Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

General English Test, Seberapa Penting? Ini Tujuannya

general english test

Ingin menguasai bahasa Inggris secara ahli, tetapi tidak tahu mulai dari mana? Kamu bisa mulai dengan mengikuti Kursus General English sebagai tahap awal. Dari sini kamu bisa menentukan arah pembelajaranmu.

Selama pembelajaran, siswa akan diminta mengikuti serangkaian tes untuk menguji pengetahuannya. Termasuk dalam pembelajaran General English.

Apa itu General English Test?

General English Test adalah tes yang diberikan kepada siswa untuk menguji pengetahuannya dalam bahasa Inggris secara umum.

Tes dapat diselenggarakan saat tengah atau akhir periode pembelajaran. Soal tes pun disesuaikan dengan materi yang tengah dipelajari siswa.

General English Placement Test

Placement test adalah tes yang diberikan kepada siswa yang baru akan masuk ke institusi pendidikan tertentu. Dalam hal ini adalah kursus General English.

Hasil dari tes tersebut akan menunjukkan pengetahuan atau keahlian siswa dalam bidang yang diujikan. Nantinya siswa akan ditempatkan dalam kelas yang sesuai dengan taraf kemampuannya.

Tujuan dan Manfaat General English Test

Berminat kuliah atau bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris? Biasanya kamu akan diminta mengikuti ujian kemampuan berbahasa Inggris yang disyaratkan universitas, badan imigrasi, atau perusahaan.

Selain sebagai syarat formal, ada sejumlah alasan mengapa tes bahasa Inggris penting dijalani.

1. Meningkatkan motivasi belajar

Sebelum tes, siswa cenderung belajar dengan tekun. Studi menunjukkan hal ini dapat meningkatkan penguasaan materi.

Suka atau tidak suka, tes memotivasi seseorang untuk belajar. Studi menunjukkan siswa yang mengikuti tes secara rutin belajar lebih tekun daripada siswa yang tidak mengikuti tes.

Sementara itu siswa yang jarang mengikuti tes rutin biasanya belajar sesaat sebelum tes diadakan.

2. Belajar bahasa untuk menunjang kesuksesan studi

Dengan mengikuti tes bahasa Inggris, kamu akan mempelajari jenis keterampilan berbahasa yang akan menunjang kesuksesan studi.

Bahasa Inggris akademis menggunakan berbagai istilah khusus. Artinya, selain mengembangkan kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, kamu juga semakin menguasai bidang akademik yang dipelajari.

Contohnya kamu akan belajar menulis esai secara terstruktur, menyimpulkan, mengajukan pertanyaan secara rinci, membaca referensi akademik, dan lain-lain.

3. Lebih sukses dalam akademik

Studi menunjukkan siswa yang mampu mengerjakan tes bahasa Inggris dengan baik cenderung lebih sukses dalam akademik.

4. Memperbaiki cara belajar

Tes dan kuis dapat memperbaiki cara belajar dengan cepat. Saat mengerjakan tes, siswa akan mengingat kembali dan menerapkan apa yang sudah dipelajari.

Proses ini akan meningkatkan kemampuan mengingat informasi. Proses belajar juga menjadi lebih produktif.

Dengan mengikuti tes, siswa dapat mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari dalam berbagai konteks. Terlebih dalam tes yang bersifat terbuka, seperti penulisan esai, membantu otak mempelajari informasi secara lebih dalam dan menyampaikannya secara lebih baik.

5. Lebih maju dibandingkan siswa lainnya

Meskipun menunjukkan sejumlah manfaat, banyak siswa yang masih menghindari tes. Artinya siswa yang mengikuti tes mendapat keuntungan lebih daripada teman-temannya.

General English Placement Test Gratis di Lister

Berminat mengambil kursus bahasa Inggris, tetapi masih bingung menentukan tingkat kemahiran yang dimiliki? Saatnya kamu mengikuti General English Placement Test di Lister.

Placement test ini dapat diikuti secara gratis melalui laman ini. Tes tersebut ditujukan untuk siswa SMA, pendidikan tinggi, sampai siswa dewasa dengan berbagai tujuan belajar.

Kamu cukup menyediakan waktu 60 menit untuk menjawab 40 pertanyaan. Skor diberikan dalam skala 120-200. Agar dapat mengikuti tes, pastikan koneksi internet dalam kondisi lancar.