Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Infer Artinya Apa? Begini Cara Melakukannya saat Reading

infer reading

Bahasa Inggris adalah kemampuan utama yang wajib dimiliki saat ini, baik dalam studi maupun karier. Agar kamu semakin fasih, ikutilah Kursus Bahasa Inggris.

Tanpa disadari, kita sering melakukan inference dalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukah kamu, infer juga bisa dilakukan saat membaca suatu bacaan? Berikut caranya.

blogpost inggris beasiswa

Infer adalah

Infer adalah membuat kesimpulan atau opini secara logis berdasarkan observasi, fakta, penalaran, dan bukti.

Dalam proses membaca atau reading, kamu mengambil kesimpulan berdasarkan informasi yang tertera. Kamu menyadari petunjuk dalam teks dan menghubungkannya dengan pengalaman pribadi untuk mengetahui hal-hal yang secara implisit disampaikan.

Tujuan inference adalah menemukan maksud tersembunyi di balik apa yang terlihat. Mengapa hal ini penting? Penulis tidak selalu menjabarkan secara rinci seluruh keterangan, tetapi hanya beberapa kalimat dan membuat kita harus menyimpulkan sendiri.

Membaca bahan bacaan dengan proses inference membuatnya menjadi lebih menyenangkan. Kamu dapat berpikir kritis, memahami secara lebih baik, bahkan menginterpretasikannya dengan cara yang unik.

Cara Melakukan Inference

Untuk menumbuhkan kemampuan inference, mulailah dari contoh sehari-hari. Tanpa disadari, sebenarnya kita sudah melakukan ini dalam keseharian.

You got to school this morning and you couldn’t find a lesson plan. You were reading it over while having breakfast, so you probably left it on your kitchen table.

Pertama, kamu membuat kesimpulan berdasarkan fakta bahwa kamu membuat lesson plan di rumah. Kamu memiliki pengetahuan tersebut, sehingga dapat membuat kesimpulan itu.

You have arrived at your house after work. All the lights are out, so you assume that you are the first one home.

Kamu membuat kesimpulan tersebut berdasarkan pengetahuan biasanya orang menyalakan lampu setelah gelap. Namun tidak ada yang menyalakan lampu, artinya tidak ada orang di rumah sebelum kamu tiba.

As you walk from your car, you see there is a package on the front step. Before you even pick it up, you assume that it was left by the mailman.

Kamu membuat kesimpulan berdasarkan pengetahuan tukang pos adalah orang yang mengirimkan surat dan paket.

You finally open the front door and see that the living room has been cleaned. You then conclude that someone must have cleaned the room while you were at work.

Kamu membuat kesimpulan berdasarkan pengetahuan biasanya ada orang yang membersihkan rumah saat kamu pergi.

infer
Infer

Melakukan Inference saat Reading

Bagaimana, kamu sadar bukan bahwa kamu sering melakukan inference dalam kehidupan sehari-hari? Lantas, bagaimana mengaplikasikannya saat membaca?

Pertama, bacalah teks secara keseluruhan. Kamu akan memahami apa yang dibicarakan teks secara umum.

Lalu temukan bukti-bukti yang mendukung asumsi kamu. Dari bukti-bukti tersebut, kamu dapat membuat kesimpulan dan prediksi terkait apa yang tidak disampaikan secara langsung oleh penulis.

Perhatikan teks berikut.

When I walked into the kitchen, I found my little brother lying on the floor clutching his stomach and groaning.  He was surrounded by discarded candy wrappers and the now-empty bucket of Halloween candy.

Fakta apa saja yang kamu temukan dalam bacaan singkat tersebut? Ada beberapa hal yang bisa kamu simpulkan.

  • Adik laki-lakinya sedang memegangi perut sambil mengerang. Ia bahkan terbaring di lantai. Hal ini menunjukkan ia sedang sakit perut.
  • Di sekelilingnya terdapat bungkus permen, artinya permennya sudah dimakan. Keranjang permen sudah kosong. Tidak ada orang lain dan satu-satunya yang kesakitan adalah si adik laki-laki, sehingga kemungkinan ia yang menghabiskan permen tersebut.
  • Melihat hubungan antara permen yang habis dengan sakit perut, kemungkinan si adik laki-laki sakit karena terlalu banyak makan permen.
  • Peristiwa itu terjadi setelah Halloween.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Ada banyak informasi yang bisa kamu gali dari bacaan singkat tersebut.

Untuk mempermudah proses inference, kamu bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Can you infer what is about to happen?  Can you draw any conclusions about the story based on what the character said/did?  Why did you make that inference/draw that conclusion?

2. What did you already know that helped you make that inference/draw that conclusion?

3. What from the text helped you to make that inference/draw that conclusion?

4. Predict what you believe will happen next/why you think the character did/said ___________.

5. What from the text caused you to make that prediction?