5 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Fokus, Asupan Makanan

cara meningkatkan daya ingat

Kursus English for Small Kids – Seringkali dalam kehidupan, ada orang yang merasa daya ingat mereka menurun dan kesulitan untuk mempertahankan fokus dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Kamu sedang berada di fase ini? Jangan gundah gulana. Lister punya rekomendasi cara meningkatkan daya ingat dan fokus saat belajar atau bekerja. 

Cara meningkatkan daya ingat

Ada banyak cara yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan daya ingat dan fokus dalam diri. Terutama pada konsumsi aneka bahan makanan dan kebiasan perilaku yang menyebakan fokus berkurang. 

Menurut beberapa orang, gampang lupa sering kali menyebalkan terutama pada kemampuan untuk mengingat informasi, tanggal, dan detail penting.

Di sisi lain, detail tersebut memiliki dampak besar pada produktivitas, pembelajaran, dan bahkan kualitas hidup secara keseluruhan. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Konsumsi makanan rendah gula

Ada banyak sekali menu minuman berpemanis yang menggirukan dan menggugah selera. Padahal, mengonsumsi minuman atau makanan tinggi gula bisa menyebabkan masalah kesehatan dan penyakit kronis. 

Sebaiknya, kurangi konsumsi gula untuk membantu meningkatkan daya ingat dan daya tahan tubuh terkait penyakit. 

2. Lakukan meditasi

Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sekitar 10-15 menit sehari untuk melakukan meditasi dalam diri. Selain membuat rileks tubuh, meditasi juga bisa mengurangi stres dan rasa sakit dengan menurunkan tekanan darah dalam tubuh. 

Mengingat seiring dengan bertambahnya usia, memori otak sering kali menurun dalam menghafal atau mengenali sesuatu. 

Kamu bisa meningkatkan memori jangka pendek untuk segala usia dengan teknik meditasi. 

3. Jangan sering bedagang

Kurang tidur juga dipercaya bisa mengurangi daya ingat dan fokus dalam tubuh seseorang secara cepat. Tidur memainkan peran penting dalam mengendalikan memori. 

Oleh karena itu, pastikan kamu mendapatkan waktu tidur berkualitas yang banyak agar tidak berdampak negatif pada daya ingat. 

Seseorang dengan waktu tidur yang baik bisa memiliki performa baik di hari berikutnya. 

Baca juga: 8 Bagian Tubuh Manusia dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

4. Melatih otak 

Cara meningkatkan daya ingat yang selanjutnya adalah, dengan mainkan permainan otak dengan cara yang menyenangkan untuk melatih keterampilan kognitif. Kamu bisa memainkan permainan seperti teka-teki silang, permainan mengingat kata, hingga tetris. 

Sebuah penelitian menunjukkan, jika 42 orang dewasa mengalami kognitif ringan. Namun saat mereka memainkan permainan otak selama 8 jam dalam waktu 4 minggu. 

Hasilnya adalah, kinerja otak terutama dalam memori meningkat. 

5. Berlatih dengan mindfulness 

Mindfulness merupakan kondisi mental dimana kamu hanya memfokuskan diri untuk menjaga kesadaran di tengah cawut marut lingkungan dan perasaan. 

Berbeda dengan meditasi yang mengedepankan praktik, mindfulness lebih pada kesehatan mental yang aman, nyaman, dan tenang. 

Lakukan cara mindfulness ke dalam rutinitas harian kamu dengan lebih memperhatikan situasi saat ini. Konsentrasi pada pernapasan, dan dengan lembut mengatur ulang perhatianmu ketika pikiran mengembara.

Baca juga: Kosakata Bagian Tubuh Manusia (Part of Body) Bahasa Inggris

Makanan untuk meningkatkan daya ingat

Cara meningkatkan daya ingat yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi bahan masakan tinggi nutrisi.

Makanan adalah salah satu kebutuhan tubuh yang bisa menjaga tubuh beraktivitas dengan baik. Selain untuk kesehatan fisik, makanan juga bisa berdampak signifikan pada kesehatan otak dan kemampuan kognitif

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa makanan yang dikonsumsi sehari-hari, memiliki peran penting dalam meningkatkan daya ingat dan fungsi otak secara keseluruhan.

