Belajar Tentang Ide Pokok Paragraf, Cara Gunakan dan Contohnya

ide pokok paragraf

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak – Belajar bahasa Indonesia materi paragraf sangat mengesankan dimana ada ide pokok paragraf menjadi penentu pembahasan lanjutan dalam sebuah informasi.

Adanya ide pokok menjadi kunci pengembangan kalimat berikutnya agar terbentuk sebuah paragraf yang memberikan informasi tertentu.

Kamu perlu memahami dalam pencarian ide pokok paragraf, Lister bisa melihatnya tidak hanya ide pokok terletak di bagian depan paragraf atau kalimat pertama paragraf namun bisa di tengah, akhir.  

Simak ulasan ide pokok paragraf berikut ini.

Definisi Ide Pokok Paragraf 

Ide pokok paragraf adalah sebuah kalimat yang mengandung gagasan pokok, gagasan utama, atau gagasan vital dalam satu paragraf yang letaknya bisa di depan, tengah dan akhir.

Gagasan pokok tersebut nantinya mewakili Lister ketika merangkum sebuah susunan kata menjadi kalimat utuh agar tercipta sebuah makna.

Sebuah paragraf yang baik adalah paragraf yang mengandung makna, terhubung antara kalimat satu dengan kalimat lainnya, utuh dalam satu tubuh saling masuk akal dan ada konjungsi atau kata penghubung antar kalimat.

Ciri – Ciri Ide Pokok Paragraf  

Ciri-ciri ide pokok:

  1. Terdapat sebuah inti masalah dalam tema yang akan dijelaskan, misalnya tema yang akan dibahas tentang cara menanam bayam. Maka, Lister bisa kembangkan ide pokok per paragraf seperti:
    • Jenis bayam yang akan ditanam
    • Media tanamnya
    • Jenis pupuk 
    • Cara penyiraman 
    • Masa panen bayam

Dengan ide pokok atau inti masalah yang telah tersusun, akan dikembangkan dengan kalimat pendukung yang bisa menjelaskan. 

  1. Terdapat kalimat pendukung penjelas yakni menjelaskan dengan detil, lugas, dan efektif akan ide pokok di atas. Ketika dijelaskan maka tercipta sebuah pemahaman baru bahwa maksud dan tujuan dari paragraf yang Lister buat adalah seperti tema awalnya. 
  2. Memakai bahasa yang tidak berbelit-belit, tegas, lugas, dan tidak basa basi. Ketika ide pokok kalimatnya terlalu panjang akan membentuk sebuah asumsi lain atau ambigu. Maka, ide pokok paling bagus terdiri dari 3 kata hingga 8 kata.
  3. Tidak boleh tersusun lebih dari satu ide pokok dalam satu tubuh paragraf. Jika ada lebih dari satu ide pokok paragraf maka Lister bisa pilih salah satunya, karena terkadang ada paragraf yang sengaja membubuhkan dua ide pokok di awal dan akhir agar salah satunya menjadi kesimpulan dan satunya menjadi pokok pengembangan kalimat. 

Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf 

Ada trik atau 3 cara menentukan ide pokok paragraf yang bisa Lister pakai melalui tahapan belajar berikut ini:

1. Bacalah semua paragraf pertama. 

Dengan membaca semua kalimat, Lister akan menemukan sebuah inti masalahnya seperti apa. Membaca paragraf tidak cukup hanya satu, dua kali saja tetapi minimal tiga kali yang harapannya Lister langsung memperoleh keyakinan ide pokoknya. 

2. Amatilah tema bahasan yang tertulis tersebut

Setelah selesai, Lister akan tahu bahwa paragraf tersebut membahas tentang apa saja. Lister telah naik satu poin bahwa paragraf ini mengulang kata pokok tertentu. 

3. Tandai kalimat yang tidak menjelaskan

Ide pokok umumnya muncul dalam kalimat yang tidak terdapat kalimat penjelasan tapi kalimat yang dijelaskan.

Contoh, Penebangan hutan secara liar di daerah Desa Sukasari, Kabupaten Cirebon membuat banjir bListerng. Banjir yang datang terasa ketika hujan deras tiba sore kemarin dan membawa banyak korban. 

Dalam kalimat tersebut terlihat bahwa kalimat pertama adalah kalimat yang tidak menjelaskan tapi kunci untuk diuraikan.

4. Ide pokok dirangkum dari kalimat pokok

Sebagian besar ide pokok paragraf muncul di bagian pertama kalimat utama tapi sebagian lagi ada yang di bagian akhir.

Dalam menuliskan ide pokok, ada aturan lagi yang harus Lister tahu yakni kalimat pokok dirangkum lebih efektif, bukan ditulis utuh. Contoh, Penebangan hutan desa Sukasari, Kabupaten Cirebon menyebabkan banjir.

Apabila Lister menuliskan seluruh kalimat utama maka disebut bukan ide pokok melainkan kalimat pokok. 

Contoh Peletakan Ide Pokok Paragraf 

Bagian awal paragraf ide pokok dan contohnya 

Indonesia memiliki ragam suku budaya yang menjadi aset kekayaan tak ternilai mulai dari ujung timur Sumatra hingga ujung barat Papua. Suku yang mendiami nusantara ada lebih dari 10 suku seperti suku Aceh, suku Sunda, suku Jawa, suku Batak,  suku Dayak, suku Bugis, suku Toraja, suku Asmat dan sebagainya. Masing-masing suku tersebut memiliki adat dan budaya berbeda, sangat indah dan sangat estetika. Keragaman tersebut menjadikan Indonesia dilirik oleh negara lain sebagai negara yang bisa dijadikan tempat investor masuk.

Bagian akhir paragraf  

Contoh soal ide pokok paragraf brainly

Hati-hati dengan gejala yang muncul di tubuh Lister seperti batuk, pilek, kepala pusing, demam, badan menggigil, rasa sakit atau linu di sekujur tubuh karena semua gejala tersebut saat ini sangat cepat sekali menyebar. Adanya virus yang menyebar melalui air dan udara membuat media ternyaman dalam mengontaminasi manusia. Lister butuh sistem imunitas terbaik agar tidak mengalami semua gejala tersebut, mulai dari makanan sehat bergizi, mengatur pola hidup dan berpikir positif. Munculnya gejala tak mengenakkan tersebut termasuk indikasi wabah covid-19, tapi juga bisa sakit biasa. 

Ide pokok paragraf dirangkum dari kalimat pokok atau kalimat utama tapi bukan kalimat yang pertama dalam sebuah paragraf.

Apabila Lister diminta membuat kalimat penjelas dari gagasan atau ide pokok maka buatlah dengan kalimat yang relevan, disertai dengan fakta seperti waktu kejadian, tempat kejadian, data yang ada atau narasumber asli seperti foto yang tercantum pada paragraf.

Diskon dan Cicilan di Lister 

  • Promo Group Class 50% OFF!
  • Program Cicilan untuk kamu yang mengambil Private Class (minimal 12 pertemuan). Namun cicilan harus dilunasi sebelum pertemuan ke-12, ya.

Kursus Bahasa Inggris dengan Potongan Harga

Kursus Bahasa Inggris untuk Anak di Lister memiliki harga tiap program mulai dari Rp 400 ribu. Kamu bisa pilih kelas yang diinginkan, seperti Private hingga Group dengan jumlah siswa mulai dari 1-20 orang. 

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.