Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kata Keterangan Too / Enough + Infinitive, Apa Bedanya?

Too dan enough adalah adverbs yang digunakan untuk menjelaskan bentuk infinitive dalam kalimat. Arti dan cara penggunaan too dan enough berbeda, tergantung maksud yang ingin disampaikan.

Too dan Enough

Kata too dan enough adalah adverbs (kata keterangan) yang menjelaskan kata kerja. Dalam hal ini kata kerja yang dijelaskan adalah bentuk infinitive.

Kata too dan enough menjelaskan kondisi yang dibutuhkan agar suatu hal dapat dilakukan. Kondisi tersebut dijelaskan dengan adjective (kata sifat).

Bentuk infinitive menggunakan preposisi to sebelum kata kerja. Infinitive berarti to do something (melakukan sesuatu). Kata something merujuk pada action (verb) serta event (noun). Proposisi to mengindikasikan bahwa tindakan tersebut dapat dilakukan.

Too

Kata too menegaskan bahwa suatu hal tidak dapat dilakukan karena tidak memenuhi syarat yang diminta, baik syarat tersebut kurang (inadequate) atau berlebihan (excessive). Kata ini diikuti bentuk infinitive.

Berikut rumusnya.

too + adjective + infinitive

  • My sister is too young to drive. (She is not allowed to drive.)
  • The exam is too difficult for me to pass. (I cannot pass it.)
  • You are too clumsy to handle this task. (You may not be able to handle it.)

Walaupun kalimat too + infinitive berbentuk afirmatif (positif), sebenarnya mengandung maksud negatif. Sebagai contoh dalam kalimat I am too tired to stay awake, menunjukkan si pembicara tidak mampu terjaga lebih lama lagi.

Kalimat ini dapat berubah menjadi positif jika ditambahkan kata negatif. Sebagai contoh kalimat I am too excited to not miss the show, menegaskan si pembicara akan menyaksikan acara tersebut.

Enough

Kata enough menunjukkan bahwa suatu hal dapat dilakukan karena sudah memenuhi syarat (adequate) yang diminta. Kata ini diikuti bentuk infinitive, terkadang ditambahkan for noun/pronoun.

Berikut rumusnya.

adjective + enough + infinitive

atau

enough + noun + infinitive

  • My sister is old enough to drive. (She is allowed to drive.)
  • The exam is easy enough for me to pass. (I can pass it.)
  • You are capable enough to handle this task. (You may handle this task.)

Kata enough juga dapat digunakan dalam bentuk negatif. Artinya, syarat untuk memenuhi tindakan tidak terpenuhi.

Berikut rumusnya.

not + adjective + enough + infinitive

  • My sister is not old enough to drive.
  • The exam is not easy enough for me to pass.
  • You are not capable enough to handle this task.

Tips Belajar Grammar: Ikuti Kursus di Lister!

Grammar bahasa Inggris memiliki banyak aspek yang harus dipahami. Agar mempelajarinya semakin mudah, kamu dapat mengikuti Kursus Grammar English di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan bersertifikat. Kamu juga dapat memilih jumlah kelas sendiri. Daftar sekarang!