Persiapkan Diri Menghadapi ELPT ITB, Ketahui Biaya dan Tata Tertib

elpt itb

ELPT ITB adalah tes bahasa Inggris yang digunakan sebagai salah satu syarat penting dalam pendaftaran program Pascasarjana di ITB dan sertifikasi dosen.

Tes ini juga diterima di berbagai perusahaan nasional sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris yang memadai, membantu kamu untuk mempersiapkan diri dalam dunia akademik maupun profesional.

Lister siap membantu kamu memahami lebih dalam mengenai persiapan ELPT ITB dan bagaimana mempersiapkan diri untuk menghadapi tes ini.

Apa Itu ELPT ITB?

ELPT ITB (English Language Proficiency Test) adalah tes yang diadakan oleh ITB untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris calon mahasiswa pascasarjana.

Selain digunakan sebagai syarat masuk program Magister dan Doktoral di ITB, ELPT juga bisa menjadi bukti kemampuan bahasa Inggris yang diakui di beberapa perusahaan nasional.

Tes ELPT ITB terdiri dari tiga komponen utama:

Section Materi yang diujikan
ListeningMonolog dan Dialog
Structure Tenses
ReadingSciences dan History
Materi ELPT ITB

Jadi, ELPT ITB sangat penting untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di ITB atau bekerja di perusahaan yang mensyaratkan bukti kemampuan bahasa Inggris.

Apakah ELPT Sama dengan TOEFL?

Kamu mungkin bertanya, apakah ELPT ITB berbeda dengan TOEFL?

Jawabannya, meski serupa dalam hal menguji kemampuan bahasa Inggris, ELPT ITB dirancang khusus untuk kebutuhan institusi pendidikan di Indonesia, seperti ITB.

ELPT dan TOEFL adalah tes yang sama-sama mengukur kemampuan bahasa Inggris, tetapi ada perbedaan antara keduanya.

TOEFL ITP dan ELPT ITB sama-sama diterima sebagai syarat untuk melanjutkan pendidikan, namun ELPT lebih fokus pada kebutuhan lokal, khususnya di Indonesia.

TOEFL ITP Bandung lebih pada menguji kemampuan dalam listening, reading, dan structure, tetapi ELPT dikelola langsung oleh ITB.

Hanya saja, jika kamu ingin mengikuti ELPT IBT sayangnya, di ITB masih belum menyelenggarakannya untuk umum.

Sementara TOEFL sering digunakan untuk keperluan internasional, ELPT ITB dirancang untuk memenuhi persyaratan masuk di kampus ITB dan beberapa perusahaan lokal.

Jadi, jika tujuan kamu adalah studi di ITB, maka ELPT adalah tes yang lebih relevan.

elpt itb
ELPT IBT | Sumber gambar: Freepict

TOEFL ITB Berapa Harganya?

Harga untuk mengikuti ELPT ITB berbeda tergantung metode pelaksanaan tesnya. Untuk ELPT offline, biaya yang dikenakan adalah Rp250.000, sedangkan untuk tes ELPT online biayanya adalah Rp400.000.

Pembayaran dilakukan secara transfer manual dan harus diselesaikan setidaknya tujuh hari sebelum tanggal ujian.

Jika kamu ingin mengikuti TOEFL ITB atau ELPT, kamu bisa memilih metode tes yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi kamu.

ELPT ITB menawarkan fleksibilitas dengan pilihan tes offline dan online yang dapat kamu sesuaikan dengan jadwal kamu.

Skor ELPT ITB

Skor ELPT ITB berperan penting dalam menentukan apakah kamu memenuhi syarat bahasa Inggris untuk mendaftar program Pascasarjana di ITB.

Biasanya, skor minimal yang dibutuhkan untuk program Magister dan Doktoral di ITB bervariasi, tetapi umumnya berkisar di angka 70 , tergantung pada program yang kamu pilih.

Penghitungan skor ELPT ITB adalah sebagai berikut

  • Nilai Terendah  : 0  (setara dengan TOEFL PBT 310)
  • Nilai Batas Lulus : 77  (Setara dengan TOEFL PBT 480)
  • Nilai Tertinggi : 170  (Setara dengan TOEFL PBT 677)

Hal penting dalam tes ELPT ITB

Sebagai informasi tambahan, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan ELPT ITB.

