Jika Ingin Kuliah di US, 5 Hal Penting Wajib Kamu Persiapkan

lister.co.id – Kuliah di US bisa menjadi kesempatan besar dalam kehidupan kamu. Jika sebuah kesempatan ini datang menghampiri, jangan pernah untuk menyia-nyiakannya. Ada banyak orang yang mungkin merasa pesimis dan takut untuk kuliah ke negeri Paman Sam ini. Namun, hal ini tidak perlu menjadi sebuah hambatan karena ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan ketika mengambil pendidikan di Amerika Serikat.

Baca juga: DAFTAR KURSUS BAHASA ASING SECARA ONLINE

Langkah-langkah Kuliah di US

Dilansir dari kumparan.com, Ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan ketika kamu akan mendaftar kuliah di Amerika, diantaranya seperti ini:

Tentukan Tujuan

Hal penting yang perlu ditentukan adalah tujuan universitas. Carilah perguruan tinggi yang tepat bukan hanya dari segi ranking tapi kamu suka seperti lokasi lingkungan, pengajaran dan prospek karir setelah lulus dari universitas tersebut. Perlu diingat, ranking universitas yang tinggi tidak menjamin seseorang sukses di masa depan.

Ikuti Tes Bahasa Inggris

Langkah berikutnya ketika akan mengambil kuliah di Amerika Serikat adalah mengambil tes English atau lainnya. Semua universitas di Amerika mewajibkan calon mahasiswa untuk mengambil IELTS/TOEFL dan sebagian besar juga mensyaratkan untuk ambil SAT bagi studi S1 serta GMAT/GRE untuk studi S2.

Skor yang diminta akan tergantung dari masing-masing universitas. Oleh karena itu, penting persiapan dari awal agar bisa mencapai skor yang dibutuhkan.

Pendaftaran

Setelah semua persyaratan dilengkapi, proses selanjutnya adalah pendaftaran. Beragamnya metode pendaftaran kadang membuat kita pusing untuk melengkapi informasi yang akurat dan unggul untuk bisa diterima di universitas yang dituju. Dengan memakai layanan konsultan pendidikan akan mengurangi beban keribetan Anda dalam proses pendaftaran.

Persiapkan anggaran

Tidak perlu dipungkiri lagi, anggaran memang merupakan hal penting dan harus dipersiapkan ketika akan kuliah di luar negeri termasuk Amerika. Jika kamu menginginkan keringanan biaya, kamu bisa memilih universitas yang menyediakan beasiswa bagi pelajar internasional.

Persiapkan visa pelajar

Setelah memutuskan pilihan universitas tujuan, selanjutnya kamu dapat mempersiapkan visa pelajar sebelum berangkat ke Amerika. Permohonan visa bisa diajukan online dan interview di Kedutaan Amerika.

Baca juga: DAFTAR KELAS BAHASA INGGRIS ONLINE DI INDONESIA

Alasan Untuk Kuliah di Amerika Serikat

Ada banyak hal menarik yang membuat banyak siswa Indonesia ingin belajar di Amerika. Mari disimak kenapa memilih Amerika sebagai tujuan untuk studi.

1. Layanan Untuk Siswa Internasional

Sebagian besar universitas di Amerika sudah terbiasa untuk menerima pelajar internasional. Oleh karenanya, universitas menyediakan layanan tambahan baik di akademis maupun non akademis agar siswa dapat melakukan transisi dengan baik dan lancar di lingkungan belajar yang baru. Masa orientasi siswa baru disiapkan sedemikian rupa agar pelajar bisa mengenal lebih baik lingkungan belajar.

2. Dukungan Fasilitas yang Baik

Jangan pernah khawatir untuk mengambil kuliah di Amerika Serikat. Universitas memberikan fasilitas dukungan sangat baik untuk siswa-siswa internasionalnya seperti perpustakaan yang nyaman, fasilitas gym atau olahraga yang lengkap, lokakarya ke lokasi yang berkaitan dengan mata kuliah yang diambil dan lainnya. Semua hal ini bisa didapatkan gratis oleh pelajar internasional yang studi di Amerika. Selain itu, siswa-siswa juga bisa mengambil kelas bahasa selain dari Inggris agar menjadi tambahan ilmu ketika siswa sudah lulus kuliah.

3. Lingkungan Akademik Fleksibel

Mengambil pendidikan di Amerika memberikan kenyamanan kepada semua mahasiswa internasional karena metode pendidikan yang sangat fleksibel. Pelajar dibebaskan untuk mengambil mata kuliah apapun di 2 tahun pertama studi S1 lalu di tahun ke 3 dan 4 baru mengambil spesifikasi mau fokus di jurusan apa. Selain itu, siswa juga bisa mengambil mata kuliah tambahan di saat musim panas sehingga ada kesempatan untuk tamat kurang dari 4 tahun.

4. Universitas di USA Merupakan Benteng Keragaman Budaya

Seperti yang kamu tahu, mahasiswa yang belajar di Amerika Serikat berasal dari berbagai macam suku, bangsa, negara, bahkan benua. Oleh karena itu, kamu bisa mengenal berbagai macam budaya ketika mengenyam pendidikan disana, mengambil nilai positif dan mengubah cara berpikir serta pandangan yang lebih baik lagi.

5. Ada Beragam Tempat Wisata Menarik

Hal yang paling membuat banyak orang tertarik untuk kuliah pada USA adalah ada banyak tempat wisata. Sembari mengenyam pendidikan, kamu bisa melakukan traveling untuk mengenal berbagai macam kebudayaan di Amerika Serikat serta jangan lupa kamu akan bisa merasakan 4 musim ketika kuliah di sini.

Jika kesempatan datang pada kamu untuk kuliah di Amerika, jangan sia-siakan. Kamu ambil karena banyak sekali hal menarik bisa ditemukan disana dan tentunya akan menambah wawasan. Tidak perlu takut jika ada keterbatasan bahasa karena kamu bisa memulai persiapan dari sekarang. Tertarik untuk kuliah di Amerika Serikat? Persiapkan bersama tutor expert di Lister yuk! Daftar di sini.

Baca juga:

Share:

Fatimatuzuhroh
Fatimatuzuhroh
A passionate writer who loves reading self-help books!

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo Ramadan 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.