Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Materi Public Speaking yang Penting Dikuasai, Pelajari Yuk!

Apakah kamu termasuk orang yang takut melakukan public speaking? Mengapa begitu ya?

Sebuah survey dilakukan oleh The People’s Almanac Book of List pada 3000 orang di Amerika mengenai ketakutan terbesar mereka.

Hasilnya, 630 orang atau sekitar 21% menyatakan bahwa public speaking adalah hal yang paling menakutkan dalam hidup mereka. Public speaking menempati urutan pertama, mengalahkan ketinggian, serangga, hama, bangkrut, dan kematian.

Baca juga: Kiat Berpidato Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui!

Lalu, apa sebenarnya makna public speaking?

Istilah Bahasa Indonesia yang paling sering digunakan untuk mengartikan public speaking adalah “berbicara di depan umum” atau “berbicara di depan publik”. Bahkan ada yang menyebutnya “pidato”. Untuk mengenalnya lebih dalam, simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Public Speaking

Kamus Merriam-Webster mengartikan public speaking sebagai “the act or skill of speaking to a usually large group of people” artinya Public speaking adalah aksi atau keterampilan berbicara kepada sekelompok besar orang.

Public Speaking merupakan sebuah rumpun keluarga Ilmu Komunikasi (Retorika). Retorika adalah seni berkomunikasi secara lisan yang dilakukan oleh seseorang kepada sejumlah orang secara langsung bertatap muka. Contohnya: pidato, moderator, MC (Master of Ceremony) dan presentasi.

Mengapa Public Speaking Penting?

Public speaking penting untuk dipelajari dan dikuasai karena memungkinkan kamu untuk membentuk koneksi, mempengaruhi keputusan, dan memotivasi perubahan.

Tanpa keterampilan komunikasi, kemampuan untuk maju di dunia kerja dan dalam kehidupan itu sendiri, hampir tidak mungkin. Public speaking adalah salah satu bentuk komunikasi yang paling penting dan paling ditakuti. Nah, jadi masih ragu belajar public speaking?

Cara Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Salah satu miskonsepsi dalam public speaking adalah adanya keyakinan bahwa “I can only learn public speaking through practice“, padahal argumen semacam ini belum tentu benar lho. Kenyataannya, jika saat ini kamu sedang belajar memainkan gitar, kamu tidak akan menguasai hanya dengan banyak latihan, bukan? Kebanyakan orang akan mengambil kelas-kelas musik untuk mengembangkan kemampuannya.

Seperti halnya melatih kemampuan public speaking tidak hanya dengan banyak latihan. Namun, kamu membutuhkan mentor atau ahli yang mau membimbing dari pemula sampai mahir.

Contoh Materi Public Speaking Untuk Pemula

Setelah memahami pengertian, urgeni dan cara meningkatkan kemampuan public speaking, berikut ini contoh materi public speaking yang mesti dipelajari pemula.

  • Impromtu/Ad Libitum

Adalah metode ini sering disebut metode spontanitas, yakni tidak dilakukan persiapan/pembuatan naskah tertulis terlebih dahulu. Biasanya dilakukan hanya oleh orang yang akan tampil mendadak. Dalam dunia siaran, Ad Libitum artinya berbicara tanpa naskah (script).

  • Reading Complete Text

Metode ini yakni penyampaian pidato dengan cara membaca naskah yang sudah disiapkan. Metode ini biasanya dilakukan oleh pejabat negara atau mereka yang memberi sambutan di acara resmi/formal. Metode ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan, karena setiap kata yang diucapkan dalam acara resmi/formal akan dijadikan figur oleh masyarakat luas dan dikutip oleh media massa.

  • Memorizing

Pada saat pembicara hendak menyampaikan pidatonya, dia tidak lagi menggunakan naskah karena semua yang tertera dalam naskah tersebut sudah dihapalkan. Ketika tampil pembicara mengingat kembali semua yang sudah dihapalkan.

  • Using Note

Metode ini merupakan metode terbaik. Metode ini metode yang sangat dianjurkan dalam berpidato karena naskah pidato hanya berupa outline (garis besar) dan pokok penunjang. Garis besar inilah yang akan menjadi pedoman untuk mengatur gagasan yang ada dalam pikiran. Jadi metode ini disebut metode penjabaran kerangka yakni teknik berpidato dengan menjabarkan materi pidato yang terpola secara lengkap.

Belajar Public Speaking Secara Online

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk menguasai public speaking tak hanya latihan yang diperbanyak saja. Namun, kamu juga perlu menemukan guru atau mentor yang tepat dan berpengalaman. Salah satunya, kamu bisa gabung di Program English for Public Speaking di Lister.

Program ini menekankan keterampilan praktis berbicara di depan umum, termasuk teknik untuk mengurangi kecemasan pembicara, dan penggunaan alat bantu visual untuk meningkatkan presentasi pembicara. Kesopanan dan pembuatan pidato yang etis adalah dasar dari kursus ini. Yuk daftar sekarang!