  • Tes ELPT ITB dilaksanakan di Lab Bahasa lantai 4, Gedung CADL, UPT PSDM ITB.
  • ELPT dapat dilakukan secara daring (selasa) dan luring (jumat)
  • ELPT daring menggunakan system aplikasi SEB
  • ELPT luring menggunakan LJK
  • Sertifikat hasil tes akan diterbitkan maksimal H+5 pada hari kerja setelah tes selesai.
  • Untuk pembayaran, kamu bisa menggunakan layanan transfer manual ataupun melalui aplikasi m-banking. pembayaran harus diselesaikan sebelum proses pendaftaran dilakukan, karena bukti pembayaran diperlukan untuk melengkapi form pendaftaran
  • Hasil test ELPT berupa hard copy yang diambil langsung (tidak dapat dikirimkan)

Tata Tertib Tes ELPT ITP Bandung Online

Ada beberapa tata tertib pengerjaan ELPT ITB yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  • Sebelum tes ELPT dimulai, peserta harus menggunakan nama lengkap untuk penamaan di Zoom Meeting dan memastikan bahwa kamera laptop dalam kondisi aktif.
  • Peserta diwajibkan membuka layar video, menampilkan seluruh wajah tanpa masker, serta duduk menghadap kamera selama ujian berlangsung.
  • Tidak diperbolehkan menggunakan virtual background, fitur blur, atau pengaturan cahaya yang mengakibatkan backlight. 
  • Peserta juga dilarang berdekatan dengan peserta lain dalam satu ruangan, berbicara, atau makan selama ujian, meskipun diperbolehkan untuk minum. Mendokumentasikan materi soal ELPT juga dilarang keras.
  • Selama ujian, peserta tidak boleh memulai tanpa instruksi dari pengawas. Ujian dimulai bersamaan dengan bagian Listening, dan peserta harus mengisi data diri terlebih dahulu.
  • Peserta dilarang menggantikan atau digantikan orang lain, serta tidak boleh bekerja sama atau berkomunikasi dengan peserta lain. 
  • Dilarang memberi atau menerima bantuan dalam bentuk apapun, meninggalkan laptop, menutup tab ujian, atau melakukan update aplikasi SEB. Jika ada pertanyaan, peserta dapat menghubungi Zoom Host melalui chat. Jika selesai lebih awal, peserta tetap harus duduk sampai ujian berakhir.
  • Setelah ujian selesai, peserta harus menekan tombol “submit” untuk mengirimkan jawaban dan tidak boleh meninggalkan Zoom Meeting sebelum instruksi dari pengawas. Pelanggaran tata tertib akan dikenakan sanksi, termasuk pembatalan hasil ujian atau pencabutan hak mengikuti tes ELPT selamanya di UPT PSDM ITB. 
  • Tes ELPT terdiri dari tiga sesi: Listening, Structure (30 menit), dan Reading Comprehension (55 menit). Peserta tidak diperkenankan meninggalkan laptop atau Zoom meeting dengan alasan apapun, termasuk ke kamar kecil.

Incar Skor ELPT ITB Terbaik Bersama Lister!

Kami menyediakan program persiapan ELPT IBT yang dirancang khusus untuk membantu kamu mencapai skor terbaik.

Program ini dilaksanakan secara online, dengan fleksibilitas waktu belajar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Kamu juga bisa memilih berapa banyak pertemuan yang kamu inginkan, mulai dari 2 hingga 80 sesi, dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, Lister juga menyediakan program kursus bahasa Inggris akademik yang membantu kamu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dalam lingkungan akademik.

Informasi lebih lengkap tentang persiapan ELPT ITB bersama Lister bisa langsung dikonsultasikan melalui Whatsapp!

Sumber gambar sampul: Freepict

Share:

Sekar Arum Kinanti
Sekar Arum Kinanti
Do my best now. Full time learner. Focus on writing and digital marketing.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

edgy adalah

Arti Edgy Adalah dan Bagaimana Penggunaannya?

Edgy adalah kosakata dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti secara harfiah yakni gugup atau tegang. Kata edgy juga dapat diapahami untuk mengartikan style atau gaya berkesenian maupun berpekaian anti mainstream. Gimana penjelasannya?