Apa Mata Uang Spanyol? Ini Sejarahnya dari Peseta hingga Euro

mata uang spanyol
Peseta (ESP) adalah mata uang yang digunakan di Spanyol sebelum menggunakan Euro. Peseta hanya digunakan pada tahun 1869 hingga 2002.

Kursus Bahasa Spanyol – Seperti yang umum diketahui, saat ini Spanyol menggunakan mata uang Euro dengan kode internasional EUR. Namun sebelum Euro diresmikan, Spanyol memiliki mata uang bernama Peseta.

Mata Uang Spanyol, Peseta

Mata uang Peseta digunakan di Spanyol pada tahun 1869 hingga 2002. Peseta berasal dari kata dalam bahasa Catalan peça yang memiliki arti pecahan.

Tidak seperti Euro yang memiliki simbol €, Peseta tidak pernah memiliki simbol khusus, melainkan hanya disingkat berupa Ptas, Pta, Pt atau Pts dengan kode internasional ESP.

Peseta dibagi menjadi pecahan 100 Centimos. Sementara itu pecahan koin 25 Centimos disebut dengan Reale

Dari Peseta ke Euro

Sejak beredarnya Euro, Peseta tidak lagi digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Euro adalah mata uang yang digunakan negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa, yang meliputi 27 negara termasuk Spanyol.

Euro pertama kali diresmikan pada 1 Januari 1999 dalam pertemuan Maastricht Treaty. Dilansir dari Investopedia, Maastricht Treaty adalah pertemuan 12 negara Uni Eropa (Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Irlandia, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Portugal, Yunani, dan Luksemburg) yang menetapkan perjanjian terkait ekonomi, sosial, dan pembangunan.

Salah satu poin yang ditandatangani adalah penetapan mata uang Euro. Kamu bisa mengetahui sejarah mata uang Eropa lebih lengkap dalam artikel Mata Uang Eropa: Sejarah, Fakta Unik, dan Negara Pengguna.

Fakta Unik Peseta

Meskipun sudah tidak lagi digunakan, berikut beberapa fakta tentang Peseta yang perlu kamu tahu.

Nama Julukan

Pada tahun 1986, Peseta dicetak dengan nominal 1, 2, 5, 10, 20, dan 50 dalam bentuk Centimos, serta 1 dan 2 dalam bentuk Peseta. Untuk koin 1, 2, 5 dan 10 dicetak dengan tembaga (sebelum menggunakan perunggu). Sementara itu pecahan 20 dan 50 Centimos serta 1 dan 2 Peseta dicetak menggunakan kandungan perak.

Koin 5 Centimos dan 10 Centimos dijuluki anjing kecil (perra chica) dan anjing gemuk (perra gorda) karena gambar singa dalam koin tersebut lebih menyerupai anjing daripada singa.

Nilai Tukar

Dilansir dari Currency History, setelah Spanyol bergabung dengan Persatuan Moneter Latin pada tahun 1868, Peseta diperkenalkan satu tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1869.

Pada tanggal 26 Juni 1864, Hukum Spanyol memutuskan bahwa untuk bergabung dalam Persatuan Moneter Latin, Peseta menjadi subdivisi dari Peso, yakni mata uang yang digunakan beberapa negara Amerika Latin dan Filipina. Nilai tukar yang ditetapkan adalah 1 peso duro sama dengan 5 peseta.

Peseta adalah pengganti Escudo, yang sebelumnya digunakan sebagai mata uang Spanyol. Dengan begitu, nilai tukar yang ditetapkan adalah 5 peseta sama dengan 1 peso duro atau 2 escudo.

Namun setelah Perang Dunia I, Persatuan Moneter Latin dibubarkan dan Spanyol bergabung dengan Sistem Bretton Woods, yakni kesepakatan bersama terkait kebijakan moneter setelah perang pada tahun 1944 di Hampshire, Amerika Serikat.

Sistem Bretton Woods menetapkan Peseta dengan nilai 60 peseta sama dengan 1 dolar AS. Pada tahun 1967, Peseta mengikuti devaluasi Poundsterling Inggris. Dengan begitu, nilai tukar 168 peseta setara dengan 1 pound dan nilai baru 70 peseta sama dengan 1 dolar AS.

Ikut Kursus Bahasa Spanyol, Kenali Sejarahnya Lebih Dalam!

Jika ingin mahir berbahasa asing, maka yang perlu dilakukan adalah latihan dan belajar rutin dengan tutor terbaik. Persiapkan dirimu dengan mengikuti Kursus Bahasa Spanyol di Lister.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Hanifi Puspasari
Hanifi Puspasari
An English Literature student who loves writing, food, and travel.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts