Contoh Quote Semangat Belajar yang Bisa Menjadi Referensi

quote semangat belajar

Kursus Business English –  Quote semangat belajar mungkin terkesan sekedar kata-kata manis yang diucapkan saja. Namun, sebenarnya memberikan semangat belajar dari kata-kata yang baik bisa sangat berarti bagi orang yang sedang berjuang menggapai cita-citanya. 

Kamu pasti ingin bisa menjadi alasan bagi seseorang agar terus semangat belajar. Karena itu, kamu harus bisa memberikan kata-kata yang baik agar menjadi dorongan bagi orang lain. 

Kadang kala kamu merasa bingung apa yang harus diucapkan. Tidak tahu kalimat atau quote semangat belajar seperti apa yang bisa disampaikan kepada orang lain agar dapat membangkitkan antusian belajar.

Contoh Quote Semangat Belajar yang Bisa Menjadi Referensi

Jika kamu merasa bingung tentang kata-kata seperti apa yang harus diucapkan agar orang lain semakin semangat belajar. Di sini lister punya beberapa contoh yang bisa menjadi referensi kamu. 

Kata-kata di bawah ini bisa digunakan secara langsung atau mungkin kamu ubah sedikit untuk disampaikan pada orang terdekat kamu. Berikut adalah berbagai contoh yang mungkin tidak terpikirkan bagi kamu sebelumnya, 

1. Kata-Kata Motivasi Belajar Islami

Bagi kamu yang beragama islam dan ingin memberikan motivasi belajar dengan nuansa yang islami. Maka, kamu membutuhkan quotes semangat belajar yang bernuansa islami dan menenangkan bagi pendengar. Berikut adalah referensi yang bisa menjadi contohnya: 

  • “Islam adalah agama tentang pengetahuan, muslim yang baik perlu untuk selalu belajar”.
  • “Menuntut ilmu dan agama adalah kewajiban bagi setiap muslim yang ada di dunia”. 
  • “Belajarlah untuk memperkuat iman yang kamu miliki”.
  • “Tanpa adanya ilmu, manusia tak lebih dari binatang dengan dua kaki”. 
  • “Muslim yang berilmu adalah muslim yang dapat dibanggakan”.

2. Kata-Kata Motivasi Motivasi Belajar Singkat

Kalimat yang terlalu panjang kadang malah semakin membebani orang yang mendengarnya. Begitu pula, dalam menyampaikan kalimat motivasi semangat belajar. Jangan sampai niat baik kamu malah berefek kebalikannya. 

Hanya karena para pendengar merasa terbebani dengan motivasi yang terlalu panjang. Karena itu, kamu bisa memberikan motivasi yang singkat saja seperti contoh di bawah ini, 

  • “Pemilik masa depan adalah orang yang menyiapkan hari ini”. 
  • “Bersemangatlah agar sesuatu menjadi lebih bermanfaat”.
  • “Sedikit kemajuan lebih baik daripada tiada kemajuan sama sekali”. 
  • “Sedikit atau banyak tetaplah belajar”.
  • “Lakukan yang terbaik di setiap kesempatan”. 

3. Kata-Kata Motivasi Sekolah

Orang yang paling membutuhkan quotes semangat belajar adalah anak-anak sekolah yang kewajiban utamanya masih belajar dengan tekun. Karena itu kalimat motivasi yang diberikan harus sesuai dengan karakter dan kehidupan anak sekolah. 

Berikut ini merupakan contoh dari quotes motivasi belajar siswa SMA yang bisa digunakan juga untuk siswa di jenjang yang lain. Bahkan, kamu bisa menyampaikannya sebagai kata-kata motivasi sekolah SMP. 

  • “Kegagalan dapat menjadi guru yang baik begitu juga pengalaman”.
  • “Fokus belajar agar masa depan lebih tertata di masa mendatang”.
  • “Mulailah sekarang di tempat kamu berada yaitu sekolah”.
  • “Masa depan sebenarnya dimulai dari masa sekolah”.
  • “Kehidupan masa depan bisa dimulai dari sekolah”.

Baca juga: Kutipan Inspiratif Tentang Karir dari Prof. Rhenald Kasali, Ph.D.

4. Kata-Kata Motivasi Belajar Dari Tokoh Ternama

Cara kata-kata motivasi belajar siswa agar lebih efektif ketika disampaikan adalah dengan mengutip perkataan dari tokoh ternama. Pasalnya, tokoh ternama yang mengatakannya, maka kalimat semangat tersebut akan terasa lebih valid dan menyakinkan. 

Ada banyak tokoh hebat yang memberikan wejangan yang sangat berarti dan bisa menjadi motivasi. Lister punya beberapa contohnya yang cocok sebagai quote semangat belajar, 

  • “Cara terbaik menciptakan masa depan adalah membuatnya saat ini” – Abraham Lincoln. 
  • “Fokuslah menjadi produktif yang tidak hanya sekedar sibuk” -Tim Ferris. 
  • “Saya telah gagal berulang kali, karena itu saya bisa berhasil” – Michael Jordan.
  • “Dalam hidup kamu akan diberi ujian yang memberikan kamu pelajaran” – Tom Bodett.
  • “Belajar tidak pernah membuka pikiran menjadi lelah” – Leonardo Da Vinci. 

5. Kata-Kata Motivasi Belajar Dalam Bahasa Inggris

Kata-kata motivasi dalam Bahasa Indonesia mungkin terdengar biasa dan standar. Karena itu, tidak ada salahnya untuk menyampaikan motivasi dengan quote semangat belajar Bahasa Inggris. 

Mungkin agak sulit untuk menentukan kata-kata dalam Bahasa Inggris seperti apa yang cocok untuk motivasi. Berikut ada sedikit referensi yang mungkin bisa menjadi contoh untuk kamu, 

“You don’t have to have a great start, but you have to start to be great” .

Kamu tidak perlu menjadi hebat agar bisa memulai, namun kamu harus memulai untuk menjadi hebat. 

“Do something today, you can thank yourself in the future”. 

Lakukan sesuatu hari ini, kamu dapat berterima kasih pada dirimu di masa depan.

“Life is about learning”.

Hidup adalah tentang belajar.

“Don’t stop believing and learn”.

Jangan berhenti percaya dan belajar. 

Baca juga: 25 Kata Motivasi Bahasa Inggris yang Menggugah dan Penuh Makna

Perlunya Memberikan Motivasi Untuk Dorongan Belajar

Contoh motivasi belajar di atas memang bisa menjadi referensi agar dapat mendorong orang di sekitar kamu untuk lebih semangat belajar. Namun, apakah memang perlu memberikan motivasi dalam bentuk kata-kata ini?.

Sebenarnya apa perlunya memberikan quote semangat belajar untuk menambah motivasi. Sebagai manusia, pasti ada kalanya seseorang merasa putus asa dan tidak percaya diri. Kalimat sederhana dan penyemangat bisa mencegah rasa menyerah timbul. 

Karena itu, kamu harus memberikan quote semangat belajar pada dirimu sendiri maupun orang yang berharga bagi kamu. Dengan begitu, kamu bisa mencapai kesuksesanmu bersama-sama tanpa rasa menyerah.

Quote semangat belajar atau kutipan positif dianggap penting karena bisa memotivasi dan menginspirasi individu dalam perjalanan pendidikan mereka. 

Baca juga: 9 Jenis Advanced Writing dan Teknik Penulisannya

Apalagi ada beberapa kutipan yang mengandung kata kuat dengan makna bijak bisa membangkitkan semangat dalam diri seseorang. 

Kutipan semangat belajar sangat penting bagi seseorang yang merasa putus asa atau hilang motivasi. Dengan begitu, perlu banyak membaca buku dengan quote semangat belajar 

Quote semangat belajar mengajarkan pentingnya kegigihan, kerja keras, dan rasa ingin tahu yang tak terbatas. Bagi mereka yang hampir kehilangan arah belajar, kutipan ini sangat penting. 

Dengan merujuk pada quote semangat belajar, kita dapat membangun sikap positif terhadap pendidikan, menghadapi rintangan dengan keberanian, dan menggapai impian kita dengan tekad yang kuat.

Ada banyak buku yang memuat quote semangat belajar. Manfaatnya pun beragam, mulai dari mengembalikan lagi semangat membara dalam tubuh sehingga diri bisa mendapatkan dorongan motivasi untuk menjadi lebih baik.

Selain itu, kutipan atau motivasi dalam buku juga bisa menghidupkan kembali api dalam diri sehingga bisa mengingatkan pentingnya belajar dan berkembang.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Business English di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.