur keseimbangan.

Center Work

Teknik latihan pada center work ini hampir sama dengan teknik latihan pada bar. Gerakan dasar yang dipelajari juga sama dengan gerakan yang ada pada barre work, tetapi bedanya adalah sudah tidak memakai bantuan bar.

Jumps and traveling steps

Latihan pada tahap ini dilakukan dengan lebih ekspresif. Keseimbangan dan perpaduan antara gerakan-gerakan dasar balet mulai dipadukan menjadi suatu susunan penggalan tarian.