Contoh Surat Block Style Bahasa Inggris Lamar Pekerjaan

Contoh Surat Block Style

Kursus Business English – Dalam dunia bisnis dan komunikasi formal, contoh surat block style sangat sering ditemui. Mengapa? Karena surat dengan format ini dianggap memiliki tampilan yang profesional dan rapi.

Jika kamu sedang mencari informasi mengenai contoh surat block style untuk keperluan melamar pekerjaan, maka kamu berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan memberikan penjelasan mendalam seputar seluk-beluk surat block style.

Mengenal Apa Itu Surat Block Style

Surat block style adalah salah satu format surat yang populer digunakan dalam dunia bisnis dan komunikasi formal. Nama “block” berasal dari penataan elemen surat yang rapi, seakan-akan seperti blok-blok yang tersusun.

Dalam contoh surat block style, semua elemen berada pada rata kiri. Artinya, dari baris awal sampai akhir, semua teks diatur untuk dimulai dari margin kiri yang sama.

Tak ada indentasi atau penonjolan pada setiap awal paragraf, memberikan tampilan yang konsisten dan rapi pada keseluruhan dokumen. Kesan pertama saat membaca contoh surat block style ini, tentunya adalah profesionalisme dan keteraturan.

Meski seringkali dikaitkan dengan surat bisnis, keuniversalan format block style membuatnya cocok digunakan untuk beragam jenis surat lain. Baik itu surat pribadi, surat undangan, hingga surat informasi, semua bisa ditulis dengan format ini.

Satu hal yang menarik lagi, format contoh surat block style tidak hanya populer di Indonesia. Di banyak negara, format penulisan surat ini dianggap sebagai standar global, terutama dalam konteks bisnis dan komunikasi formal.

Karakteristik Surat Bentuk Block Style

Memahami karakteristik-karakteristik dari contoh surat block style sangat penting agar surat yang dihasilkan tidak hanya tampil profesional, tetapi juga sesuai dengan standar yang berlaku. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari surat bentuk block style:

  1. Rata Kiri: Semua elemen dalam surat, mulai dari alamat pengirim, tanggal, alamat penerima, hingga isi surat, semuanya diletakkan rata kiri. Ini memastikan tampilan surat yang rapi dan konsisten.
  2. Tidak Ada Indentasi: Berbeda dengan beberapa format surat lain, surat block style tidak menggunakan indentasi pada awal paragraf. Setiap paragraf dimulai tepat dari margin kiri.
  3. Spasi Ganda Antara Paragraf: Untuk memisahkan antara satu paragraf dengan paragraf lainnya, biasanya digunakan spasi ganda. Ini membuat surat lebih mudah dibaca dan memberikan kesan yang rapi.
  4. Font dan Ukuran Standar: Surat block style biasanya ditulis dengan font yang formal dan ukuran standar, seperti Times New Roman atau Arial dengan ukuran 12.

Dengan memperhatikan karakteristik-karakteristik di atas, surat yang kamu buat dengan format block style akan tampil profesional. Pun sesuai dengan standar yang diharapkan dalam komunikasi bisnis maupun formal.

Struktur Surat Block Style

Struktur surat merupakan kerangka dasar yang membantu dalam penyusunan isi surat agar tersusun rapi dan informatif. Struktur yang baik memastikan bahwa surat mudah dipahami dan informasi yang penting mudah ditemukan oleh penerima.

Contoh surat block style, dengan karakteristik khasnya, memiliki struktur tertentu yang membedakannya. Berikut adalah penjelasan mendalam mengenai struktur surat block style:

