Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kenali Academic English Writing: Pengertian dan Tujuan

academic english writing

Sedang menempuh pendidikan di universitas internasional? Kemampuan menulis ilmiah akan membantu kamu dalam studi. Kamu bisa mengikuti Kursus Academic Writing agar menguasai keterampilan tersebut dengan baik.

Menulis artikel atau jurnal ilmiah memerlukan keahlian. Pasalnya bahasa yang digunakan berbeda dengan bahasa sehari-hari.

Terlebih jika menulis artikel ilmiah dalam bahasa Inggris. Diperlukan kemampuan berbahasa Inggris yang memadai agar dapat menulis dengan fasih.

Di sinilah keterampilan Academic Writing dibutuhkan. Simak penjelasannya.

Apa itu Academic Writing?

Academic Writing adalah proses penulisan karya nonfiksi sebagai bagian dari kegiatan akademik. Termasuk menulis laporan, riset, proposal, arsip, dan lain-lain.

Gaya dan struktur Academic Writing bisa bervariasi tergantung metode publikasinya. Walaupun begitu, hampir semua bentuk Academic Writing bersifat formal, mencantumkan referensi dari karya ilmiah lainnya, menggunakan teori tertentu, serta bertujuan memberi kontribusi bagi ilmu pengetahuan.

Ciri-Ciri Academic Writing

Academic Writing harusnya jelas, ringkas, terfokus, terstruktur, dan mencantumkan bukti. Academic Writing harus mampu mencapai pemahaman pembaca.

Walaupun bergaya formal, penulisan Academic Writing tidak harus kompleks. Tidak perlu menggunakan kalimat yang terlalu panjang atau kosakata yang terlalu rumit.

Setiap disiplin ilmu memiliki ketentuan penulisan tersendiri. Mulai dari kosakata sampai bentuk penulisan yang akan dipelajari selama masa studi.

Berikut ciri-ciri umum Academic Writing.

Terencana dan fokus

Tulisan mampu menjawab pertanyaan dan menunjukkan pemahaman terhadap subjek yang dibahas.

Terstruktur

Koheren, runtut, dan menyertakan poin-poin penting.

Mencantumkan bukti

Menunjukkan pengetahuan terkait subjek yang dibahas, didukung argumen dan bukti dengan sumber yang kredibel.

Formal

Menggunakan bahasa yang formal dengan tata bahasa yang baik.

Tujuan Academic Writing

Mengapa Academic Writing membutuhkan keterampilan khusus?

Tujuan utama penulisan akademis adalah menyajikan gagasan atau hasil riset kepada pembaca. Di sini penulis juga akan berusaha meyakinkan pembaca bahwa penemuannya akurat dan teorinya benar.

Di dalam tulisan penulis harus menjelaskan objek, peristiwa, atau kegiatan tertentu dengan penuturan yang baik.

Tidak jarang penulis harus menyertakan informasi pendukung seperti contoh, ilustrasi, statistik, atau kutipan untuk mencapai tujuan penulisan.

Keunggulan Academic Writing Course di Lister

Lister adalah penyedia kursus Academic Writing di Indonesia.

Dalam program ini siswa akan dibimbing menulis ilmiah secara sistematis dan efektif dalam bahasa Inggris. Siswa akan belajar struktur esai, menulis paragraf, mempelajari gaya penulisan, nada, parafrase, dan tanda baca.

Siswa akan mampu menulis esai dan karya tulis lainnya yang banyak dilakukan dalam studi.

Kursus ini ditujukan untuk mahasiswa, siswa dewasa, hingga kalangan profesional. Sebelum mengikuti kursus, diharapkan siswa sudah memiliki kemampuan bahasa Inggris Intermediate B1.

Siswa dapat memilih jenis kelas privat, semi privat berdua, dan semi privat (3-5 orang). Jumlah pertemuan yang tersedia mulai dari 2 sampai 80 pertemuan.

Untuk siswa yang mengambil program Ultimate akan mendapatkan bonus program Bimbingan Beasiswa atau Job Interview.