Minyak ikan 

Ikan merupakan salah satu bahan makanan untuk menutrisi otak. Mengonsumsi minyak ikan bisa mengurangi adanya penurunan fungsi otak karena usia. 

Pasalnya, minyak ikan tinggi dengan asam lemak omega 3. Kandungan yang baik untuk otak ini memiliki manfaat yaitu meningkatkan sinyal pada sel saraf sehingga bisa mudah dan cepat dalam menerima perintah. 

Selain itu, asam lemak omega 3 juga dianggap bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Telur 

Telur merupakan makanan tinggi nutrisi, seperti protein dan kolin. Kandungan kolin sangat baik untuk pembentukan membran sel dan fungsi otak untuk membantu meningkatkan memori. 

Sangat penting untuk mengonsumsi telur saat hamil dan menyusui untuk meningkatkan pasokan nutrisi janin. Lebih baik lagi untuk meningkatkan perkembangan otak bayi. 

Kamu bisa mengonsumsi telur dalam bentuk rebus atau diorak arik dengan jamur. 

Cokelat hitam 

Cokelat hitam atau dark chocolate terbuat dari biji pohon kakao yang memiliki rasa pahit. Dalam prosesnya, dark chocolate dimasak dengan kakao dan mentega kakao. 

Menikmati cokelat hitam dengan kadar kakao tinggi sebanyak 70 persen atau lebih bisa berdampak baik untuk tubuh. 

Terutama dalam hal meningkatkan aliran darah ke otak. Oleh karena itu, sebelum melakukan ujian disarankan untuk menikmati hot dark chocolate

Kacang kedelai 

Cara meningkatkan daya ingat yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi kacang kedelai dalam bentuk utuh atau olahan susu secara rutin juga bisa meningkatkan memori jangka panjang dan pendek dari otak. 

Ada sebuah studi yang mengatakan, jika mengonsumsi olahan kacang kedelai bisa meningkatkan fleksibilitas mental pria dan wanita. 

Minuman untuk meningkatkan daya ingat

Ketika berbicara tentang meningkatkan daya ingat, seringkali kita fokus pada makanan, tetapi tidak boleh melupakan peran penting minuman dalam menjaga kesehatan otak kita.

Dari segelas air putih hingga berbagai jenis teh dan jus buah, pilihan minuman yang tepat dapat memberikan dukungan penting bagi kemampuan kognitif dalam tubuh.

Green tea

Kamu termasuk pencinta minuman teh hijau? Kabar baik untukmu, pasalnya minum teh hijau secara rutin bisa meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan daya ingat. 

Teh hijau juga kaya akan senyawa yang bisa berfungsi sebagai efek antioksidan atau pelindung otak. Dengan begitu, kamu bisa mengonsumsinya sebagai cara meningkatkan daya ingat.

Kopi 

Kopi juga bisa dikonsumsi karena memiliki manfaat baik untuk tubuh terutama otak. Kafein yang ada di dalam kopi bisa membantu meningkatkan fokus, kewaspadaan, dan memori. 

Kopi juga bisa menurunkan resiko penyakit alzheimer dalam diri seseorang. Namun selalu pastikan untuk mengonsumsi kopi dalam takaran dan batas sewajarnya. 

Kelas Private, Pilihan Tepat Cepat Jago Bahasa Inggris !

Menguasai bahasa Inggris dapat membuka banyak pintu untuk mencapai kesuksesan. Sebagai bekal, kamu dapat mengikuti di Kursus Bahasa Inggris Lister.

Kamu dapat memilih jumlah kelas sendiri, bahkan tutor dan kelas pengganti. Selain itu, dapatkan Garansi Skor untuk kelas tertentu.

Ikuti pengalaman seru sesama student di Discord Lister Group Community.

Lister juga menyediakan program bahasa asing khusus korporasi dan instansi dengan berbagai penawaran kelas dan biaya sesuai pengajaran dan fasilitas yang diberikan. Kelas English for Company bisa menjadi salah satu pilihannya.    

Gunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapatkan diskon 10 persen, minimal pembelian kelas seharga satu jutaan (maksimal diskon Rp500 ribu). Hubungi WhatsApp untuk pendaftaran sekarang!

Foto utama oleh Freepik.

Share:

Alma Erin Mentari
Alma Erin Mentari
Hobi mendalami imajinasi lewat tulisan. Hidup untuk bercerita dari hati melalui kata.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 40% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.