  1. Header: Ini biasanya adalah bagian paling atas dari surat, terdiri dari logo perusahaan atau instansi pengirim. Bagian ini bisa juga berisi detail kontak pengirim, seperti nomor telepon atau alamat email.
  2. Alamat Pengirim: Letaknya tepat di bawah header. Alamat ini mencakup nama pengirim, alamat lengkap, nomor telepon, dan terkadang alamat email.
  3. Tanggal: Menyatakan kapan surat tersebut ditulis. Diletakkan di bawah alamat pengirim dan sebelum alamat penerima.
  4. Alamat Penerima: Terdiri dari nama penerima (bisa individu atau perusahaan), alamat lengkap, serta detail kontak lainnya jika diperlukan.
  5. Salam Pembuka: Diawali dengan kata sapaan yang sesuai, seperti “Yth. Bapak/Ibu” atau “Dear Mr./Mrs.”. Tujuannya adalah untuk menyapa penerima sebelum memasuki inti surat.
  6. Isi Surat: Ini adalah bagian utama dari surat, di mana informasi atau pesan disampaikan. Isi surat harus disusun dengan jelas, logis, dan sistematis. Pada surat block style, paragraf-paragraf di dalamnya dimulai rata kiri tanpa indentasi.
  7. Salam Penutup: Bagian ini berfungsi untuk mengakhiri isi surat. Contohnya, “Hormat kami,” atau “Terima kasih,”. Salam penutup diikuti oleh ruang kosong untuk tanda tangan pengirim.
  8. Tanda Tangan: Ditempatkan di bawah salam penutup. Tanda tangan ini validasi dari pengirim bahwa isi surat tersebut benar dan resmi.
  9. Lampiran (jika ada): Jika surat menyertakan dokumen tambahan, maka informasi tentang lampiran ditulis di bagian bawah surat, setelah tanda tangan. Ini memastikan penerima mengetahui ada dokumen tambahan yang perlu diperhatikan.

Contoh Surat Block Style dalam Bahasa Inggris untuk Melamar Pekerjaan

. Contoh Surat Block Style untuk Melamar Pekerjaan
(Contoh Surat Block Style)

Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, kesan pertama sangatlah penting, terutama saat kamu melamar pekerjaan di perusahaan yang memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Di sinilah peran dari surat lamaran dengan format block style.

Sebagai salah satu dokumen paling kritikal yang pertama kali dilihat oleh pihak pemberi kerja, surat lamaran dengan format ini harus mampu mencerminkan profesionalitas serta kualitas seorang pelamar.

Beberapa elemen kunci surat lamaran kerja dengan format block style, antara lain:

  1. Pernyataan Minat: Ini adalah elemen yang menangkap perhatian pertama. Di sini, kamu menyatakan minatmu untuk posisi yang dituju, serta bagaimana kamu mengetahui adanya lowongan tersebut. Apakah dari iklan pekerjaan, referensi, atau sumber lainnya.
  2. Kualifikasi dan Pengalaman: Dalam bagian ini, kamu dapat menjelaskan kualifikasi yang kamu miliki, baik itu pendidikan formal, pelatihan, atau sertifikat lainnya. Kemudian, jelaskan pengalaman kerjamu yang relevan dengan posisi yang kamu lamar, mulai dari tanggung jawabmu di posisi sebelumnya hingga pencapaian-pencapaian khusus yang kamu raih.
  3. Alasan Ketertarikan dan Kesesuaian: Di sinilah kamu menjelaskan alasanmu melamar pekerjaan di perusahaan tersebut dan mengapa merasa bahwa kualifikasi serta pengalamanmu cocok dengan posisi yang ditawarkan. Apakah kamu terinspirasi oleh visi dan misi perusahaan? Ataukah kamu melihat adanya kesempatan untuk berkembang dan memberikan kontribusi maksimal di posisi tersebut?

Kursus Business English, Panduan Bikin Surat Profesional secara Efektif

Kemampuan menulis surat dalam Bahasa Inggris bukanlah hal yang datang dengan sendirinya. Sebagai langkah proaktif, mengikuti Kursus Business English di Lister, bisa menjadi investasi terbaik untuk karier.

Sejumlah alumni Lister terbukti merasakan bagaimana kursus di Lister mendukung karier mereka. Cari tahu pengalaman mereka di Testimoni Alumni

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu. 

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Daftar via WhatsApp sekarang!

Share:

Haris Setyawan
Haris Setyawan
Pekerja seni di dunia kata, menulis cerita yang enak dibaca dan perlu

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.