Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Institusi Penerima Skor TOEFL iBT, Mana Saja?

Kursus TOEFL –  Ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi di luar negeri? Ada syarat tes kecakapan bahasa Inggris yang mesti dipenuhi yaitu TOEFL iBT. Apa itu TOEFL iBT dan mana saja institusi penerima skor TOEFL iBT?

Pengertian TOEFL iBT 

TOEFL iBT (Test of English as a Foreign Language) adalah tes untuk mengukur kemampuan menggunakan dan memahami bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar belajar di tingkat perguruan tinggi luar negeri. 

Di Indonesia sendiri, TOEFL iBT (internet Based Test) telah menggantikan TOEFL PBT (Paper Based Test) dan TOEFL CBT (Computer Based Test) sejak tahun 2005. Perubahan format ini juga menyebabkan perubahan skor TOEFL dari 0 – 120. Berikut ini skor dan keterampilan TOEFL iBT yang mesti diketahui. 

KeterampilanRentang SkorTingkat Kemampuan
Listening0 – 30High (22–30)
Intermediate (15–21)
Low (0–14)
Reading0 – 30High (22–30)
Intermediate (15–21)
Low (0–14)
Speaking0 – 30Good (26–30)
Fair (18–25)
Limited (10–17)
Weak (0–9)
Writing0 – 30Good (24–30)
Fair (17–23)
Limited (1–16)

Baca juga: TOEFL Listening Comprehension: Soal, Pembahasan, dan Trik

Institusi Penerima Skor TOEFL iBT

Beberapa contoh perguruan tinggi di luar negeri yang menerima skor TOEFL iBT di antaranya seperti; Harvard University, University of Melbourne, University of Cape Town, dan University of Oxford. 

Skor TOEFL iBT juga diterima di lebih dari >11.500 universitas dan lembaga pendidikan tinggi di >160 negara, seperti; Amerika Utara, Eropa, Oceania, Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris, Irlandia, dan seluruh Eropa dan Asia. 

Di Amerika Serikat sendiri, ada 9 dari 10 universitas memilih TOEFL iBT dibanding tes lainnya. 

Di Kanada, ada lebih dari 80% program pascasarjana memilih TOEFL iBT. Begitu juga yang terjadi di Australia dan Selandia Baru. 

Di Jerman dan Prancis juga lebih menerima skor TOEFL iBT. Terlebih di Inggris, seluruh universitas di sana menerima skor TOEFL iBT, seperti universitas elit Russell Group. 

Kursus TOEFL iBT, Saatnya Raih Skor Tertinggi 

Mengerjakan TOEFL membutuhkan persiapan matang dari jauh-jauh hari, terutama jika menargetkan skor yang tinggi. Agar lebih maksimal, ikuti Kursus TOEFL iBT di Lister.

Di sini kamu akan belajar bersama tutor-tutor ahli dan berpengalaman. Cari tahu kisah dan pengalaman mereka di sini.

Cari tahu pengalaman seru sesama student di Lister Group Community di sini.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!