Duolingo English Test, Alternatif TOEFL dan IELTS yang Terjangkau

duolingo english test

Kursus Academic English – Pernah mendengar Duolingo English Test? Produk dari platform Duolingo ini adalah salah satu tes kemampuan bahasa Inggris yang diterima di berbagai institusi pendidikan skala internasional, lho. Simak lengkapnya berikut ini!

Apa itu Duolingo English Test?

Duolingo English Test adalah tes kompetensi bahasa Inggris secara online dalam waktu 60 menit. Hasil tesnya telah diakui di 4000 institusi pendidikan. Tes kompetensi bahasa Inggris ini mudah diakses dan dapat dilakukan kapan saja serta di mana saja. 

Keuntungan lain dari Duolingo English Test adalah hasil tesnya akan keluar dalam waktu 48 jam dan sertifikatnya dapat segera digunakan. Sertifikat Duolingo berlaku resmi dalam kurun waktu 2 tahun setelah diterbitkan.

Duolingo English Test diselenggarakan oleh Duolingo, salah satu platform terkenal dalam pembelajaran bahasa dengan lebih dari 500 juta pengguna.

Kegunaan Duolingo English Test

Duolingo English Test dapat digunakan untuk memenuhi persyaratan tes kemampuan bahasa Inggris di institusi pendidikan atau universitas. Duolingo telah bekerja sama dengan 4000 institusi pendidikan di seluruh dunia, akan tetapi perlu dipastikan kembali di situs Admission institusi masing-masing. Kamu dapat mengeceknya juga pada daftar institusi penerima Duolingo English Test.

Struktur Duolingo English Test

Duolingo English Test menggunakan teknologi terbaru tes kecakapan bahasa Inggris dengan kecerdasan buatan (AI). Tes dilaksanakan dengan teknologi adaptif komputer, yang berarti tingkat kesulitan soal disesuaikan dengan setiap peserta tes dan sesi tes.

Struktur Duolingo English Test terbagi menjadi 3 bagian, yakni:

1. Perkenalan dan sosialisasi (5 menit)

  • Memastikan kamera, speaker, dan mikrofon dapat berfungsi dengan baik.
  • Pengiriman foto kartu identitas yang resmi
  • Meninjau peraturan dan persyaratan tes

2. Tes adaptif  (45 menit)

Tes ini akan menilai kemampuan bahasa Inggris melalui rangkaian pertanyaan yang berbeda  dan acak. Tingkat kesulitan soal akan berubah berdasarkan jawaban pertanyaan sebelumnya. 

3. Menulis dan berbicara (10 menit)

Dalam tahap ini peserta tes akan diberikan topik dan diminta untuk merespons dalam jangka waktu tertentu. Selanjutnya, tes berbicara dilakukan selama 1-3 menit dan tes menulis dalam 3-5 menit.

Sistem Scoring Duolingo English Test

Penilaian skor Duolingo English Test terbagi berdasarkan beberapa aspek berikut ini.

Berdasarkan jawaban yang benar

Jenis pertanyaan dalam sesi For Read and Complete, Read and Select, Listen and Select, Listen and Type, Read Aloud, Complete the Sentences, Complete the Passage, Highlight the Answer, Identify the Idea, dan Title the Passage akan dinilai secara otomatis. 

Tidak ada pengurangan nilai jika jawaban salah atau peserta tidak menjawab.

Berdasarkan evaluasi sistem mesin penilaian

Jenis pertanyaan Write About the Photo, Speak About the Photo, Read Then Write, Read Then Speak, Listen Then Speak, dan Writing Sample akan dinilai oleh mesin penilaian. 

Mesin penilaian akan mengevaluasi kemahiran bahasa Inggris peserta tes dalam aspek tata bahasa, kompleksitas tata bahasa, kosakata, diksi, relevansi, kemahiran menulis, pengucapan, dan kecepatan berbicara.

Untuk sesi pertanyaan Speaking Sample, tidak diberlakukan penilaian. Akan tetapi, institusi tetap menerima dan melihat rekaman dalam sesi ini. Walaupun Duolingo English Test dinilai oleh algoritma komputer, tetap ada pengawasan manusia dalam setiap video rekaman.

Skor Duolingo English Test menggunakan skala 10 hingga 160. Skala skor ini relevan dengan Common European Framework of Reference (CEFR), yakni standar internasional kemahiran berbahasa Inggris.

Biaya Tes

Biaya Duolingo English Test terkini adalah USD 49 atau sekitar Rp750 ribu tergantung kurs. 

Perbedaan Duolingo English Test vs TOEFL dan IELTS

Duolingo English Test sangat berbeda dengan tes kompetensi bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS, dan lain-lain.

TOEFL dan IELTS menetapkan jadwal dan lokasi sesuai ketersediaan tempat penyelenggara tes. Durasi TOEFL dan IELTS juga lebih panjang. Dari segi biaya, tes kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS mencapai lebih dari 200 dolar.

Ingin tahu penyetaraan skor dalam masing-masing tes keterampilan bahasa Inggris? Cari tahu ulasannya dalam artikel Memahami Level Skor Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL).

Apabila dibandingkan dengan TOEFL, IELTS, atau tes lainnya, Duolingo English Test memiliki kelebihan akses lebih mudah karena diselenggarakan online, biaya lebih terjangkau, dan hasil skor yang keluar lebih cepat.

Dari segi efektifitas, Duolingo English Test memiliki tingkat kenyamanan dengan sertifikat resmi yang diakui di beragam institusi pendidikan internasional.

Kursus Academic English, Wujudkan Studi dan Karier Sukses!

Kompetensi bahasa Inggris yang baik akan menjadi awal sukses meraih impianmu dalam studi hingga karier. Siapkan dirimu dengan mengikuti di Kursus Academic English Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti Instagram Lister, untuk mengetahui promo terbaru dan informasi menarik.

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar sekarang!

Share:

Devi Marietta Siregar
Devi Marietta Siregar
aktif menulis tentang perjalanan tak biasa di Korea dan menulis untuk dampak positif

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.