Kata Pengantar: Pengertian, Struktur, Contohnya (Lebih Lengkap)

Dalam menyusun sebuah karya tulis, di bagian pembukaan sebelum bab pertama, biasanya terdapat sebuah kata pengantar yang ditulis oleh penulis ditujukan kepada pembaca. Dalam menyusun sebuah kata pengantar, kita harus memahami struktur dari teks tersebut. Agar tujuan dari kata pengantar tersebut dapat diterima pembaca dengan baik.

kata pengantar

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar adalah pendahuluan yang salah satu bagian awal (introduction) dari sebuah artikel ilmiah. Secara umum, dalam kata pengantar ini, penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah membantunya dalam terwujudnya karya ini. Selain itu, penulis juga sering mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan tulisan selanjutnya.

Struktur Kata Pengantar

Bagian Pembuka : Berisi ucapan syukur dan terima kasih dari penulis.

Bagian Isi : Gambaran umum dalam karya tulisan.

Bagian Penutup : Permohonan maaf jika karya tulisan masih terdapat kesalahan yang tidak sesuai dengan pembaca. Selain itu, juga berisi permintaan kritik dan saran yang membangun, penulisan waktu dan tempat penyusunan, dan nama penyusun.

Contoh Kata Pengantar Bahasa Inggris

ACKNOWLEDGEMENTS

Alhamdulillah, I was blessed with so much encouragement from so many people but among those, some deserve special mention. Before that, I would like to express my deepest gratitude to the Almighty God, Allah SWT for creating an unpredictable life scenario to me.

Peace and blessing go to the messenger of Allah, the prophet Muhammad SAW. My final project would not be possible to be completed without the guidance of  my advisor, Mr. Widhiyanto, S. Pd., M. Pd., Ph. D who has given valuable supervision, advice, and support from the very early stage of this research.

The second is my mother, Mudrikah, whose love and support wholeheartedly. I also wish to thank to all of my family for all of the endless prayers, supports, and love for me. I have also received precious encouragement from my valued friends especially my classmates, my PPL friends, and my KKN mates. The last but not least, special thanks for Lister which allow me to join with them even though I haven’t a degree. My endless love goes to you all.

Yogyakarta, Oktober 2020

Fadma Aisya

Contoh Kata Pengantar Bahasa Indonesia

KATA PENGANTAR

Rasa syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah memberikan rahmat-Nya sehingga kami mampu menyelesaikan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) serta menyusun laporan dengan baik.

Penyusunan Laporan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, sehingga dalam kesempatan kali ini, kami juga bermaksud untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada:

1. Drs. Hamdan Madani selaku kepala sekolah SMK Negeri III Banyuwangi.
2. Pokja Prakerin serta Tim Penjajakan tang telha melaksanakan tugasnya dengan baik, menyiapkan administrasi, tempat serta memberikan pembekalan kepada peserta prakerin.
3. Drs. Andy Wijaya selaku guru pembimbing peserta prakerin.
4. Berbagai pihak yang telah membantu yang tidak bisa penulis sebutkan semuanya.

Meskipun kami berhasil menyelesaikan laporan Prakerin ini dengan baik, kami menyadari akan adanya kekurangan serta kekeliruan di dalam laporan ini, sehingga kami akan sangat terbuka dengan kritik, saran serta masukan dari berbagai pihak. Akhir kata, kami juga berharap agar laporan Prakerin ini bisa bermanfaat sebagaimana mestinya.

academic writing
academic writing

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.