DAAD Scholarship, Raih Kuliah di Universitas Top di Jerman

daad scholarship

Kursus Bahasa Jerman – Kamu memiliki impian untuk melanjutkan studi S2 atau S3 di Jerman? Coba raih mimpimu tersebut dengan mendaftar DAAD Scholarship

Sekilas tentang belajar di Jerman, salah satu destinasi pendidikan tinggi terkemuka di dunia itu memang menawarkan keunggulan akademis. 

Dari segi fasilitas, materi, kualitas pengajar, hingga lingkungan belajar. Di sisi lain, Jerman memiliki hubungan erat dengan dunia industri, membuka peluang kolaborasi antara mahasiswa dan perusahaan terkemuka. 

Lister rangkum dari beberapa sumber mengenai beasiswa DAAD Indonesia berikut ini.

Apa itu DAAD Scholarship?

DAAD atau kependekkan dari Deutscher Akademischer Austauschdienst merupakan beasiswa untuk masyarakat Indonesia yang diselenggarakan oleh Pemerintah Jerman dan organisasi independen. 

Dilansir dari laman DAAD, ada beberapa program beasiswa DAAD yang bisa dicoba oleh masyarakat Indonesia. Seperti beasiswa untuk S1, S2, Peneliti, hingga Profesional. 

Salah satu program yang ditawarkan oleh DAAD Scholarship adalah Study Scholarships for Foreign Graduates in the Field of Arts (Architecture, Music, Visual and Performing Arts). 

Program tersebut dijudukan untuk pelamar asing yang memiliki background pendidikan dibidang Arsitektur, Musik, Seni Pertunjukkan, Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, hingga Film. 

Selain itu juga ada Beasiswa Unggulan Aceh yang dikelola oleh DAAD. Program beasiswa untuk Indonesia tersebut ditujukan untuk semua pemuda dengan berbagai latar belakang pendidikan. 

Ditujukan untuk yang mau melanjutkan studi S2 dan S3 dengan rentan waktu 2 tahun untuk Master dan 3,5 tahun untuk PhD. 

Baca juga: 10 Rahasia Persiapan Beasiswa yang Orang Awam Jarang Tahu

Syarat beasiswa DAAD Indonesia

Ada beberapa syarat untuk melamar DAAD Scholarship yang harus dipersiapakan calon kandidat. Misalnya, 

  • Letter of motivation
  • Ijazah atau transkrip dalam bahasa Inggris
  • CV yang dibubuhi dengan tanda tangan 
  • TOEFL/IELTS
  • Formulir pendaftaran beasiswa DAAD

Setiap program dalam DAAD Scholarship memiliki persyaratannya masih-masing. Ada juga, program beasiswa yang meminta calon kandidat memiliki rekomendasi tugas belajar dari instansi bekerja hingga mensyaratkan adanya surat pengalaman kerja.

Cara daftar DAAD Scholarship

Mengetahui proses daftar beasiswa DAAD merupakan langkah penting yang harus dipersiapkan. Proses pendaftaran untuk beasiswa ini melibatkan beberapa langkah yang perlu ditempuh dengan cermat. 

Dalam setiap program DAAD Scholarship memiliki prosedur pendaftaran yang berbeda-beda. Ketahui lebih banyak dan detail melalui laman setiap program yang tersedia. 

Para kandidat juga bisa menghubungi bagian Konsultasi Beasiswa dan Pendidikan untuk mendapatkan informasi yang tepat. 

Namun yang perlu kamu ketahui adalah seluruh pendaftaran dilakukan secara online melalui portal DAAD Indonesia atau bisa juga dikirimkan melalui Pos ke Kantor Pusat Jerman. Pertama, pilih dulu tab, Application portal kemudian lihat program yang tersedia dan sesuai. 

Jika calon kandidat mengalami kesulitan, maka bisa mengirimkan keluhan dan kendala melalui email portal@daad.de

Setelah calon kandidat beasiswa DAAD Indonesia mengakses dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan. Tunggu konfirmasi penerimaan persyaratan melalui email yang diinput. 

Baca juga: 25 Beasiswa Fully Funded Paling Diincar 2023, Mana Pilihanmu?

Tunjangan yang didapatkan dari DAAD Scholarship

Tunjangan DAAD Scholarship menawarkan kesempatan yang membuat para kandidat fokus sepenuhnya pada pengembangan akademis dan profesional. 

Program beasiswa ini tidak hanya memberikan dukungan finansial yang substansial, tetapi juga membuka pintu bagi pengalaman berharga di institusi pendidikan tinggi ternama di Jerman. 

Dalam beberapa program juga menyediakan pembelajaran dan pembekalan bahasa Jerman sebagai tambahan bahasa asing. 

  • Biaya pendidikan 
  • Tunjangan studi dan penelitian 
  • Tunjangan buku 
  • Tunjangan hidup bulanan 
  • Tunjangan perjalanan 
  • Asuransi kesehatan
  • Proyek penelitian total hingga 250.000 euro per tahun

Kursus Bahasa Jerman, Ambil di Sini!

Syarat penting untuk dapat kuliah, bekerja, atau tinggal di Jerman adalah menguasai bahasanya. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Jerman Lister.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti Instagram Lister untuk informasi dan promo terbaru.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.

Pilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh drobotdean di Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 35% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.