Cara Mengucapkan Terima Kasih Bahasa Mandarin, Mudah!

terima kasih bahasa mandarin

Salah satu ungkapan yang sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari adalah terima kasih. Kalau kamu sedang mempelajari kosakata Mandarin, kamu juga wajib tahu cara mengucapkan terima kasih dalam bahasa Mandarin.

Tidak hanya 谢谢 (xiè xiè), ternyata ada berbagai ungkapan lain yang memiliki arti serupa. Ungkapan-ungkapan tersebut dapat kamu katakan di berbagai situasi.

Budaya Mengucapkan Terima Kasih dalam Bahasa Mandarin

Bagi orang asing, misalnya pembicara native bahasa Inggris, mudah mengucapkan rasa terima kasih melalui kata-kata thank you.

Namun jika kamu mempelajari bahasa Mandarin, kamu akan menemukan ada banyak cara seseorang mengucapkan terima kasih. Tidak hanya sekadar membungkuk sambil mengatakan 谢谢 (xiè xiè).

Kata-kata 谢谢 (xiè xiè) juga tidak selalu tepat di berbagai situasi. Mempelajari variasi dari ucapan terima kasih akan menambah kosa kata dan pengetahuan akan budaya Mandarin.

谢谢 (Xiè Xiè) dan Variasinya

Kata-kata 谢谢 (xiè xiè) adalah ucapan terima kasih yang mendasar dan paling kasual. Variasi lainnya adalah 多谢 (duō xiè), artinya terima kasih banyak. Kata ini biasanya digunakan di pesan teks atau secara langsung.

Variasi lainnya yaitu 感谢! (gǎn xiè!) dan  非常感谢你! (fēi cháng gǎn xiè nǐ!) yang sama-sama berarti terima kasih banyak. Namun kedua ungkapan ini disampaikan ketika kamu sangat berterima kasih kepada seseorang atau berada di situasi yang semi-formal.

哪里哪里! (Nǎ Li Nǎ Li!)

Ungkapan ini berarti, kamu membuatku tersanjung. Ekspresi ini diungkapkan dalam situasi romantis, misalnya di antara pasangan yang saling menggoda.

麻烦你了! (Má Fan Nǐ Le!)

Ungkapan ini berarti, maaf merepotkan. Ungkapan ini kamu sampaikan ketika seseorang memberikan bantuan besar kepada kamu.

Sebagai catatan, ungkapan ini bukan permintaan maaf. Ketika seseorang melakukan suatu hal untukmu, 麻烦你了! (má fan nǐ le!) dapat menjadi ungkapan yang tepat untuk berterima kasih.

不,不! (Bù, Bù!)

Ungkapan ini kamu sampaikan untuk menunjukkan rasa rendah hati setelah dipuji seseorang. Kerendahhatian merupakan hal yang penting dalam budaya Tiongkok.

你太好啦! (Nǐ Tài Hǎo La!)

Kata-kata tersebut berarti, kamu yang terbaik. Ungkapan terima kasih ini disampaikan kepada keluarga, teman, atau seseorang yang kamu kenal dekat.

Walaupun begitu, ungkapan 你太好啦! (nǐ tài hǎo la!) sebaiknya jangan kamu sampaikan kepada orang yang kurang kamu kenal atau atasanmu.

谢谢大家… (Xiè Xiè Dà Jiā…)

Kata-kata ini berarti, terima kasih semuanya. Ungkapan ini bisa kamu sampaikan ketika berbicara di depan umum dalam situasi formal. Misalnya pesta pernikahan atau rapat bisnis.

Share:

Brigitta Winasis
Brigitta Winasis
A lifetime learner, a magical world wanderer through books and stories. Writing for professional purposes and personal interests.

Social Media

Get The Latest Updates

Subscribe To Our Weekly Newsletter

No spam, notifications only about new products, updates.
Next On

Related Posts

Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari

100 Kosa Kata Bahasa Korea Sehari-hari, Lengkap dengan Artinya

Kamu perlu belajar kosa kata bahasa Korea sehari-hari penting untuk berkomunikasi dengan lancar saat berlibur di sana. Mulai dari sapaan hingga ungkapan umum seperti berterima kasih. Sederet kumpulan kata bahasa Korea ini bisa kamu lafalkan dan hafalkan dengan mudah.

"Langkah Terakhir untuk Klaim Kode Promo 45% dari Lister"

Isikan data diri kamu di sini.